Cara Mengganti Font Di Windows 10 dengan Mudah

Cara Mengganti Font Di Windows 10 dengan Mudah – Bagaimana cara mengganti font di Windows 10? Windows 10 merupakan sistem operasi versi terbaru dari Microsoft. Pertama kali diperkenalkan, sistem operasi ini langsung mendapatkan banyak respon positif karena mereka terkesima dengan tampilan yang dibawa oleh Windows 10.

Bahkan banyak orang yang langsung mencoba sistem operasi ini dan memang mereka merasakan sendiri sensasi yang berbeda ketika menggunakan Windows 10 dibandingkan dengan Windows 8.

Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh Windows 10 selain berkaitan dengan tampilannya. Salah satu kelebihan yang dimiliki sistem operasi ini adalah hadirnya pilihan font yang bisa dimanfaatkan oleh para pengguna untuk mengganti font atau format huruf yang ada pada OS tersebut.

Memang jika diperhatikan, font default atau font bawaan yang dimiliki oleh Windows 10 terlihat simpel. Microsoft memang sepertinya bermaksud memberikan sebuah font default yang bisa langsung dikenali oleh mata pengguna.

Akan tetapi, ketika font tersebut berada pada resolusi layar yang kecil, yang ada malah tampilannya terkesan lebih tipis dan juga kurang tegas. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak pengguna mulai menemukan kira-kira font mana yang sesuai untuk semua resolusi layar sehingga tampilannya tetap jelas.

Baca juga: Cara Mengganti Bahasa Di Google Chrome ke Indonesia

Cara Mengganti Font di Windows 10 Secara Menyeluruh

Cara Mengganti Font Di Windows 10 dengan Mudah

Kita tentu ingin mengganti font di Windows 10 baik karena memang ingin mendapatkan font yang lebih baik dari font default maupun karena kita bosan dengan font yang sering kita gunakan. Sayangnya, Windows 10 maupun versi lain seperti Windows 8, dan Windows 7 tidak menyediakan sebuah menu khusus yang bisa dimanfaatkan untuk mengganti font bawaan atau font sistem.

Lalu apakah kita masih bisa mengganti font tersebut? Tentu saja bisa. Untuk bisa melakukannya, yang harus kamu lakukan adalah dengan menambahkan registry entry. Berikut ini akan kami berikan informasinya tentang bagaimana cara yang harus kamu lakukan untuk mengganti font Windows 10.

• Cara mengganti font Windows 10 yang pertama adalah dengan masuk ke Control Panel. Kemudian kamu harus memilih Fonts. Dari sini kamu hanya perlu memilih mana kira-kira font yang kamu inginkan untuk mengganti font lama. Kamu akan mendapatkan banyak referensi tentang apa saja font-font yang bisa kamu instal untuk kamu gantikan dengan font sebelumnya.

• Setelah itu, kamu catat nama font tersebut, bisa kamu catat di kertas atau hanya perlu kamu ingat-ingat saja. Ingat, kamu harus mengingat namanya karena nanti kamu harus menuliskan secara persis tanpa ada kesalahan.

Baca juga: Cara Mengatur Jam dan Tanggal di Windows 10

• Kemudian, kamu harus mengcopy text kode di bawah ini ke notepadmu. Perlu kamu perhatikan bahwa kamu harus mengganti “NAMA-FONT-BARU” dengan nama font yang sudah kamu catat atau kamu ingat sebelumnya misalnya “Calibri“.

Ingat, pastikan kamu benar-benar hafal agar tidak sampai salah ketik. Karena nanti kamu malah tidak bisa mendapatkan font yang kamu inginkan atau malah cara ini tidak akan berhasil.

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Fonts]
"Segoe UI (TrueType)"=""
"Segoe UI Bold (TrueType)"=""
"Segoe UI Bold Italic (TrueType)"=""
"Segoe UI Italic (TrueType)"=""
"Segoe UI Light (TrueType)"=""
"Segoe UI Semibold (TrueType)"=""
"Segoe UI Symbol (TrueType)"=""

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\FontSubstitutes]

"Segoe UI"="NAMA_FONT_BARU"

• Langkah selanjutnya, kamu tinggal menyimpan kode tersebut dalam format .reg. Maksudnya, kamu simpan notepad tersebut dengan di belakangnya kamu beri tambahan format .reg.

• Selanjutnya, kamu harus mengklik dua kali file yang sebelumnya telah kamu buat. Jika masih ada jendela percakapan, kamu tinggal klik OK.

• Langkah terakhir, kamu tinggal merestart komputer atau laptopmu.

Cara Mengembalikan Font Ke Semula

Untuk mengembalikan font ke semula caranya, hampir sama yaitu menggunakan notepad. Silahkan kamu copy kode dibawah ini ke notepad, kemudian simpan dengan format “.reg”. Selanjutnya sama seperti saat mengganti font kemudian kamu klik dua kali file yang dibuat tadi.

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Fonts]
"Segoe UI (TrueType)"="segoeui.ttf"
"Segoe UI Black (TrueType)"="seguibl.ttf"
"Segoe UI Black Italic (TrueType)"="seguibli.ttf"
"Segoe UI Bold (TrueType)"="segoeuib.ttf"
"Segoe UI Bold Italic (TrueType)"="segoeuiz.ttf"
"Segoe UI Emoji (TrueType)"="seguiemj.ttf"
"Segoe UI Historic (TrueType)"="seguihis.ttf"
"Segoe UI Italic (TrueType)"="segoeuii.ttf"
"Segoe UI Light (TrueType)"="segoeuil.ttf"
"Segoe UI Light Italic (TrueType)"="seguili.ttf"
"Segoe UI Semibold (TrueType)"="seguisb.ttf"
"Segoe UI Semibold Italic (TrueType)"="seguisbi.ttf"
"Segoe UI Semilight (TrueType)"="segoeuisl.ttf"
"Segoe UI Semilight Italic (TrueType)"="seguisli.ttf"
"Segoe UI Symbol (TrueType)"="seguisym.ttf"
"Segoe MDL2 Assets (TrueType)"="segmdl2.ttf"
"Segoe Print (TrueType)"="segoepr.ttf"
"Segoe Print Bold (TrueType)"="segoeprb.ttf"
"Segoe Script (TrueType)"="segoesc.ttf"
"Segoe Script Bold (TrueType)"="segoescb.ttf"

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\FontSubstitutes]

"Segoe UI"=-

Konfigurasi Font di Windows 10 Melalui Menu Setting

Untuk melihat konfigurasi font yang sudah terinstal kamu bisa melihatnya melalui menu setting. Nah mengenai langkah-langkahnya kamu bisa ikuti tutorial di bawah ini.

  • Pertama masuk ke menu Windows Setting
  • Lalu pilih Personalization, kemudian Pilih fonts.
  • Kamu bisa melihat semua font yang sudah terinstal di laptopmu
  • Langkah selanjutnya kamu tinggal memilih font mana yang ingin kamu lihat. Misalnya kamu ingin memilih font “Calibri”.
  • Kamu tinggal klik font tersebut, Nanti akan muncul beberapa opsi yang bisa anda pilih, seperti size, jenis dan masih banyak lagi, selengkapnya bisa lihat gambar dibawah ini.

Konfigurasi Font di Windows 10 Melalui Menu Setting

  • Kamu juga bisa menguninstal font yang baru kamu instal jika kamu tidak membutuhkannya lagi.

Baca juga: 3 Cara Mengganti Background Di Windows 10

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengganti font di windows 10. Cara yang sangat mudah dan bisa diterapkan oleh komputer maupun laptop yang menggunakan Windows 10.

One Response

  1. varen September 2, 2020

Leave a Reply