Cara Menghitung Persen di Excel

Cara Menghitung Persentase di Excel – Perhitungan persen adalah salah satu perhitungan yang sangat dibutuhkan pada saat menjalankan pekerjaan yang bersifat jual beli dan sejenisnya. Sehingga menguasai perhitungan persen dalam Excel akan sangat membantu Anda dalam proses pekerjaan Anda. Adapun cara menghitung persen di Excel yang bisa Anda pelajari dalam artikel yang satu ini. Simak hingga selesai agar Anda bisa menguasainya dengan baik.

Persen atau yang dikenal dengan pecahan per seratus merupakan salah satu perhitungan pecahan yang biasanya difungsikan sebagai memberikan diskon atau menyimpulkan keuntungan yang didapatkan. Sehingga untuk Anda yang diwajibkan menggunakan Excel dan harus menguasai perhitungan persen, berikut ini adalah caranya untuk Anda.

Contoh Perhitungan Persen di Excel yang Benar

Ada beberapa contoh perhitungan persen yang bisa Anda lakukan pada aplikasi Excel. Jika Anda ingin mengetahui cara menghitung persen di Excel, maka Anda harus mempelajari cara-cara yang diberikan pada artikel berikut ini. Semoga informasi ini membantu Anda dalam membuat hitungan persen pada Excel.

1. Operasi penjumlahan, pengurungan, perkalian, dan pembagian

Pastinya Anda sudah memahami operasi hitung dengan menggunakan rumus = yang dilanjutkan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Sehingga Anda hanya menerapkan saja bagaimana perhitungan persen secara sederhana.

Jika sesama persen dapat dengan mudah langsung diperhitungkan, namun yang menariknya dari operasi hitung adalah Anda bisa mengoperasikan perhitungan persen dengan decimal. Hasilnya dapat menjadi bentuk persen jika diatur dalam bentuk persen atau bisa juga dalam bentuk desimal jika Anda menginginkan hasilnya adalah desimal.

Baca juga: Cara Freeze Excel Untuk Kolom & Baris

2. Menghitung nilai diskon

Adapun contoh dari menghitung diskon dengan menggunakan Excel adalah sebagai berikut,
Pada cell nomor A2 yang berisi nilai diskon sebesar 10% dan pada cell nomor B2 adalah harga jual sebelum diskon dengan nilai 20.000. Lalu bagaimana cara melakukan perhitungannya?

Caranya cukup mudah. Anda tinggal kalikan saja diskon dengan nilai jual sebelum diskon dengan rumus =A2*B2. Rumus ini nantinya akan menghasilkan nilai diskon yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi nilai jual agar Anda bisa menarik para pelanggan Anda.

3. Menghitung pertumbuhan persentase

Cara lain memanfaatkan persentase pada Excel adalah menghitung pertumbuhan persentase. Perhitungan ini bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui berapa persen keuntungan yang Anda miliki. Cara perhitungannya pun juga bisa Anda gunakan seperti biasanya yaitu dengan mengurangi Nilai 2 dikurangi Nilai 1 lalu hasilnya dibagi Nilai 2.

Nantinya Anda bisa berikan format persen pada hasil perhitungan Anda dan Anda bisa membuktikan bahwa Anda mengalami keuntungan atau kerugian. Anda juga bisa mengetahui adanya pertambahan penduduk menggunakan rumus yang satu ini.

4. Cara menampilkan persen

Pastinya Anda ingin menampilkan persen pada tabel atau data Anda. Maka Anda bisa melakukan block pada data Anda. Lalu Anda bisa tab home dan pilih menu number. Anda bisa langsung klik simbol persen dan hasilnya adalah data Anda dalam bentuk persen. Anda bisa mengatur bentuk persennya dengan menggunakan format number yang bisa diakses klik kanan.

Baca juga: Cara Mengubah Excel ke PDF

Itulah beberapa cara menghitung persen di Excel yang bisa Anda terapkan pada pekerjaan Anda. Pastinya Anda juga bisa mempelajari format number yang lainnya yang membuat Anda bisa membuat tampilan yang berbeda-beda pada data Anda. Semoga informasi ini bisa membuat Anda dalam melakukan perhitungan menggunakan persen. Berlatih teori lainnya agar kemampuan Anda maksimal.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru