Cara Menjumlahkan di Excel pada Baris & Kolom

Excel tidak hanya sekadar membuat penampilan data angka dan teks menjadi lebih baik, namun dapat dimanfaatkan pula untuk mengolah dan menghitung data. Salah satunya adalah dengan melakukan penjumlahan pada sebuah data angka. Hal ini bisa Anda ketahui dengan menggunakan cara menjumlahkan di Excel. Ada tiga cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan penjumlahan. Nah Anda hanya perlu mempelajarinya untuk dapat menggunakan penjumlahan.

Penjumlahan di Excel merupakan operasi hitung yang paling mudah dalam Excel. Anda hanya perlu mempelajari dan latihan untuk beberapa waktu maka Anda dapat dengan mahir menggunakan penjumlahan di Excel. Manfaatnya cukup banyak jika mempelajari hal ini dan nantinya bisa dikombinasikan dengan rumus lainnya.

Menjumlahkan Data dengan Mudah pada Excel

Telah disebutkan ada tiga cara menjumlahkan di Excel. Hal ini bisa Anda pelajari dalam kurun waktu 30 menit untuk memahami sekaligus mempraktikkan semua caranya. Adapun cara ini bisa Anda gunakan dalam menjumlahkan data Anda yang jumlahnya bisa ribuan sampai ratusan. Berikut ini cara yang dapat Anda gunakan.

1. Menjumlahkan data pada baris

Adapun cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk menghitung data Anda dalam bentuk barisan. Cara tersebut adalah dengan menggunakan rumus seperti ini,

=dataA1+dataA2+….

Nah untuk rumus ini, Anda bisa menambahkannya secara manual dengan mengetik nomor baris ataupun dengan menyeleksi (blok) data yang ingin Anda jumlahkan dalam satu baris. Jika Anda sudah selesai dengan menambahkan jumlah yang ada di baris, lalu tekan enter untuk mendapatkan hasil penjumlahan dalam satu baris.

Anda bisa memasukkan data sebanyak apapun dalam melakukan penjumlahan. Sehingga Anda tidak perlu menghitungnya lagi secara manual, cukup andalkan Excel. Berikut langkah-langkahnya

  • Blok atau seleksi data yang akan dijumlahkan

Seleksi data yang akan dijumlahkan

  • Buka menu toolbar formulas, Kemudian pilih Sum

Buka menu formulas dan pilih atutosum

  • Secara otomatis hasil dari penjumlahan, akan muncul di bawahnya.

Hasil penjumlahan excel muncul dibawahnya

Baca juga: Cara Mengubah Excel ke PDF dengan Mudah & Praktis

2. Menjumlahkan data pada kolom

Penjumlahan tidak hanya dilakukan dalam bentuk baris, Anda juga bisa menjumlahkannya berdasarkan kolom. Dalam proses penjumlahan secara kolom, rumusnya adalah sebagai berikut

=dataA1+dataB1+…..

Untuk rumus ini, Anda bisa menambahkan secara manual atau memilih data yang ada pada kolom yang Anda miliki. Nantinya jika Anda sudah menambahkan semuanya, maka Anda tinggal tekan enter saja untuk mendapatkan hasilnya. Sama seperti sebelumnya, Anda bisa menambahkan berapa pun data pada baris sesuai dengan keinginan Anda.

3. Menggunakan rumus SUM

Pasti setelah mengetahui cara tersebut, maka muncul pertanyaan di benak Anda. Bagaimana cara menjumlahkan data yang sangat banyak? Adapun cara mudahnya yang pastinya membuat Anda lebih mudah lagi dalam melakukan penjumlahan. Cara tersebut adalah menggunakan rumus SUM. Adapun rumusnya adalah sebagai berikut,

=SUM(number1:number2)

Untuk number 1 dan number 2 bisa diisi dengan nomor cell yang ada pada Excel.

Penjumlahannya pun tidak hanya sebatas baris ataupun kolom, namun bisa menjumlahkan dalam data satu tabel yang Anda miliki. Adanya rumus ini, maka Anda bisa menjumlahkan data sebanyak apapun tanpa Anda lakukan secara manual. Sehingga rumus ini pastinya akan sangat memudahkan pekerjaan Anda. Rumus SUM ini merupakan salah satu rumus yang sederhana yang bisa Anda manfaatkan.

Baca juga: Cara Menghitung Persen di Excel

Demikian beberapa cara menjumlahkan di Excel yang bisa Anda ketahui. Cara ini sangat mudah untuk diterapkan dan dikombinasikan dengan rumus-rumus lainnya sehingga membuat fungsi baru yang memudahkan pekerjaan Anda. Pastikan untuk melatih rumus yang Anda miliki sehingga Anda tidak akan lupa dan bisa menggunakannya untuk keperluan yang lainnya. Semoga informasi ini bisa membantu Anda dengan baik.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru