Cara Screenshot Di Komputer

Cara Screenshot Di Komputer – Untuk menangkap layar di laptop atau komputer, kamu bisa menggunakan cara screenshot di komputer berikut ini. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Screenshot sering disebut juga dengan screen capture. Ketika melakukan aktivitas secara online menggunakan PC terkadang fitur ini dibutuhkan. Misalnya untuk menyimpan gambar atau tulisan tertentu yang tidak dapat disimpan secara otomatis.

Meski sangat diperlukan, masih banyak juga orang yang belum mengetahui cara screenshot di komputer. Padahal caranya sangat mudah dan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara mulai dari manual sampai menggunakan aplikasi.

Cara Screenshoot Di Komputer

5 Cara Screenshot Di Komputer

Berikut ini cara screenshot laptop termudah yang bisa kamu coba.

1. Menggunakan Tombol Prtsc Pada Keyboard

Cara paling mudah dan umumnya diketahui yaitu dengan menggunakan tombol Print Screen (Prtsc) pada keyboard. Namun, sebagian besar kebingungan setelah menekan tombol ini mengenai cara melihat hasil tangkapan layarnya.

Setelah menekan tombol Prtsc selanjutnya buka aplikasi “Paint” pada PC kamu. Setelah itu buat kanvas baru dan tekan ctrl + v atau klik paste untuk menampilkan hasil screenshot. Kamu bisa mengatur ukuran maupun memotong bagian yang tidak diinginkan dengan memilih menu “Crop”.

2. Menggunakan Tombol Windows + Prtsc

Kalau kamu pengguna Windows 8 atau 10 bisa menggunakan cara yang lebih gampang. Cara screenshot di laptop Windows 8 dan 10 bisa menggunakan tombol windows / start dan print screen secara bersamaan.

Dengan menekan kedua tombol tersebut hasil tangkapan layar akan langsung tersimpan di komputer. Cara untuk melihatnya yaitu dengan membuka folder Pictures > Screenshots.

Baca juga: Cara Mengubah File Powerpoint Ke Gambar

3. Screenshot Menggunakan Tombol Alt + Prtsc

Cara ini sama seperti cara pertama. Namun, dengan tambahan menekan tombol Alt dalam waktu bersamaan kamu hanya bisa mengambil layar pada bagian tertentu saja.

Tentukan terlebih dahulu bagian jendela mana yang akan di-screenshot. Setelah itu tekan Alt + Prtsc. Buka aplikasi Paint lalu tempelkan hasil tangkap layar sebelumnya dengan menekan tombol ctrl + v atau paste.

Untuk menyimpan hasil screenshotnya tekan tombol ctrl + s atau tekan menu save / save as. Setelah itu pilih folder tempat penyimpanan dan simpan.

4. Tangkapan Layar Menggunakan Aplikasi Lightshot

Selain menggunakan fitur bawaan laptop, kamu juga bisa menggunakan aplikasi screenshot PC. Salah satunya yang banyak digunakan yaitu Lightshot. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu juga bisa mengedit hasil tangkapan layarnya.

Caranya yaitu unduh terlebih dahulu aplikasi Lightshot sesuai dengan sistem operasi komputer yang kamu gunakan. Setelah itu lakukan instalasi dan tunggu sampai selesai.

Kamu juga bisa menentukan bagian mana saja yang akan di screenshot. Buka aplikasinya lalu pilih jendela yang akan di capture. Lalu drag kursor untuk mengambil bagian yang diinginkan.

Jika ingin menambahkan tulisan, warna, garis petunjuk dan lainnya bisa disunting terlebih dahulu. Setelah selesai simpan hasil screenshot.

5. Screenshot Menggunakan Aplikasi Snipping Tools

Snipping tools adalah aplikasi bawaan dari Windows untuk screen capture. Jadi sebenarnya kamu tidak perlu lagi memasang aplikasi tambahan jika menggunakan Windows.

Cara menggunakan Snipping Tools yaitu dengan membuka aplikasinya terlebih dahulu. Namun, setelah membuka aplikasinya kamu tidak akan bisa membuka jendela baru.

Maka dari itu, sebelumnya buka jendela yang akan kamu screenshot. Setelah membuka Snipping Tools pilih new untuk menangkap layar.

Jika ingin menangkap layar sepenuhnya maka pilih opsi “Full Screen”. Tapi jika hanya ingin mengambil bagian tertentu saja bisa memilih “Rectangular Snip” atau “Free-form snip”. Setelah itu simpan dengan menekan ctrl + s.

Baca juga: Cara Melihat IP Address di Komputer atau Laptop

Kamu bisa mencoba salah satu cara screenshot di komputer tersebut diatas. Gunakan cara yang menurut kamu paling mudah digunakan.

Leave a Reply