9 Jenis Kertas Foto yang Bagus Untuk Mencetak Foto

Kertas Foto – Ternyata jenis kertas foto yang bagus digunakan untuk mencetak foto tidak hanya glossy dan doff, lho! Cari tahu beberapa macam kertas foto di sini.

Umumnya, masyarakat hanya tahu kertas foto glossy dan doff untuk urusan mencetak foto. Mungkin Anda juga salah satu orang yang beranggapan bahwa hanya ada dua jenis kertas foto yang bagus digunakan. Padahal, macam-macam kertas foto yang bagus digunakan tidak hanya dua kertas itu saja.

Dari canvas paper hingga luster photo paper, artikel ini akan membahas mengenai kegunaan dan ciri khas beberapa macam kertas foto berikut. Yuk, simak ulasannya!

9 Jenis Kertas Foto yang Bagus Untuk Mencetak Foto

Foto dalam bentuk digital memang tidak memerlukan penyimpanan khusus seperti album fisik. Akan tetapi, tanpa mencetak foto, Anda harus buka galeri ponsel atau komputer saat ingin melihat foto momen-momen istimewa Anda.

Di sinilah letak poin plus mencetak foto. Dengan foto yang tercetak, Anda dapat melihat langsung foto tersebut dengan lebih mudah. Nostalgia pun jadi lebih terasa feel-nya!

Nah, dalam mencetak foto, Anda juga harus mengetahui macam-macam kertas foto yang bagus digunakan yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut 9 jenis kertas foto yang tersedia di pasaran saat ini.

1. Kertas Foto Glossy paper/Glanz paper

Glossy paper/Glanz paper

Jenis kertas foto ini merupakan salah satu dari dua jenis kertas foto yang populer digunakan untuk mencetak foto. Ciri khasnya adalah permukaan kertas yang halus dan dapat memantulkan cahaya dengan baik.

Sifat memantulkan cahaya inilah yang membuat kertas ini tampak mengilap. Sayangnya, sidik jari lebih mudah menempel di kertas ini, jadi kertas foto mudah tampak kotor.

Dibandingkan dengan kertas matte (doff) atau kertas foto lain, glossy paper memiliki harga yang lebih murah. Meski murah, kertas ini bisa digunakan untuk mencetak foto beresolusi tinggi, kok!

2. Kertas Foto Matte paper (doff)

Kertas matte doff

Kertas ini merupakan jenis kertas lain yang sering digunakan untuk mencetak foto. Jenis kertas ini memiliki sedikit tekstur kasar, dan karena sifat inilah kertas doff memantulkan lebih sedikit cahaya.

Anda tidak perlu khawatir sidik jari tertempel, sebab kertas ini tidak lengket dan cenderung lebih awet dibanding dengan glossy paper.

3. Kertas Foto Canvas paper

kertas canvas untuk foto

Salah satu jenis kertas dari macam-macam kertas foto yang sering digunakan adalah canvas paper. Sesuai dengan namanya, kertas jenis ini memiliki tekstur mirip dengan kanvas.

Kertas foto ini tidak terlalu sering digunakan dibanding kertas doff dan glossy, sebab harganya yang lebih mahal dan biasanya kertas ini dijual dalam bentuk rol.

Baca juga: Ketahui berbagai Macam Kertas Hias Untuk Kerajinan Tangan

4. Premium glossy photo paper

Kertas glossy premium untuk foto

Jika foto yang kamu miliki memiliki warna-warna cerah sebagai poin menariknya, coba Anda cetak foto tersebut dengan menggunakan kertas jenis ini. Kertas foto ini merupakan versi premium dari glossy paper yang tentu saja memiliki harga lebih mahal daripada kertas glossy biasa.

Dengan kemampuan memantulkan cahaya yang lebih baik, kertas premium glossy ini cocok digunakan agar warna asli pada foto tampak all-out.

5. Sticker glossy photo paper

Kertas stiker glossy untuk foto

Selain macam-macam kertas foto yang sering digunakan di atas, Anda juga bisa menjumpai kertas glossy yang dibentuk sedemikian rupa menjadi sebuah kertas stiker. Sama seperti kertas glossy standar, kertas ini cocok digunakan untuk mencetak foto beresolusi tinggi, meski dalam bentuk stiker.

Baca juga: Ini Dia 10 Macam Kertas Stiker yang Harus Diketahui

6. Kertas Foto Sublime

Kertas sublime untuk foto

Namanya memang jarang didengar, akan tetapi, fungsi dari kertas foto ini lumayan keren, lho. Sebab, kertas ini bisa digunakan sebagai media perantara untuk menempelkan gambar ke kaus (T-shirt). Unik, bukan?

7. Luster photo paper

Kertas Luster

Sublime paper saja jarang terdengar, apalagi yang ini? Luster photo paper merupakan jenis kertas yang sering digunakan untuk kebutuhan cetak foto momen-momen istimewa. Pasalnya, kertas ini terkenal awet dalam menjaga warna foto bahkan hingga puluhan tahun.

Finish (tampilan) yang dihasilkan pun bersifat doff (matte), sehingga kertas ini tidak mudah menempel satu sama lain. Meski mirip dengan sifat kertas matte dan glossy, dengan garansi awet untuk puluhan tahun, menggunakan luster photo paper bisa kamu pertimbangkan.

8. Double sided paper

Kertas double side

Sesuai dengan namanya, jenis kertas foto ini menyediakan dua sisinya (depan dan belakang) untuk mencetak foto. Finishnya cenderung bersifat matte sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan mencetak brosur dan pamflet yang bersifat premium. Jika Anda lebih senang dengan tampilan yang glossy, jenis kertas ini juga menyediakannya, kok.

Jika dipertimbangkan dari faktor harga, kertas jenis ini cenderung lebih mahal daripada kertas glossy atau doff biasa. Maka dari itu, kegunaan kertas ini lebih condong pada kebutuhan yang bersifat premium.

9. Inkjet paper

Kertas Inkjet

Jenis kertas foto yang satu ini sebenarnya jarang digunakan untuk mencetak foto. Biasanya, inkjet paper digunakan untuk mencetak proof arsitektur, macam-macam grafik, sketsa gambar, maupun kebutuhan grafis lain. Jenis kertas ini sekilas mirip dengan kertas HVS biasa. Namun, kualitas serapan tinta pada kertas ini lebih baik.

Baca juga: Ketahui Berbagai Macam Tinta Printer dan Fungsinya

Setelah mengetahui macam-macam kertas foto yang bagus digunakan, kini waktunya Anda memutuskan. Kertas apa yang akan Anda gunakan untuk mencetak foto? Pastikan pilihan kertas foto tersebut sesuai dengan kebutuhan dan jenis fotonya, ya!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru