Cara Mengubah Excel ke PDF dengan Mudah & Praktis

Cara mengubah excel ke pdf cukup mudah bisa langsung melalui MS Excel, menggunakan aplikasi seperti foxit reader atau menggunakan situs online. Penasaran? berikut ulasan lengkapnya.

Mengolah data dalam bentuk Excel dan PDF sudah menjadi suatu hal yang biasa dilakukan dewasa ini. Tidak jarang pengubahan format file dari Excel ke PDF atau bahkan sebaliknya juga dilakukan demi efisiensi ukuran file maupun kepentingan publikasi.

Sayangnya, tidak banyak orang mengetahui cara mengubah Excel ke PDF dan sebaliknya. Ada saja yang masih mencari cara rumit, padahal dengan cara-cara berikut Anda masih bisa menjalankan pengubahan format tersebut secara praktis dan cepat.

Berikut ini cara mengubah dokumen ms excel ke pdf ataupun sebaliknya dari dokumen pdf ke excel yang bisa anda ikuti:

Cara Mengubah Excel Menjadi PDF dengan Mudah

Terlebih dahulu kita akan membahas cara mudah untuk mengubah file dari Excel ke dalam format PDF. Ada beberapa cara yang bisa Anda jalankan, mulai dari menggunakan aplikasi, secara online, bahkan bisa secara langsung.

1. Menyimpan file langsung dari Ms Excel ke PDF

Cara yang satu ini terbilang sangat praktis dan cepat. Anda tidak memerlukan aplikasi atau website tambahan untuk sekadar mengubah format ke dalam bentuk PDF. Namun, pastikan software Office Anda sudah mendukung, yakni pada Office 2010 ke atas.

Untuk menyimpan file ini, terlebih dahulu siapkan data yang akan diubah. Selanjutnya, klik menu File, pilih Save As, kemudian sebelum klik Save pilih dulu tipe PDF pada bagian Save as Type. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pada lembar kerja Ms Excel, buka menu file.
  • Kemudian pada menu file pilih ‘Save As’, Lalu pilih lokasi penyimpanan.

Menyimpan file langsung dari Ms Excel ke PDF

  • Jika sudah beri nama file tersebut, di bawahnya ada tulisan ‘Save As Type’. Cari dan pilih file menjadi PDF.

Pilih save as type ke pdf

  • Jika sudah, tinggal klik ‘Save’.

2. Menggunakan Aplikasi

Beberapa aplikasi untuk membuka file PDF juga tidak jarang memberikan opsi untuk dapat menjadikan suatu file menjadi bentuk PDF. Beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan misalnya Adobe Acrobat, Foxit Reader, dan sebagainya.

Anda bisa menggunakan opsi Create PDF atau Convert PDF untuk kemudian meng-upload file Excel yang ingin diubah. Selanjutnya, ikuti instruksi yang ada sehingga file Excel tersebut dapat berubah menjadi file PDF secara cepat. Berikut cara mengubah file excel menggunakan foxit reader.

  • Buka aplikasi Foxit Reader
  • Kemudian pada halaman utama buka menu ‘File’ dan pilih ‘Create’

Mengubah excel ke pdf dengan aplikasi foxit reader

  • Selanjutnya, pada halaman Create pilih menu ‘From File’.

Memasukkan file yang akan diubah

  • Lalu  pada bagian create from file, klik icon ‘from file’ dan pilih file excel yang akan Anda ubah menjadi pdf dan klik open. Tunggu sampai konversi excel ke pdf selesai, nanti hasil konversi akan otomatis terbuka.

Save as file konversi

  • Selesai, tinggal Anda simpan hasil konversi tersebut.

3. Secara Online

Cara lain yang juga bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan website khusus. Anda dapat menggunakan sebuah website sehingga tidak perlu men-download aplikasi yang akan memberatkan memori komputer Anda.

Menggunakan website ini juga cukup praktis, yakni dengan meng-upload file yang Anda inginkan dari komputer, kemudian tunggu beberapa saat dan file tersebut akan bisa langsung terkonversi menjadi file PDF. Misalnya menggunakan situs Smallpdf.com, dan berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama buka situs https://smallpdf.com/id/excel-ke-pdf

Konversi file excel menjadi pdf secara online

  • Kemudian klik tombol pilih file untuk mengupload file ingin Anda ubah ke pdf

Tunggu proses konversi selesai

  • Selanjutnya file akan terkonversi secara otomatis, dan tunggu sampai selesai

Unduh hasil konversi ke pdf

  • Jika sudah anda tinggal mendownload file tersebut.

Baca juga: Cara Mengubah Word Ke PDF Via Offline dan Online

Mengubah PDF menjadi Excel

Sama halnya dengan pengubahan file Excel menjadi PDF, Anda dapat menjalankannya secara langsung, menggunakan aplikasi gratis dan berbayar, atau melalui website alias online.

1. Langsung melalui Word

Cara yang satu ini mungkin terbilang cukup manual. Namun, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih rapi dari pada dengan cara-cara lainnya. Selain itu, cara ini hanya dapat digunakan untuk Word versi 2013 ke atas.

Untuk menjalankan cara ini, bukalah file PDF dengan klik kanan, lalu memilih Open With dan klik Word. Selanjutnya, buka Word dan pastikan semua data sudah terbuka dengan baik. Terakhir, copy paste data tersebut dari Word ke Excel.

2. Mengubah secara online

Anda juga bisa menggunakan beberapa website khusus untuk mengubah file PDF ke dalam Excel. Caranya juga sederhana, tinggal masukkan file PDF, kemudian pilih opsi pengubahan ke Excel, lalu simpan.

3. Menggunakan aplikasi

Jika Anda ingin cara lain yang mudah dan cepat, Anda juga dapat menggunakan beberapa aplikasi seperti Adobe Acrobat atau PDF Element. Dengan kedua cara ini, Anda tidak membutuhkan koneksi internet, bahkan dapat mengaksesnya dengan gratis.

Baca juga: Cara Freeze Excel Untuk Kolom & Baris Tanpa Pusing

Itulah beberapa cara mengubah Excel ke PDF dan sebaliknya yang bisa Anda terapkan. Nah, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru