Cara Mengecilkan Ukuran Foto atau Gambar Di Komputer

Cara Mengecilkan Ukuran Foto atau Gambar Di Komputer РSeperti yang Anda ketahui bahwa pengambilan gambar atau foto menggunakan kamera digital/SLR memiliki ukuran file yang besar. Rata-rata file tersebut berkisar antara 1 MB sampai dengan 5 MB. Bahkan ada beberapa produk keluaran terbaru yang lebih besar dari itu. Beberapa kamera HP juga menghasilkan ukuran file yang besar, apalagi kualitas yang dihasilkan sangat bagus.

Tentu ini akan menjadi masalah bagi Anda jika Anda akan mengirimkan foto kepada form aplikasi lowongan yang membutuhkan ukuran kecil dibawah 1 MB, mengirim foto lewat email, dan bahkan bisa membuat komputer Anda lambat saat file foto dimasukkan kedalam dokumen (word). Oleh karena itu perlu bagi Anda untuk mengecilkan ukuran file foto tersebut kedalam ukuran yang lebih kecil.

Dalam mengecilkan ukuran file foto bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai softwere tertentu, seperti photoshop dan microsoft office yang juga menyediakan tools tersendiri untuk mengedit foto dan mengecilkan ukuran filenya. Program tersebut bernama Microssoft Office Picture Manager. Dengan menggunakan aplikasi Microssoft Office Picture Manager Anda dapat mengecilkan ukuran file kedalam 3 golongan yaitu dokumen, website dan email.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto atau Gambar Di Komputer

Menariknya adalah Anda tak perlu repot mengunduh aplikasi editor foto terlebih dulu. Karena kebanyakan program Microssoft Office Picture Manager sudah terinstal bersamaan dengan program microsoft lainnya. Di tulisan ini contoh yang digunakan adalah Microssoft Office Picture Manager spesifiknya disini adalah Microsoft Office 2010.

Baca juga: Cara Mengganti Password Login di Windows 10

Cara Mengecilkan Ukuran Foto atau Gambar Di Komputer

Berikut langkah langkah yang bisa digunakan dalam megecilkan ukuran foto atau gambar :

1. Silahkan Anda pilih foto yang ingin Anda kecilkan.

2. Setelah itu klik kanan pada foto, pilih open with dan kemudian klik microsoft office 2010.

3. Setelah Anda klik akan muncul panel gambar seperti dibawah ini.

4. Jika yang muncul seperti gambar diatas silahkan Anda klik Edit Pictures, sehingga akan memunculkan tampilan gambar.

5. Kemudian, untuk mulai mengecilkan gambar Anda klik Compress Pictures pada panel Edit Pictures dibagian Change Picture Size yang sudah ditampilkan sebelumnya.

6. Setelah Anda klik, akan muncul gambar seperti dibawah ini dimana akan tersedia 3 golongan yaitu dokumen, web pages dan E-mail massage yang memiliki masing-masing detail ukuran yang berbeda.

7. Sebelum klik OK, Anda bisa melihat pada bagian Estimated total Size dimana disana akan muncul berapa ukuran aslinya hingga estimasi hasil pengecilan gambar tersebut. sehingga Anda bisa memilih diantara 3 golongan diatas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

8. Setelah itu Anda bisa klik OK, seperti gambar dibawah ini

9. Kemudian klik save, dan hasilnya akan langsung terlihat pada gambar yang Anda pilih.

Sekian tutorial cara mengecilkan ukuran Foto atau gambar menggunakan aplikasi Microssoft Office Picture Manager pada Microsoft Office 2010, jika ada yang lebih mahir dalam menggunakan aplikasi lainnya tentu sangat disarankan untuk menggunakannya, karena dalam hal mengedit sebuah foto kenyamanan seorang editor sangat penting untuk bisa menghasilkan karya terbaik.

Baca juga: Cara Membuka Dokumen MS Word Yang Terkunci

Jadi sekarang Anda tak perlu bingung lagi jika membutuhkan foto dengan ukuran yang lebih kecil. Anda bisa mencoba tutorial ini dan semoga berhasil!

Leave a Reply