7 Jenis Kertas Undangan Pernikahan Yang Umum Digunakan

Jenis Jenis Kertas Undangan Pernikahan – Ingin membuat undangan yang unik dan sesuai kebutuhan? Anda wajib memahami terlebih dahulu jenis-jenis kertas undangan sebelum anda membuat undangan. Seperti apa kertas undangan pernikahan yang bagus? Untuk Anda yang dalam waktu dekat akan melangsungkan pernikahan, informasi tentang jenis-jenis kertas ini sangat penting untuk disimak. Kertas yang bagus tentu akan menghasilkan undangan yang bagus pula.

Di percetakan, ternyata ada banyak sekali jenis kertas undangan untuk printer. Kertas tersebut bisa digunakan untuk mencetak undangan juga kebutuhan lainnya. Untuk memilih salah kertas terbaik untuk dijadikan sebagai kertas undangan wedding, Anda bisa membaca informasi berikut ini.

Jenis jenis kertas undangan pernikahan

Jenis Jenis Kertas Undangan Pernikahan Yang Umum Digunakan

Di era yang sudah sangat modern seperti ini, mencetak undangan di kertas masih dianggap lebih baik daripada menyampaikan undangan melalui chat. Apalagi jika undangan dicetak di kertas undangan pernikahan yang bagus dan desain yang keren, pasti akan lebih berkesan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada banyak sekali jenis kertas undangan, ya. Beberapa jenis kertas berikut ini adalah yang paling banyak digunakan untuk kebutuhan undangan pernikahan. Simak poin-poin berikut ini.

1. Kertas Jasmine

Kertas Jasmine untuk undangan pernikahan

Jenis kertas yang satu ini sangat umum digunakan untuk kebutuhan cetak undangan pernikahan. Ciri khas kertas ini adalah mempunyai glitter berwarna yang membuat undangan tampak semakin mewah. Tampilan undangan yang eksklusif dan mewah tentu sangat cocok untuk konsep undangan pernikahan.

Pada permukaan kertas jasmine, glitter tersebut muncul mirip serpihan kristal. Teksturnya sama seperti kertas biasa. Permukaan kertas jasmine sangat halus, tetapi Ketika terkena cahaya, permukaan kertas ini memunculkan butir-butir cahaya yang sangat indah.

Namun, kertas yang satu ini mempunyai kekurangan, yakni tidak cocok untuk undangan yang dicetak dengan printer. Kertas jasmine membutuhkan waktu lama untuk mengeringkan tinta.

Apabila Anda ingin memakai kertas jasmine untuk undangan, disarankan untuk memakai teknik cetak emboss atau deboss. Hasil cetakan akan terlihat lebih sempurna.

Baca juga: Macam Macam Alat Ukur dan Fungsinya

2. Kertas Samson Kraft

Kertas Samson Kraft

Kertas samson kraft adalah jenis kertas daur ulang yang cukup cocok untuk mencetak undangan pernikahan. Karakteristik kertas ini adalah mempunyai warna khas coklat kusam dengan tekstur yang cukup pasar. Jika Anda meraba permukaan kertas samson kraft, akan terasa seperti ada pasirnya.

Meskipun terlihat kurang berharga, ternyata kertas ini banyak dipilih untuk kertas undangan pernikahan, lho. Apalagi untuk pernikahan yang mempunyai konsep klasik. Mereka memilih kertas samson kraft karena memiliki warna yang otentik.

Warna coklat kusam mampu mendukung konsep pernikahan klasik yang saat ini banyak dipilih para muda mudi. Harga kertas undangan pernikahan polos ini pun cenderung lebih murah. Anda tidak memerlukan desain undangan yang rumit atau tinta yang warna-warni agar kesan klasiknya tidak hilang.

3. Kertas Concorde

Kertas Concorde

Jenis kertas selanjutnya yang cocok untuk undangan pernikahan adalah kertas concorde. Ciri utama kertas jenis ini adalah memiliki permukaan berserat yang tidak beraturan. Sebelum lazim digunakan sebagai kertas undangan, jenis kertas ini sering dijadikan kertas untuk mencetak kartu nama.

Untuk kebutuhan undangan pernikahan, Anda sebaiknya memiliki kertas condore yang tebal. Pilih satu warna antara hitam atau putih untuk lebih menampilkan kesan romantis. Sesuaikan juga dengan desain undangan untuk mendukung konsep romantis yang ingin dimunculkan.

Lalu, untuk pilihan desainnya, sebaiknya jangan menggunakan banyak warna. Pilih satu warna utama yang menjadi ciri kuat undangan pernikahan Anda. Desain seperti ini cocok untuk kertas concorde.

4. Kertas Art Paper

Kertas Art Paper

Jenis kertas lainnya yang cocok dijadikan kertas undangan adalah kertas art paper. Kertas yang satu ini juga sering kita temui untuk kebutuhan cetak brosur. Ciri khas kertas jenis ini adalah mempunyai permukaan yang licin serta matt.

Di pasaran kertas art paper ini memiliki beragam jenis. Anda bisa memilih kertas dengan ketebalan 100 gr hingga 150 gr. Mencetak di kertas jenis ini juga bisa memberikan hasil yang lebih bagus dibandingkan kertas HVS. Rasternya yang halus bisa menyerap tinta dengan baik.

Untuk kebutuhan kertas undangan pernikahan, Anda bisa memilih kertas ini. Untuk menambahkan kesan mewah dan kualitas yang lebih baik, Anda bisa memberikan finishing berupa laminating glossy atau doff.

5. Kertas Ivory

Kertas Ivory

Dalam dunia percetakan, kertas ivory ini cukup populer karena bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Kertas jenis ini memiliki dua tekstur, yakni satu sisi mempunyai tampilan mengkilap dan sisi lainnya memiliki tampilan doff.

Dengan ciri khas dua tekstur di atas, kertas ini juga sangat cocok dijadikan sebagai bahan untuk undangan pernikahan. Anda bisa memilih gramatur kertas antara 190 gr, 210 gr, hingga 400 gr. Untuk undangan pernikahan standar, gramatur yang dipilih adalah 260 gram.

Sama seperti jenis kertas art paper, kertas ini juga bisa menampilkan hasil cetakan yang lebih bagus. Untuk Anda yang memiliki desain undangan yang rumit dan banyak warna, jenis kertas yang disarankan untuk Anda adalah kertas ivory. Anda tinggal menyesuaikan tingkat ketebalannya saja.

Baca juga: Aneka Macam Perlengkapan Kantor dan Fungsinya

6. Art Carton

Art carton untuk undangan pernikahan

Art carton dan kertas art paper ini memiliki ciri khas yang hampir sama. Perbedaan utamanya terletak pada sisi gramaturnya. Art carton lebih tebal dengan gramasi 190 gr hingga 360 gr. Kertas ini cocok untuk mencetak undangan hard cover.

Ada ide undangan seru untuk Anda yang memilih jenis kertas ini. Anda bisa membuat undangan simple mirip product tag yang ada di produk fashion. Karena kertas ini sangat tebal, kertas ini tidak mudah terlipat. Konsep undangan mirip product tag ini bisa menjadikan undangan pernikahan lebih unik dan tentunya sederhana.

Ketika menggunakan kertas art carton, gambar kertas undangan pernikahan bisa terlihat lebih jelas. Anda bisa menampilkan foto prewedding di atas kertas ini. Hasil cetakan foto prewedding di kertas ini akan terlihat lebih bagus.

7. Kertas Linen

Kertas Linen

Kertas yang satu ini juga cukup umum di dunia percetakan. Ciri utama kertas linen adalah memiliki tekstur yang sedikit kasar. Permukaan kertas ini juga menampilkan garis-garis timbul yang sangat tipis.

Kertas linen biasanya dipakai untuk kartu undangan, kartu nama, foto, hingga sertifikat. Kertas ini banyak dipilih karena bisa disesuaikan dengan metode pencetakan apa pun, entah itu manual atau digital. Hasil cetakannya juga sangat jelas dan tegas.

Jika Anda ingin mencetak kertas undangan pernikahan menggunakan kertas linen, pilihan gramatur yang bisa Anda pilih adalah 150 gr sampai 230 gr. Karena kertas linen ini tidak mempunyai efek glitter atau mengkilap, sebaiknya Anda menggunakan desain yang kuat. Dengan begitu, undangan pernikahan Anda pun akan terlihat unik dan mahal.

Itulah 7 jenis kertas undangan yang lazim digunakan untuk kebutuhan undangan pernikahan. Selanjutnya, Anda bisa menentukan ukuran kertas undangan pernikahan sesuai dengan kebutuhan. Kemudian, untuk memilih jenis kertas yang tepat, tentukan dulu konsep pernikahan yang ingin Anda pakai, ya!

Baca juga: Jenis Jenis Kertas dan Kegunaannya

Setelah membaca penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis kertas undangan pernikahan, selanjutnya Anda bisa mulai mempertimbangkan jenis kertas mana yang paling cocok dengan kebutuhan. Jangan lupa diskusikan perihal undangan dengan pasangan, ya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Leave a Reply