Cara Mengurutkan Angka di Excel dengan Mudah

Cara Mengurutkan Angka di Excel – Pastinya dalam sebuah pekerjaan terdapat data yang sangat banyak sekali untuk diolah. Terkadang data perlu diurutkan namun jika data yang Anda miliki sangat banyak maka akan memakan banyak waktu. Sehingga jika Anda ingin mengetahui cara mengurutkan angka di Excel, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan. Cara ini tidak hanya untuk angka saja, namun bisa Anda manfaatkan untuk teks ataupun tanggal.

Jika Anda ingin mempelajarinya, maka Anda dapat dengan mudah mengetahui semua rahasianya melalui artikel ini. Adapun beberapa cara mudah agar Anda dapat mengurutkan data-data yang Anda miliki sehingga bisa Anda manfaatkan kelebihannya. Berikut ini adalah caranya yang bisa Anda pelajari dengan benar.

Cara Mudah Urutkan Data Angka di Excel

Menggunakan Excel dapat bermanfaat untuk Anda yang memiliki banyak data karena dapat diurutkan mulai yang terkecil hingga terbesar atau sebaliknya. Jika memang Anda ingin benar-benar belajar cara mengurutkan angka di Excel, berikut ini adalah cara mudahnya yang bisa dipelajari.

1. Menggunakan menu Sort and Filter

Cara pertama yang direkomendasikan untuk Anda agar dapat mengurutkan data adalah dengan menggunakan menu sort and filter. Dengan menggunakan cara ini, maka Anda dengan mudah dapat mengurutkan data angka. Berikut ini caranya.

  • Blok data yang ingin Anda urutkan. Kemudian pilih tab Data.

Menggunakan menu Sort and Filter

  • Lalu setelah memilih tab data, Anda pilih sort and filter.

Buka tab data dan pilih sort and filter

  • Pada pilihan tersebut nantinya ada dua pilihan yaitu ascending dan descending. Silahkan pilih sesuai kebutuhan.

Mengurutkan angka pada ms excel

  • Nanti akan muncul dua pilihan, pilih Contineu with the current selection jika ingin mengurutkan data yang diblok saja, jika ingin mengurutkan semua pilih Expand the selection.
  • Selanjutnya tinggal klik tombol sort.

Untuk ascending memiliki simbol A to Z yang nantinya akan mengurutkan dari data terkecil hingga data terbesar. Sedangkan untuk descending memiliki simbol Z to A yang nantinya akan mengurutkan dari data terbesar hingga data terkecil

Adapun cara lainnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan shortcut berupa klik kanan lalu Anda akan menemukan simbol descending dan ascending. Nantinya data Anda dapat diurutkan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Cara Freeze Excel Untuk Kolom & Baris Tanpa Pusing

2. Mengurutkan angka menggunakan rumus Excel

Anda juga bisa mengurutkan data angka dengan cara menggunakan rumus SMALL atau LARGE. Seperti namanya, SMALL untuk mengurutkan data dari terkecil ke terbesar. Sedangkan LARGE mengurutkan data dari terbesar hingga terkecil. Cara menggunakan rumusnya adalah sebagai berikut. Rumus SMALL dapat ditulis dengan cara sebagai berikut:

=SMALL(Number1:Number2;Number3)

Number 1 dan number 2 digunakan untuk block range data Anda, kemudian number 3 adalah urutan data yang Anda inginkan. Rumus ini juga berlaku kepada rumus LARGE sehingga Anda tinggal menukarnya saja. Lalu rumus ini dapat berubah secara otomatis jika Anda mengunci range yang ada pada rumus.

3. Menambahkan rumus ROW

Jika tadi number 3 merupakan urutan dasar dari rumus SMALL atau LARGE, maka dengan mengganti number 3 menggunakan rumus ROW, maka Anda tidak perlu menggunakan tabel bantuan. Pada posisi number 3 Anda hanya perlu menulis rumus seperti ROW(cell number)-1. Maka penampilannya akan seperti ini,

=SMALL(Number1:Number2:ROW(cell number)-1)

Rumus ini juga berlaku pula untuk LARGE dan Anda bisa mengurutkan data Anda tanpa menggunakan tabel bantuan. Pekerjaan menjadi lebih mudah dengan menggunakan rumus yang satu ini untuk mengurutkan data angka.

Baca juga: Cara Menambah Kolom dan Baris di Excel dengan Cepat

Demikian beberapa informasi tentang cara mengurutkan angka di Excel yang bisa Anda pelajari. Pastinya masih banyak lagi rumus-rumus yang unik yang bisa Anda manfaatkan untuk mempermudah pekerjaan Anda. Anda bisa mempelajarinya melalui YouTube atau kelas online berbayar yang memberikan sertifikat di akhir pelatihan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru