3 Cara Mengubah Gambar Ke PDF Offline dan Online

Ada beberapa cara mengubah gambar ke PDF dengan mudah baik Secara Offline maupun Online. Cara ini bisa untuk berbagai jenis file gambar seperti PNG dan JPG. Penasaran bagaimana? Simak Ulasan lengkapnya berikut ini.

Pernahkah kamu merasa sudah benar memindahkan gambar ke dalam Word namun setelah dibuka di perangkat yang berbeda maka hasilnya berubah cenderung berantakan?. Jika iya maka kamu mungkin perlu membaca artikel ini karena ada kaitannya dengan hal tersebut.

Permasalahan tersebut terjadi bisa disebabkan karena perbedaan versi Microsoft Word-mu sebagai pengirim dengan versi yang dimiliki oleh penerima, hal itulah yang membuat gambar yang telah kamu masukkan ke dalam Word dapat menjadi berantakan ketika diterima oleh si penerima. Tentu menyebalkan bukan?

Salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan PDF yang merupakan kependekan dari Portable Document Format. PDF sendiri dapat memuat beragam macam file seperti dokumen/teks, gambar, citra, dan grafik dua vektor. PDF merupakan produk besutan Adobe pada tahun 1993 yang bertujuan untuk mempresentasikan hasil pekerjaan kepada orang lain.

Untuk membuka file berformat PDF sendiri membutuhkan aplikasi bernama Adobe Reader atau dahulu sebutannya Adobe Acrobat. Selain itu, kamu juga dapat membuka file PDF melalui web browser dengan cara drag file PDF tersebut ke tab kosong web browsermu.

Dengan menggunakan PDF, maka filemu akan tertata dengan rapih bahkan dalam penghitungan margin dan sebegainya. Kamu juga tidak perlu khawatir file akan berantakan, karena perbedaan versi PDF tidak akan mempengaruhinya. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir mengenai keamanan data saat disimpan ke dalam PDF, karena kamu dapat mengunci file PDF-mu dengan password sehingga orang lain tidak dapat mengaksesnya, adapula fitur untuk melarang seseorang melakukan copy-paste terhadap file PDF tersebut.

Baca juga: Cara Mengecilkan Ukuran Foto atau Gambar Di Komputer

Kelebihan lainnya adalah file PDF masih dapat diubah kembali bahkan saat sudah menjadi format PDF, kamu masih diperkenankan merubah isi dokumen tersebut dengan menggunakan aplikasi Adobe Reader yang dapat kamu unduh secara gratis.

3 Cara Mengubah Gambar ke PDF

Terdapat beberapa cara untuk merubah file gambar ke dalam file PDF, pertama menggunakan Microsoft Word dan aplikasi third party seperti Foxit Reader. Berbeda dengan Adobe PDF yang biasanya sudah terpasang pada perangkatmu, Foxit Reader perlu dipasang terlebih dahulu dengan mengunduhnya dari internet.

Foxit Reader ini akan terhubung dengan berbagai aplikasi di perangkatmu yang memungkinkan adanya fitur cetak, Foxit Reader sendiri dapat mencetak file layaknya printer pada umumnya atau mencetaknya sebagai file PDF. Selain menggunakan kedua cara tersebut bisa juga menggunakan situs online. Untuk lebih memahaminya, mari kita ulas beberapa langkahnya:

1. Menggunakan Microsoft Word

Cara mengubah gambar ke PDF yang paling mudah yaitu menggunakan Microsoft Word. Dengan cara ini kamu tidak memerlukan aplikasi khusus atau pun terkoneksi dengan internet. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Ms Word dan buat dokumen baru.
  • Buka tab Insert yang ada di MS Word, kemudian klik Picture. Pilihlah gambar yang ingin kamu ubah formatnya ke dalam bentuk PDF.

Cara Mengubah Gambar ke PDF offline dan Online

  • Jika sudah, saatnya menyimpan halaman Ms Word tersebut ke dalam format PDF, buka file lalu klik Save As.
  • Pilih direktori dan beri nama pada filemu, lalu pilihlah format file berjenis PDF pada drop down bar “Save as type“.

Cara Mengubah Gambar ke PDF

  • Jika sudah kemudian simpan dengan mengklik tombol Save.

Mengubah gambar ke pdf

  • Maka file akan tersimpan di direktori pilihan dengan format PDF.

2. Menggunakan Foxit Reader

Cara mengubah gambar ke PDF yaitu menggunakan aplikasi Foxit Reader. Pastikan kamu sudah memiliki aplikasi Foxit Reader pada laptopmu. Jika belum, silakan unduh terlebih dahulu. Dan cek apakah Foxit Reader telah terdeteksi oleh laptop, cukup kunjungi menu “Settings” dan buka “Devices dan Printers“. Maka di sana akan tertera apakah Foxit Reader telah terpasang atau belum.

  • Pertama Klik kanan pada gambar yang ingin kamu ubah ke PDF.

Klik menu print pada gambar

  • Selanjutnya klik “Print“. Nanti kamu akan diarahkan ke halaman Print Pictures.
  • Pada kolom printer, kamu pilih “Foxit Reader PDF Printer” sebagai device-mu.

Menggunakan Foxit Reader

  • Kemudian Klik Print, lalu pilih direktori dan beri nama sebelum menyimpannya.
  • Jika sudah Klik Save, maka file PDF-mu akan berhasil dibuat.

3. Mengubah gambar ke Pdf secara Online

Cara mengubah gambar ke pdf yang ketiga ini cukup mudah, kamu hanya membuka sebuah situs lalu mengupload file gambar yang akan di ubah ke situs tersebut. Berikut selengkapnya:

  • Buka webiste smallpdf.com/
  • Kemudian klik Pilih File dan Upload gambar yang ingin kamu ubah ke PDF.

Mengubah gambar ke pdf secara online

  • Jika sudah terupload, Anda juga bisa mengaturnya terlebih dahulu di pengaturan yang ada di bawah file.

Mengupload file gambar

  • Kemudian anda klik tombol Buat Pdf Anda Sekarang.
  • Yang terakhir Anda tinggal Download file tersebut dengan mengklik Unduh.

Mendownload file pdf

Baca juga: Cara Mengunci File PDF Agar Tidak Bisa Dicopy

Demikian cara mengubah gambar ke PDF baik secara offline maupun online, mudah bukan?. Semoga tutorial diatas bisa bermanfaat bagi Anda, dan selamat mencoba. Dan jangan lupa baca juga artikel-artikel menarik lainnya dari blog ini ya, Terimakasih.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.