Cara Menambah Kolom dan Baris di Excel dengan Cepat

Ketahui cara menambah kolom dan baris di excel dengan berbagai langkah mudah, sehingga lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan atau tugas. Berikut selngkapnya.

Pada Excel, tampilan sheet untuk Anda mengerjakan tugas kantor berbentuk baris dan kolom yang jumlahnya ribuan dan bisa ditambahkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Penambahan kolom dan baris dapat dilakukan ketika Anda merasa sheet yang Anda miliki kurang besar. Sehingga ada cara menambah kolom dan baris di Excel yang bisa Anda gunakan.

Ada beberapa cara untuk menambahkan baris dan kolom yang ada di Excel. Cara ini pastinya akan mudah Anda pelajari sehingga Anda tidak perlu khawatir caranya susah.

Sehingga yang perlu Anda lakukan adalah berlatih dan berlatih sekaligus mempraktikkan hingga Anda ingat bagaimana cara menambah kolom dan baris pada aplikasi Excel.

Trik Menambahkan kolom dan baris pada Excel

Selain untuk menambah luas sheet milik Anda, menambah kolom dan baris juga dapat mempercantik penampilan pekerjaan Anda. Jika Anda ingin mengetahuinya, berikut ini adalah cara menambah kolom dan baris di Excel dengan mudah yang bisa Anda pelajari. Semoga dapat membantu pekerjaan Anda.

1. Cara menambahkan baris dan kolom melalui menu Home

Cara pertama adalah dengan menggunakan menu insert yang ada pada tab Home. Nantinya Anda akan mendapatkan empat pilihan yang bisa Anda gunakan untuk menambah baris dan kolom. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

Cara menambahkan baris dan kolom melalui menu Home

  • Masuk ke tab home dan klik menu insert yang ada di sebalah kanan atas
  • Lalu pada menus insert akan ada empat pilihan
  • Pilih insert sheet column jika Anda ingin menambahkan kolom, dan pilih insert sheet rows jika Anda ingin menambahkan baris

Nantinya akan ada penambahan baris atau kolom sesuai dengan cell yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Pastinya Anda bisa mengaturnya bagaimana penambahan itu bisa dilakukan. Sehingga Anda dapat dengan mudah memiliki kolom atau baris baru.

Baca juga: Cara Membuat Nomor Urut Otomatis di Ms Excel

2. Cara kedua menambahkan baris dan kolom

Adapun cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan shortcut. Jalan pintas yang Anda lakukan adalah dengan menggunakan klik kiri pada kolom atau baris utama yang ingin Anda tambahkan. Pada perintah tersebut nantinya Anda klik insert dan nanti secara otomatis kolom atau baris yang Anda miliki akan tertambah dengan sendirinya. Hal ini akan memudahkan pekerjaan Anda jika kekurangan kolom ataupun kekurangan baris. Berikut selengkapnya.

  • Seleksi bagian yang ingin di tambahkan baris atau kolom.

Klik kanan kemudian pilih menu insert

  • Kemudian klik kanan dan pilih Insert
  • Nanti akan ada empat pilihan, silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan

Menambah kolom dan baris dengan klik kanan

  • Terakhir tinggal klik OK.

3. Cara menambahkan Cell

Cara menambahkan Cell

Bagaimana jika Anda ingin menambahkan cell? caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakan cara pertama dengan memilih tab home kemudian memilih menu insert. Lalu Anda pilih insert cell. Nantinya Anda akan diberikan pilihan berapa cell yang ingin Anda tambahkan.

Hal ini merupakan cara tercepat jika Anda ingin menambahkan kolom dan baris secara bersamaan pada pekerjaan Anda. Nantinya sistem akan membuat cell sesuai dengan permintaan Anda. Sehingga pekerjaan Anda menjadi lebih mudah.

4. Menghapus kolom dan baris

Menghapus kolom dan baris

Kemudian jika Anda ingin menghapus kolom atau baris, bisa Anda block terlebih dahulu baris yang ingin Anda hapus. Kemudian klik kanan seperti menggunakan shortcut lalu delete. Nantinya Anda dapat dengan mudah menghapus kolom atau baris yang sesuai dengan keinginan Anda.

Baca juga: Cara Membuat Tabel di Excel dengan Mudah & Cepat

Itulah beberapa cara menambah kolom dan baris di Excel yang bisa Anda ketahui. Semoga cara ini bisa membantu Anda untuk menambahkan kolom atau baris pada Excel Anda. Sehingga pekerjaan Anda menjadi lebih mudah. Masih banyak lagi pelajaran yang perlu Anda kuasai sehingga kemampuan Excel Anda menjadi lebih meningkat. Jadikan Excel sebagai salah satu skill yang menguntungkan untuk Anda.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru