Instagram Tidak Bisa Diakses Padahal Internet Berfungsi? Simak Tips Berikut Ini!

Saat ini, mengakses media sosial sudah menjadi aktivitas wajib dalam kehidupan sehari-hari. Dengan media sosial, ada banyak hal yang bisa kita dapatkan, mulai dari berita, hiburan, hingga barang-barang yang menarik. Media sosial juga menjadi portal dalam kebebasan berekspresi dan mengutarakan pendapat. Juga, ada banyak komunitas yang membahas berbagai kegiatan positif yang inspiratif.

Singkatnya, media sosial memberikan banyak manfaat yang bisa kita petik. Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling populer saat ini. Platform tersebut digunakan oleh netizen untuk membagikan aktivitas berupa foto dan video kepada para pengikutnya. Kepopuleran Instagram juga semakin meningkat semenjak adanya beberapa fitur baru yang inovatif.

Aplikasi Instagram tidak bisa di akses

Sumber: Brett Jordan – canva.com

Akan tetapi, akan sangat menjengkelkan jika kita tidak bisa mengakses Instagram, apalagi eror sering kali terjadi. Masalah tersebut bisa bersumber dari mana saja, mulai dari ponsel yang bermasalah hingga sistem Instagram itu sendiri. Namun, hal tersebut tidak perlu Anda khawatirkan lagi karena kami memiliki beberapa tips untuk mengatasinya. Yuk, simak berikut ini!

Tips Mengatasi Instagram Tidak Bisa Diakses Padahal Internet Berfungsi

1. Cek Apakah Instagram Sedang Down

Salah satu penyebab Anda tidak bisa mengakses Instagram padahal internet baik-baik saja adalah kemungkinan bahwa Instagram sedang down. Masalah ini biasanya terjadi saat Instagram mengalami perbaikan atau sedang terjadi masalah pada sistemnya. Anda tidak perlu khawatir karena ini biasanya terjadi hanya dalam kurun beberapa waktu.

Untuk mengetahuinya, periksa portal berita atau cari tentang info apakah Instagram sedang mengalami down. Biasanya, keadaan ini dialami oleh banyak orang dengan tidak biasanya me-refresh halaman utama Instagram Anda. Selain itu, masalah ini akan tampak seolah internet Anda bermasalah padahal tidak. Jadi, cukup tunggu hingga Instagram kembali seperti semula, ya!

2. Perbarui Versi Instagram

Perbarui versi Instagram

Sumber: Tumisu – canva.com

Bukan suatu hal yang baru jika media sosial selalu memperbarui sistem mereka untuk mengembangkan fitur-fitur terbaru yang lebih baik. Hal ini mungkin akan memakan lebih banyak ruang pada ponsel Anda, tetapi hal ini biasanya harus dilakukan demi kenyamanan Anda dalam mengakses media sosial. Beberapa di antaranya bahkan tidak bisa dibuka jika belum melakukan perbaruan terlebih dahulu.

Sama seperti Instagram, saat Anda merasa bahwa aplikasi ini tidak bisa berfungsi dengan baik padahal internet lancar, periksa apakah Anda perlu melakukan pembaruan aplikasi. Ada banyak fitur dan fungsi baru yang bisa Anda gunakan begitu memperbarui aplikasi Instagram. Untuk memperbaruinya, Anda cukup buka Google Play Store dan tekan tanda perbarui atau update dan tunggu hingga selesai. Mudah, kan?

3. Reinstall Instagram

Meskipun ponsel pintar sangat memudahkan kita dalam melakukan banyak hal, masih ada beberapa eror yang mungkin terjadi. Seperti saat beberapa aplikasi tidak bisa digunakan dengan semestinya dan mengharuskan kita untuk mengunduhnya ulang untuk bisa digunakan. Akan tetapi, masalah ini juga bisa terjadi karena aplikasi-aplikasi itu sendiri sehingga dibutuhkan proses reinstall atau install ulang terlebih dahulu.

Cara ini juga bisa Anda lakukan sebagai alternatif saat Instagram bermasalah. Caranya cukup mudah, Anda tinggal menghapus aplikasi Instagram pada ponsel dan lakukan pengunduhan ulang pada Google Play Store di HP Android atau Apple App Store di iPhone. Setelah ini Anda tinggal memasukkan ulang nama pengguna dan kata sandi untuk bisa login seperti biasa. Dijamin lancar deh setelahnya!

4. Restart Ponsel

Cara terbaik lainnya untuk mengakses Instagram adalah dengan restart ponsel Anda. Ini terdengar mustahil, tetapi cara ini bisa mengembalikan kecepatan dan fungsi aplikasi-aplikasi di dalamnya. Saat Anda merasa internet baik-baik saja dan tampak tidak ada masalah tetapi Instagram tidak bisa diakses, cobalah cara ini untuk mengembalikan keadaan seperti semula.

Sebagian besar dari Anda pasti mengetahui cara restart ponsel, bukan? Cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol restart dan tunggu beberapa saat hingga ponsel menyala kembali. Setelah restart, biasanya Anda perlu menunggu sebentar untuk memastikan aplikasi-aplikasi di dalamnya sudah bisa digunakan kembali. Apakah Anda pernah melakukan cara ini?

5. Matikan VPN

Matikan VPN

Sumber: Gem Fortune – canva.com

VPN adalah salah satu program yang berguna bagi banyak orang. Dengan VPN, Anda dapat mengakses banyak konten yang dibatasi oleh negara tertentu. Program ini juga berfungsi bagi pekerjaan tertentu yang membutuhkan akses untuk mengakses berita atau portal web negara lain.

Namun, hal ini juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa Instagram Anda tidak berfungsi. Untuk itu, jika internet Anda baik-baik saja tapi Instagram Anda bermasalah, cobalah untuk mematikan VPN dan cek apakah Instagram sudah dapat kembali diakses seperti semula.

Instagram adalah platform untuk meng-upload foto dan video kepada para pengikut. Aplikasi ini sudah menjadi banyak perbincangan karena banyak selebriti yang menggunakannya. Namun, akan sangat menyebalkan jika aplikasi ini mendadak tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk itu, kami telah merangkum 5 tips untuk memperbaiki masalah tersebut. Semoga bermanfaat!

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.