10 Jenis Kertas Stiker yang Paling Sering Digunakan

10 Jenis Ketas Stiker – Ketahui macam-macam kertas stiker paling lengkap, apa saja?. Di dunia percetakan, stiker merupakan barang yang sudah tidak asing lagi di telinga. Hal ini karena stiker memiliki banyak fungsi sehingga banyak orang yang memanfaatkannya, baik untuk kebutuhan komunitas, usaha, bahkan untuk kebutuhan pribadi.

Tidak hanya itu, stiker juga dapat dijadikan sebagai aksesoris yang memiliki nilai estetika jika digunakan untuk koleksi pribadi.

Sementara itu, stiker juga menjadi barang yang bermanfaat untuk kebutuhan kantor, karena fungsinya untuk melabelkan benda. Tidak hanya itu, stiker juga dapat memiliki tambahan nilai citra atau elegan bagi sebuah perusahaan.

Namun, sebelum membahas lebih jauh, penting sekali untuk mengetahui macam-macam kertas stiker yang lengkap agar Anda tidak salah dalam memilih.

10 Jenis Kertas Stiker yang Paling Sering Digunakan

Jenis stiker yang dapat dijumpai ternyata memiliki penempatan yang beragam. Hal tersebut mengacu pada bahan-bahan kertas yang digunakan. Oleh karena itu, di bawah ini akan dibahas mengenai jenis kertas stiker lengkap dengan bahan pembuatannya.

1. Kertas Stiker HVS

Kertas HVS

Kertas stiker yang pertama dan paling umum digunakan adalah HVS. Selain ukurannya yang bersahabat dengan printer rumahan, HVS ini juga tidak memerlukan tinta khusus dalam proses pencetakannya, sehingga Anda dapat mencetaknya hanya dari rumah. Akan tetapi, daya rekat yang dimiliki oleh kertas ini tidak terlalu kuat sehingga mudah bermasalah jika terkena air.

2. Kertas Stiker Vinyl

Kertas vinyl untuk stiker

Jenis kertas selanjutnya adalah vinyl yang tentunya memiliki ketahanan kuat, baik di dalam maupun di luar ruangan. Hal ini menunjukkan bahwa jenis kertas ini sangat awet sehingga banyak orang yang menggunakannya. Meskipun bahan kertas ini harus dicetak menggunakan mesin printer laserjet, tetapi hasil yang diberikan pada stiker akan memberi kualitas yang bagus.

3. Kertas Stiker Bontax

Kertas Bontax

Selanjutnya, jenis kertas stiker yang dapat digunakan adalah Bontax. Jenis kertas ini biasanya digunakan untuk kebutuhan label produk karena memiliki daya rekat yang kuat dan hasil cetakannya yang terlihat lebih indah. Meskipun begitu, jenis kertas ini memiliki kekurangan yaitu jenis kertasnya yang terlihat seperti kertas biasa sehingga harus dicetak dengan tinta inkjet.

Baca juga: Kertas yang bagus untuk membuat undangan pernikahan

4. Kertas Chromo

Kertas Chromo

Rekomendasi kertas yang lainnya adalah Chromo, jenis kertas yang lebih murah jika dibandingkan dengan kertas vinyl. Jenis kertas ini dapat digunakan untuk stiker dalam keperluan pemilu, promo, label kemasan, dan juga kegiatan yang membutuhkan banyak stiker. Kelebihan yang lainnya adalah mempunyai daya rekat yang sangat kuat meskipun stiker ini mudah luntur jika terkena hujan dan gesekan.

5. Kertas Yupo

Kertas Yupo

Macam-macam kertas stiker yang lainnya adalah Yupo. Stiker yang berbahan dasar kertas yupo akan memberikan ketahanan pada bahan kimia, air, dan juga minyak. Bahan yang digunakan oleh kertas stiker ini adalah terbuat dari bahan sintesis. Dengan begitu, jenis kertas ini sangat cocok untuk melabeli perusahaan manufacturing yang mencetak label atau barcode.

6. Kertas Chrome

Kertas chrome untuk stiker

Jenis kertas yang lainnya adalah Chrome dengan lapisan yang mengkilap sehingga membuatnya terlihat lebih menarik. Tidak hanya itu, jika dilihat dari kejauhan, kertas ini akan tampak berkilau sehingga sangat menarik. Akan tetapi, jika Anda memilih jenis kertas ini untuk mencetak stiker, maka berhati-hatilah terhadap gesekan karena memiliki ketahanan yang tidak sekuat jenis kertas yang lainnya.

Baca juga: Inilah berbagai macam kertas untuk membuat sertifikat

7. Kertas Gold Foil

Kertas gold foil

Jika Anda menginginkan kertas stiker dengan warna yang elegan dan kemilau, maka gunakanlah kertas yang bernama Gold Foil. Anda bisa mendapatkan stiker dengan tampilan yang unik dan juga menarik. Akan tetapi, Anda harus menggunakan lem khusus ketika mencetak kertas tersebut karena lem yang digunakan terpisah, tidak seperti kertas stiker biasanya.

8. Kertas Stiker Oracal

kertas oracal

Kertas stiker oracal ini merupakan jenis kertas stiker yang dapat digunakan, baik outdoor maupun indoor. Jenis kertas stiker yang satu ini dapat Anda lihat penerapannya pada cutting stiker pada kendaraan beroda empat, sepeda motor, helm, dan lainnya. Hal ini karena jenis kertas oracal sangat mudah untuk dilepas dan tidak meninggalkan bekas pada permukaan.

9. Kertas Stiker Scotchlite

Kertas Stiker Scotchlite

Jenis kertas stiker reflektif ini diklaim mampu memantulkan sinar warna pada permukaannya. Apalagi jika berkenaan langsung dengan sinar matahari atau lampu pada malam hari. Anda dapat melihat penerapan kertas stiker ini pada kendaraan-kendaraan layanan publik (damkar, ambulan, kendaraan beroda empat polisi, dan lainnya).

10. Kertas Stiker One Way

Kertas stiker One Way

Jenis kertas selanjutnya adalah jenis kertas stiker one way yang terbuat dari bahan khusus dengan tekstur yang berlubang. Namun, keadaan tersebut hanya dapat dilihat ketika terang dari satu sisi. Kegunaan dari jenis kertas ini adalah untuk pemasangan pada branding di kaca kendaraan beroda empat yang menutup sebagian permukaan. Hal ini bertujuan agar dapat terlihat oleh pengendara yang lainnya.

Baca juga: Ketahui berbagai macam kertas hias untuk kerajinan

Itulah 10 macam kertas stiker yang dapat Anda gunakan atau pertimbangkan terlebih dahulu. Masing-masing kertas memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Hal tersebut itulah yang mengharuskan Anda untuk mempertimbangkannya sebaik mungkin agar dapat mencetak stiker dengan kualitas terbaik.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru