Cara Menggabungkan File PDF Offline dan Online

Cara Menggabungkan File PDF – Cara menggabungkan file PDF sebenarnya tidak sulit. Mungkin kamu merupakan salah satu orang yang pernah menggunakan file PDF. PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format yang merupakan sebuah dokumen yang digunakan untuk pertukaran dokumen secara digital yang mana dokumen ini pertama kali diperkenalkan oleh Adobe System pada 1993.

Di awal kemunculannya, PDF memang dimaksudkan sebagai untuk pertukaran dokumen secara digital. Namun seiring dengan perkembangan waktu, PDF lebih banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan presentasi dokumen dua dimensi yang di dalamnya terdiri dari huruf, grafik, dan juga citra. Ada beberapa alasan mengapa orang lebih banyak menggunakan PDF dibandingkan file dokumen dengan format yang lainnya.

Cara Menggabungkan File PDF Offline dan Online

Kelebihan File  PDF

Beberapa kelebihan tersebut akan kami jelaskan seperti di bawah ini:

1. PDF Bersifat Fleksibel

Kelebihan menggunakan PDF yang pertama adalah lebih fleksibel dan mudah digunakan dibandingkan dokumen dengan format yang lain. Kamu bisa membuka dokumen berformat PDF di perangkat apapun, apakah itu komputer, laptop, maupun smartphone.

Meskipun kamu membuka di perangkat yang berbeda pun tidak akan mempengaruhi kualitasnya. Artinya, file dokumen tersebut tetap akan memiliki kualitas yang sama. Coba kamu bandingkan dengan file dokumen Microsft yang terkadang mengalami perubahan kualitas ketika kamu membukanya di Smartphone.

2. PDF Dilengkapi Dengan Fitur Lock

Kelebihan yang kedua dari file PDF adalah file ini dilengkapi dengan sebuah fitur pengunci. Fitur tersebut diberi nama fitur lock yang tentunya akan menguntungkanmu dimana filemu tersebut tidak akan bisa dicopy atau disalin oleh orang lain sehingga mereka tidak bisa melakukan plagiarisme.

3. PDF Dapat Menyimpan Gambar

Kelebihan yang ketiga dari penggunaan file berformat PDF adalah file ini bisa digunakan untuk menyimpan gambar. Gambar yang kamu simpan bisa berupa foto maupun grafik. Lalu bagaimana dengan ukurannya? Meskipun bisa digunakan untuk menyimpan banyak gambar namun ukurannya masih bersahabat alias tidak besar.

Baca juga: Cara Download Video Youtube Dengan Mudah

Sebenarnya masih banyak kelebihan lain dari file format PDF dibandingkan file dengan format yang lain. Inilah yang membuat banyak orang lebih menggunakan file dokumen yang berformat PDF. Lalu bagaimana cara menggabungkan file PDF? Inilah keunggulan lain yang dimiliki oleh file ini dimana kamu bisa menggabungkan beberapa file menjadi satu.

Menggabungkan File Pdf dengan Adobe Reader

Menggabungkan File Pdf dengan Adobe Reader

Langkah-langkahnya silahkan simak penjelasan berikut ini:

  • Pertama, kamu harus mendownload aplikasi bernama Adobe Reader.
  • Kedua, kamu instal aplikasi tersebut. Ketika kamu sudah memasuki jendela utama aplikasi ini, maka yang harus kamu lakukan adalah memilih menu Tools yang posisinya ada di pojok kiri.
  • Setelah itu, kamu piliih combine files.
  • Klik tombol Add Files yang berwarna biru untuk bisa menambahkan beberapa file PDF agar bisa digabungkan menjadi satu. Jika kamu sudah selesai memilih file PDF mana saja yang akan kamu gabungkan, maka selanjutnya kamu tinggal klik Combine.
  • Jika sudah, jangan lupa untuk menyimpan file tersebut di folder mana saja yang kamu inginkan.

Menggabungkan File Pdf dengan Foxit Reader

Menggabungkan File Pdf dengan Foxit Reader

Sementara untuk cara menggabungkan file PDF menggunakan Foxit Reader akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Pertama, kamu download dan instal aplikasi Foxit Reader.
  • Kedua, kamu pilih File – Create – From Multiple Files.
  • Tunggu tampilan baru muncul, kemudian di bagian bawah tampilan tersebut. Lalu kamu harus mencentang Merge Multiple Files into a Single PDF File.
  • Untuk menambahkan file, maka kamu harus mengklik Add Files sampai kamu selesai menentukan file mana saja yang akan kamu gabungkan.
  • Kemudian klik OK

Mengabungkan File Pdf Secara Online

Selain menggunakan kedua cara diatas kamu juga bisa menggabungkan file pdf secara online, cara ini terbilang lebih praktis dan efisien apa lagi jika kamu tidak mempunyai salah satu aplikasi diatas. Yuk simak tutorialnya.

Setelah terbuka klik button Unggah File

  • Setelah terbuka klik button “Unggah File”. kamu bisa mengupload 2 atau lebih file pdf yang akan kamu gabungkan.

Kemudian kamu klik Gabungkan

  • Jika sudah selesai terupload. Kemudian kamu klik “Gabungkan”
  • Nanti secara otomatis hasil file pdf yang sudah tergabung akan terdownload.

Baca juga: Cara Backup Dokumen di Microsoft Word Secara Otomatis

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu ikuti jika kamu ingin menggabungkan file pdf. Kamu bisa memilih menggunakan cara yang offline dan juga yang online. Selamat mencoba!

Leave a Reply