Cara Menonaktifkan Windows Update di Windows 10

Cara Menonaktifkan Windows Update di Windows 10 – Saat ini di dalam hidup kita sudah sangat akrab dengan berbagai perangkat elektronik yang berbasis sistem operasi, sebut saja mulai dari Laptop, PC, Tablet, Smartphone hingga TV Pintar yang pasti memiliki sistem operasi dan perlu diperbaharui suatu saat. Namun karena beberapa alasan, kita pun sebagai pengguna sering .menganggap remeh pembaharuan yang diberikan oleh pabrikan karena mungkin tidak berdampak secara langsung

Update atau pembaharuan bisa dibilang terbagi ke dalam dua kategori. Pertama adalah pembaharuan yang bersifat opsional, pembaharuan ini biasanya memiliki minor update dan tidak berdampak besar pada performa perangkat atau software pada umumnya, melainkan hanya terdiri dari perubahan seperti desain, tata letak dan hal lainnya yang bersifat menyempurnakan.

Kedua adalah pembaharuan yang bersifat mandatory atau wajib. Jenis pembaharuan ini sangat diperlukan karena biasanya memiliki dampak yang krusial seperti mempengaruhi jalannya sistem operasi atau software tertentu. Dan juga bisa berdampak pada sisi keamanan yang sangat penting untuk saat ini. Salah satu contoh pembaharuan wajib misalnya terdapat pada salah satu layanan pesan instan yang mewajibkan setiap penggunanya untuk melakukan pembaharuan dalam batas waktu yang telah ditentukan. Apabila tidak digubris oleh penggunanya maka layanan pesan pun dapat terputus.

Di balik aktivitas pembaharuan atas sistem operasi atau software sebenarnya memiliki beberapa manfaat bagi kelancaran performa bagi penggunanya. Antara lain dengan memperbaharui sistem keamanan terkini sehingga dapat mendeteksi berbagai virus atau ancaman terbaru sehingga risiko terkena virus pun akan menurun. Kedua untuk memperbaiki segala celah-celah software atau bug yang dapat mengganggu performa sistem operasi atau software tersebut.

Pembaharuan sendiri biasanya akan diberikan secara berkala ke setiap penggunanya dan akan diberikan pemberitahuan apabila telah tersedia. Penyedia layanan pun memberikan keleluasaan bagi penggunanya dalam hal pembaharuan apakah akan dilakukan secara otomatis sesaat setelah pembaharuan baru rilis atau menunggu persetujuan pengguna sebelum melakukan pembaharuan.

Baca juga: Cara Mengetahui Kapasitas Harddisk dan RAM pada PC/Laptop

Namun biasanya pengguna merasa malas untuk melakukan pembaharuan karena pertama akan memakan penyimpanan perangkatnya, terlebih jika kapasitas penyimpanan sudah sedikit. Pengguna juga malas akibat harus mengurangi kuota internet saat melakukan pembaharuan, karena biasanya akan memakan kuota yang cukup besar apabila merupakan major update. Untuk major update sendiri dapat disiasati dengan menggunakan jaringan nirkabel / WiFi untuk menghemat kuota internet.

Windows 10 sendiri merupakan sistem operasi terkini keluaran Microsoft Corporation dalam hal ini merupakan sistem operasi untuk Laptop, PC dan Tablet milik Microsoft sendiri. Sebagai sistem operasi terkini, tentu saja para developer Microsoft terus memperbaharui Windows guna menjamin kelancaran performa untuk semua penggunanya. Pembaharuan terhadap Windows 10 ini juga cukup sering dikeluarkan oleh Microsoft.

Namun ada kalanya kita sebagai pengguna sedang tidak ingin melakukan pembaharuan karena beberapa alasan yang mungkin salah satunya terdapat pada pembahasan sebelumnya. Nah, maka dari itu mari kita simak cara untuk mematikan Windows Update untuk Windows 10 sebagai berikut:

Cara Mematikan Windows Update Melalui Menu Services

1. Tekan tombol logo Windows dan R secara bersamaan untuk memunculkan Pop Up. Lalu ketik services.msc lalu tekan OK.

Tampilan menu run di windows 10

2. Lalu akan muncul tampilan Services seperti ini.

Tampilan menu services di windows 10

3. Carilah service yang bernama Windows Update, kemudian klik dua kali hingga muncul penyetelan seperti ini.

Cara Mematikan Windows Update Melalui Menu Services

4. Pilihlah “Disabled” pada drop down “Startup Type”. Klik OK, maka Windows Update akan dinonaktifkan.

Menonaktifkan Windows Update Melalui Menu Update & Security

Selain menggunakan cara diatas untuk menonaktifkan Windows Update, bisa juga melalui menu Update and Security yang yang ada di halaman “Settings”. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini.

1. Langkah pertama buka menu Settings (windows settings), caranya klik icon roda gigi yang ada pojok kiri bawah, tepat diatas “Power” yang ada di Start Menu.

2. Jika sudah pilih menu “Update and Security”.

pilih menu "Update and Security"

3. Kemudian scroll ke bawah dan pilih “Advanced Options”.

pilih "Advanced Options"

4. Nanti akan muncul beberapa pilihan Update Options, anda bisa memilih mana saja yang ingin anda nonaktifkan. Anda hanya mengubah pengaturannya dari On menjadi Off.

Cara Menonaktifkan Windows Update di Windows 10

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara menonaktifkan Windows Update pada Windows 10. Semoga tutorial yang sudah di sampaikan diatas bisa bermanfaat!

Leave a Reply