2 Cara Mengunduh Lagu di Youtube dengan Mudah

Cara mengunduh lagu di youtube perlu anda ketahui jika ingin memutar lagu favorit anda secara offline di handphone maupun laptop tanpa menggunakan koneksi internet. Berikut selengkapnya

Siapa yang belum pernah mengakses platform YouTube? Platform berbagi video yang satu ini sangat populer untuk digunakan. Bahkan sudah banyak anak muda yang berhasil menjadi Youtuber dan mendapatkan penghasilan yang fantastis.

Banyak yang bertanya tentang bagaimana cara download lagu di YouTube? Apakah harus dengan menggunakan aplikasi? Atau bisa melakukannya tanpa aplikasi? Berikut ulasan lengkapnya Kami bagikan untuk Anda.

Cara Mengunduh Lagu di Youtube Secara Online

Menurut beberapa orang, banyak yang berminat untuk mengunduh lagu di situs YouTube karena koleksi yang ada di YouTube terbilang sangat lengkap. Di YouTube Anda bisa menemukan beberapa konten musik yang dilakukan secara live atau streaming atau jenis cover lagu tertentu.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan koleksi lagu lama atau lagu lawas dari YouTube dengan kualitas audio yang lumayan. Meski untuk itu Anda terlebih dahulu harus mengubah format video menjadi MP3 sesuai kebutuhan.

Mengunduh lagu dari YouTube jelas harus dilakukan dengan cara mengubahnya terlebih dahulu menjadi versi MP3 baru kemudian Anda bisa mengunduhnya ke perangkat ponsel Anda.

Setelah itu Anda bisa mendengarkan hasil unduhan lagu dimana saja dan kapan saja tanpa harus terhubung ke internet. Usahakan untuk menyediakan media penyimpanan yang memadai untuk menyimpan semua koleksi lagu yang Anda unduh.

Berikut beberapa cara untuk mengunduh lagu dari YouTube secara online. Cara ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan situs Online Video Converter.

  • Langkah yang pertama adalah dengan berkunjung ke situs resmi dari Online Video Converter
  • Kemudian buka situs atau aplikasi YouTube yang Anda miliki lalu cari video yang ingin Anda unduh lagunya
  • Salin alamat URL video yang ingin Anda unduh, alamat URL yang tercantum dalam situs YouTube
  • Paste link URL yang sudah Anda salin sebelumnya, pada kolom yang tersedia di situs Online Video Converter yang sudah Anda buka sebelumnya
  • Pilih format lagu yaitu MP3 pada menu dropdown kemudian pilih tombol Start
  • Kemudian Anda akan menemukan tombol Download yang harus Anda klik untuk memulai proses unduh
  • Tunggu hingga proses unduh selesai secara maksimal

Baca juga: Cara Download Subtitle Video Youtube

Mengunduh Lagu di Youtube Menggunakan Aplikasi

Selain cara download lagu di YouTube dengan menggunakan cara online, Anda juga bisa melakukan unduhan dengan menggunakan aplikasi. Tentu saja cara ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan hp android Anda.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi untuk unduh lagu dari YouTube maka Anda harus melakukan unduh dan instal aplikasi yang dimaksud terlebih dahulu. Sebaiknya pilih jenis aplikasi yang memiliki user interface yang bersahabat, mudah untuk digunakan serta memiliki banyak fitur untuk mengunduh lagu dari platform YouTube.

Selain itu, pertimbangkan untuk memilih aplikasi dengan ukuran yang kecil agar supaya tak konsumsi banyak tempat di hp android Anda. Karena saat unduh lagu dari YouTube Anda harus mempertimbangkan kapasitas penyimpanan agar supaya koleksi lagu yang diunduh bisa tersimpan dengan baik dan benar.

Rekomendasi Aplikasi untuk Mengunduh Lagu di Youtube

Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan jika ingin download lagu di YouTube secara online. Berikut rekomendasi aplikasi dan ulasan singkatnya hanya untuk Anda.

a. Aplikasi YouTube Music

youtube music

  • Langkah yang pertama adalah dengan membuka aplikasi YouTube music yang sudah Anda unduh dan install sebelumnya di ponsel cerdas Anda
  • Kemudian cari dan putar lagu yang Anda ingin unduh
  • Setelah ketemu video yang dimaksud, klik video atau gambar sampul dari lagu yang Anda inginkan
  • Tap pada ikon download yang ada di aplikasi tersebut
  • Pilih menu Audio Only untuk menyimpan berkas video hanya sebagai berkas audio atau suara dengan kualitas video yang diinginkan
  • Kemudian lakukan konfirmasi dengan memilih tombol yang Anda perlukan
  • Kini lagu yang diunduh sudah bisa Anda dengarkan secara offline

b. Aplikasi YouTube

youtube aplikasi

Kemudian cara berikutnya adalah untuk download lagu di YouTube dengan aplikasi YouTube milik Anda sendiri. Berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk bisa mengunduh lagu sesuai keinginan Anda.

  • Langkah yang pertama adalah unduh dan install aplikasi YouTube android di ponsel cerdas Anda
  • Kemudian cari video atau musik yang ingin Anda dengar dengan menggunakan aplikasi YouTube tersebut
  • Buka video lagu tersebut jika Anda sudah menemukannya
  • Pada laman pemutar video yang dimaksud, Anda bisa melakukan klik tombol Download atau tombol dengan gambar ikon anak panah ke bawah
  • Tunggu proses download yang sedang dilakukan hingga tombol tersebut berubah menjadi tanda centang yang artinya lagu sudah terunduh ke perangkat Anda

Kini Anda sudah bisa menikmati lagu yang Anda unduh dari YouTube secara offline dengan cara membuka tab library kemudian masuk ke bagian download lalu putar konten tersebut sebagaimana biasanya.

Baca juga: 2 Cara Download File di Scribd Tanpa Login

Ketahui Kelemahan Unduh Lagu MP3 via YouTube

Meski untuk mengunduh lagu dari YouTube bisa dengan mudah dilakukan. Namun perlu diingat bahwa mengubah berkas milik orang lain menjadi berkas umum apalagi menyebar atau membagikannya adalah sebuah tindakan ilegal. Sehingga Anda harus hati-hati untuk menggunakan dan melakukannya.

Adapun untuk mengunduh lagu MP3 dari YouTube memiliki beberapa kelemahan, diantaranya adalah:

a. Kelemahan yang pertama adalah dimana kualitas audio dari lagu yang Anda unduh biasanya cukup standar, selain itu opsi pilihan untuk format unduhan memang hanya tersedia format MP3 saja

b. Kelemahan yang kedua adalah bahwa dalam video yang ada di YouTube tak murni berisi lagu saja, namun terkadang di bagian awal, tengah atau akhir video terdapat iklan yang nantinya akan mengganggu pengalaman mendengarkan lagu yang diunduh.
Mengunduh lagu dari YouTube juga harus menggunakan koneksi internet yang kuat dan stabil agar supaya lagu bisa terunduh dengan baik.

c. Kelemahan yang terakhir berkaitan dengan yang membahas mengenai mengunduh lagu yang menjadi kegiatan ilegal. Anda harus bisa lebih bijaksana untuk menggunakan cara unduh lagu dari YouTube karena setiap video yang diupload ke YouTube memiliki hak cipta yang secara umum hanya ditujukan untuk penikmat platform YouTube saja.

Jika memungkinkan gunakan layanan streaming lagu yang legal untuk Anda akses. Jika Anda terpaksa harus mengunduh lagu MP3 dari YouTube karena memang hanya bisa menemukannya di youtube, maka pastikan terlebih dahulu bahwa Anda tak akan menyebar luaskannya pada siapa pun.

Baca juga: 4 Cara Download Video Youtube Tandap Ribet

Pastikan Anda menyimpannya sebagai koleksi pribadi dan hanya memutar dan mendengarkan untuk kepentingan pribadi Anda. Sekian ulasan tentang cara download lagu di YouTube. Semoga bermanfaat.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru