4 Cara Mengatur Spasi di Word dengan Cepat dan Praktis!

Cara mengatur spasi di word sangatlah mudah, namun kebanyakan orang belum mengetahuinya. Jika kamu belum tahu juga, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Spasi adalah hal yang penting dalam seni tulis-menulis. Bayangkan saja bila kamu tak menggunakan spasi saat menulis. Apa masih bisa membaca apa yang sudah kamu tulis tadi?

Apa malah pening karena melihat huruf-huruf berdempetan seperti semut yang sedang berjuang mengangkat kecoak yang telah mati? Bila pusing berarti mengatur spasi pada saat menulis itu sangat penting juga bagi kamu.

Nah, dalam perangkat pengolah kata Microsoft Word ada beberapa langkah untuk mengatur spasi, lho. Caranya praktis dan simpel. Bagi kamu yang masih menggunakan cara manual dengan menekan tombol spasi atau Enter di keyboard, lebih baik cek caranya di bawah ini. Sebab, selain praktis bisa membuat teks di lembar kerja jauh lebih rapi.

Cara Mengatur Spasi di Word

1. Cara mengatur spasi antar huruf atau karakter di word

Mengatur spasi atau kerapatan antar huruf bisa dilakukan dengan mudah, lho. Simak caranya di bawah ini, yuk!

1. Kamu pilih kalimat, kata, atau paragraf yang ingin diubah spasi per karakternya. Caranya dengan melakukan blok pada teks yang kamu inginkan.

2. Kemudian pada tab Beranda klik Peluncur Kotak Dialog Font yang ada di samping kanan tulisan font yang berbentuk ikon panah ke bawah. Kamu bisa juga menekan tombol CTRL + D di keyboard untuk mempersingkat.

Cara mengatur spasi antar huruf atau karakter

3. Selanjutnya tekan tab Advanced atau tingkat lanjut.

4. Lalu dalam kotak Spacing kamu bisa memilih Expanded (diperluas) atau Condensed (dirapatkan). Lanjutkan dengan memilih berapa jarak spasi yang kamu inginkan pada kolom sampingnya yang bertulis ‘by‘.

Mengatur spasi di word antar huruf

5. Selesai. Sekarang kamu tinggal melihat hasil dari kalimat atau paragraf yang spasinya sudah diatur pada lembar kerja.

Baca juga: 2 Cara Menampilkan Garis Tepi di Word dengan Mudah

2. Cara mengatur spasi antar kata di word

Kalau yang satu ini adalah cara mengatur spasi antar kata. Jadi, bila kamu ingin membuat jarak antara satu kata dengan kata yang lainnya berdekatan bisa menggunakan cara di bawah ini.

1. Pertama tentu saja kamu harus memilih paragraf atau kalimat yang ingin diatur spasinya. Caranya mudah saja, karena tinggal melakukan blok pada teks yang kamu pilih.

2. Kemudian pada tab Home atau Beranda kamu bisa menekan “Peluncur Kotak Dialog Font“. Bisa juga menggunakan keyboard dengan menekan tombol CRTL + D.

Buka advandced font setting

3. Selanjutnya klik tab Advandced.

4. Nah, pada pilihan Scale atau Skala kamu sudah bisa mengatur spasi per katanya. Bila ingin berdekatan tinggal pilih skala kurang dari 100%. Begitu juga sebaliknya, jika kamu memilih skala lebih dari 100% maka akan terlihat renggang.

Cara mengatur spasi antar kata di word

5. Selesai. Sekarang kamu tinggal melihat hasilnya di bagian lembar kerja.

3. Mengatur spasi antar baris di word

Selain antar kata dan per huruf, kamu juga bisa mengatur spasi antar baris. Caranya juga tak sulit. Bila kamu belum tahu, simak langkah-langkahnya di bawah ini, ya!

1. Langkah pertama kamu perlu memilih paragraf dengan blok.

2. Kemudian klik menu Design yang ada di atas lembar kerja.

3. Selanjutnya kamu tekan Paragraph Spacing. Sehingga akan muncul jendela menu pilihan spasi.

Mengatur spasi antar baris di word

4. Silakan pilih spasi antar baris yang kamu inginkan. Misalnya kamu ingin merenggangkan baris, tinggal klik Double maka baris teks di dokumen akan langsung berubah.

Baca juga: Cara Mengatur Ukuran Kertas di Word, Excel dan Powerpoint

4. Mengatur spasi antar paragraf di word

Bila tadi adalah spasi antar baris, di Word kamu juga bisa mengatur spasi antar paragraf. Nah, berikut ini cara yang bisa kamu coba terapkan pada dokumenmu.

1. Pertama tentu saja kamu harus melakukan blok pada paragraf yang ingin diubah spasinya.

2. Kemudian klik menu Home atau Beranda.

3. Lalu kamu perlu menekan Paragraph Settings untuk memunculkan dialog paragraf di layar komputer.

Buka paragraf settings

4. Selanjutnya di bagian Spacing pada tab Indents and Spasing, kamu perlu mengubah pada nilai yang ada di kolom Before dan After.

Mengatur spasi antar paragraf

5. Kemudian isi bagian Before dengan jarak yang kamu inginkan antara paragraf terpilih dengan paragraf sebelumnya.

6. Sementara isi bagian After dengan besarnya jarak spasi paragraf terpilih dengan jarak paragraf selanjutnya.

7. Setelah selesai mengatur jarak spasi yang kamu inginkan, lalu hilangkan tanda centang pada “Don’t add space between paragraphs of the same style”. Sebab kalau kamu membiarkan tanda centang di sana, spasi antar paragraf yang telah kamu atur tak akan muncul di lembar kerja.

8. Lanjut klik OK, maka pengaturan spasi antar paragraf telah selesai.

Baca juga: 3 Cara Menambah Halaman di Word, Simpel dan Praktis!

Nah, itulah beberapa cara mengatur spasi yang bisa kamu gunakan agar dokumen atau naskah cerita yang tengah kamu susun di Word lebih rapi. Sehingga tidak membuat sakit mata untuk orang yang membaca karyamu.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.