10 Cara Mengatasi Microsoft Edge Tidak Terhubung Ke Internet

Microsoft Edge merupakan salah satu browser yang mempunyai banyak fitur. Diantaranya bilah Edge, Tab vertical dan Aplikasi Web Progresif. Akan tetapi fitur-fitur tersebut tidak akan bekerja jika Microsoft Edge gagal terhubung ke internet.

Jika Microsoft Edge di komputermu tidak bisa terhubung ke internet, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Penasaran bagaimana? Berikut ulasannya.

Tips Mengatasi Microsoft Edge Tidak Terhubung ke Internet

10 Cara Mengatasi Microsoft Edge Tidak Terhubung Ke Internet

1. Memperbaiki Masalah Koneksi Internet

Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah memperbaiki masalah koneksi internet. Ini akan membantumu memperbaiki masalah koneksi apapun yang mungkin mencegah Microsoft Edge mengakses Internet.

  • Tekan tombol Windows+S untuk membuka menu pencarian. Lalu ketik Find and fix network problemspada kotak pencarian.
  • Jika sudah terbuka, kemudian kamu klik Next dan ikuti petunjuk di layar untuk menjalankan find and fix network problems.
  • Setelah menjalankan find and fix network problems, sekarang kamu periksa apakah Microsoft Edge sudah bisa terhubung ke internet atau belum.

2. Gunakan Setelan Proxy Otomatis

Jika kamu baru saja mengubah setelan proxy komputermu, mungkin kamu akan menemukan masalah seperti ini. kamu dapat mencoba menggunakan pengaturan proxy otomatis di komputermu untuk melihat bekerja atau tidak. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka Microsoft Edge, ketikkan edge://settings/system di bilah alamat URL, lalu tekan Enter. Kemudian, klik Open your computer’s proxy settings.
  • Selanjutnya geser toggle ke posisi ON pada bagian Automatically Detect Settings.

3. Nonaktifkan IPv6

Saat kamu membuka halaman web di komputer, halaman web akan mencari alamat IPv6 terlebih dahulu karena lebih cepat daripada IPv4. Akan tetapi jika alamat IPv6 tidak tersedia, alamat IPv4 akan dicari. Terkadang, proses ini diketahui menyebabkan masalah dengan Microsoft Edge.

Untuk menghindarinya, kamu bisa menonaktifkan IPv6 di Windows dengan mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Tekan tombol Windows+R untuk memunculkan kotak dialog Run. Kemudian ketik ncpa.cpl di dalam kotak dan tekan Enter.
  • Selanjutnya, klik kanan pada Network Connection dan pilih Properties.
  • Hapus centang pada Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6), lalu klik OK.

Sekarang kamu tinggal restart komputer dan cek apakah Microsoft Edge sudah bisa terhubung ke internet atau belum.

4. Mematikan Ekstensi

Ekstensi yang kamu pasang di Microsoft Edge,juga bisa menyebabkan gagal terhubung ke internet. Kamu bisa mencoba menjalankan Microsoft Edge tanpa Ekstensi dengan mematikannya terlebih dahulu. Untuk mengetahui penyebabnya karena ekstensi atau bukan.

Untuk mematikan ekstensi di Edge, ketik edge://extensions di kotak alamat URL, kemudian tekan Enter. Geser toggle ke OFF untuk menonaktifkan semua ekstensi.

Jika ini memperbaiki masalah, Kamu dapat mengaktifkan ekstensi satu per satu untuk mengetahui ekstensi mana yang menyebabkan masalah.

Baca: Cara Mengetahui Kecepatan Internet di Komputer dan HP

5. Hapus Data Browsing

Menghapus data browsing yang sudah lama adalah cara yang efektif untuk membantumu memperbaiki berbagai masalah browser. Kamu dapat mencoba menghapus data penelusuran lama dari Microsoft Edge untuk melihat apakah itu bekerja atau tidak.

  • Buka Microsoft Edge, kemudian tekan Ctrl + Shift + Delete untuk membuka panel Clear browsing data.
  • Gunakan menu drop down di bawah Time range untuk memilih All time . Centang kotak yang bertuliskan Cached images and files dan Cookies and other site data. Lalu, tekan Clear Now .

6. Nonaktifkan VPN

Terkadang, masalah dengan koneksi VPN juga dapat menyebabkan Microsoft Edge tidak bisa terhubung ke internet. Untuk mengatasinya, kamu dapat menonaktifkan koneksi VPN untuk sementara dan menggunakan Microsoft Edge lagi.

7. Mengatur Ulang Internet Properties

Masalah dengan pengaturan internet di komputermu juga dapat mencegah aplikasi seperti Microsoft Edge terhubung ke internet. Daripada melalui pengaturan internet satu per satu, lebih baik kamu mengatur ulang semuanya untuk memperbaiki masalah.

  • Tekan tombol Windows + R di keyboard untuk meluncurkan kotak dialog Run. Ketik inetcpl.cpl di dalam kotak, lalu tekan Enter.
  • Pada jendela Internet Properties, buka tab Advanced dan klik Restore advanced settings . Kemudian, tekan Apply.

Setelah itu, restart Microsoft Edge sudah bisa terhubung ke internet atau belum.

8. Bersihkan Cache DNS

Cache DNS adalah database sementara yang berisi informasi tentang kunjungan terakhirmu ke situs web dan domain. Jika data tersebut tidak dapat diakses karena alasan tertentu, Microsoft Edge mungkin mengalami masalah saat memuat halaman. Kamu bisa membersihkan cache DNS komputermu untuk melihat cara ini bekerja atau tidak.

  • Klik kanan pada Start menu dan pilih Terminal (Admin).
  • Di konsol, jalankan perintah “ipconfig/flushdns” dan tekan Enter.

9. Ubah Server DNS

Secara default, Komputermu menggunakan server DNS yang disediakan oleh Penyedia Layanan Internet (ISP) yang kamu gunakan. Namun, jika ada masalah dengan DNS default, kamu dapat beralih ke server DNS Google untuk memperbaiki masalah tersebut.

  • Langkah pertama tekan tombol Windows + R untuk meluncurkan kotak dialog Run. Ketik ncpa.cpl di dalam kotak dan tekan Enter .
  • Selanjutnya klik kanan pada koneksi jaringanmu dan pilih Properties .
  • Klik dua kali pada opsi Internet Protocol Version 4 (TCP/IPV4) untuk membuka propertinya.
  • Pilih Use the following DNS server addresses. Di kolom teks di sebelah Preferred DNS Server dan Alternate DNS Server, masukkan 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 . Kemudian, klik OK untuk menyimpan perubahan.

10. Perbaiki Microsoft Edge

Terakhir, jika tidak ada yang berhasil, kamu dapat memperbaiki Microsoft Edge. Prosesnya akan menginstal ulang Microsoft Edge pada komputermu sehingga kamu harus tersambung ke internet agar dapat bekerja.

  • Pertama-tama tekan tombol Windows + X untuk membuka menu Power User dan pilih Installed Apps dari daftar.
  • Cari Microsoft Edge pada daftar aplikasi. Klik ikon tiga titik yang ada di sebelah kanan dan pilih Modify.
  • Selanjutnya klik Repair untuk memulai proses perbaikan.

Baca: 6 Cara Agar Komputer Terhindar dari Virus dan Malware

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika Microsoft Edge tidak bisa terhubung ke internet. Semoga cara di atas bisa membuat browser Microsoft Edge di komptermu dapat tersambung lagi ke internet.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.