3 Cara Menambah Halaman di Word, Simpel dan Praktis!

Cara menyisipkan atau menambah halaman di word sangatlah mudah untuk dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti langkah-langkahnya.

Saat baru saja membuat dokumen baru di Microsoft Word, kamu hanya akan disuguhi satu halaman kosong. Satu halaman di lembar kerja bisa bertambah secara otomatis bila kamu sudah menggunakannya untuk menulis hingga halamannya penuh. Lantas bila kamu ingin menulis di halaman baru tanpa perlu menunggu penuh bagaimana caranya?

Bila kamu menggunakan Enter sampai halaman baru terbuka, rasanya itu kurang efisien. Pasalnya terkadang setelah kamu membaca ulang, pasti akan ada beberapa kalimat yang mungkin akan kamu hapus atau perlu ditambah. Jadi, jika menggunakan Enter, kamu perlu mengecek lagi batas halamannya. Bila batas halaman itu ada lebih dari 10 bagaimana? Pasti repot harus memeriksa satu per satu.

Daripada menggunakan cara-cara tersebut, alangkah lebih baiknya kamu mengikuti beberapa cara berikut. Cara-cara ini sudah disiapkan oleh Microsoft untuk menambah halaman kosong pada lembar kerja di Word.
Simak langkahnya satu per satu dan dengan teliti, ya!

Cara menambah halaman di Word dengan fitur Blank Page

Fitur pertama yang berguna untuk menambah halaman baru yakni Blank Page. Dengan menggunakan fitur yang satu ini kamu bisa membuat halaman baru dengan mudah dan praktis.

Bahkan kamu tak perlu khawatir pada penomoran halaman yang telah kamu buat. Sebab secara otomatis nomor halaman akan ikut berubah.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah menambah halaman menggunakan Blank Page di Word yang bisa kamu terapkan.

1. Buka dokumen atau buat dokumen baru.

2. Setelah itu pilih di bagian mana kamu ingin menambah halaman. Caranya simpel, cukup letakkan kursor di bagian bawah halaman tersebut.

3. Pilih menu Insert yang ada di atas lembar kerja.

4. Lalu pada bagian menu Pages klik Blank Page.

Cara menambah halaman di word dengan mudah

5. Seketika kamu akan menemukan halaman kosong baru di bawah halaman yang kamu pilih tadi. Selesai dengan mudah ‘kan bila menggunakan cara ini.

Baca juga: Ukuran Kertas F4 dan Cara Mengaturnya di Microsoft Word

Cara menambah halaman baru dengan fitur Page Break

Kamu juga bisa menggunakan Page Break untuk membuat halaman baru di word. Caranya juga cukup mudah kok. Bahkan bisa lebih mudah dari menggunakan Enter berkali-kali dengan keyboard.

1. Bila setelah selesai menulis akhir bab pertama pada naskah novel misalnya, biarkan kursor berada di bawah teks.

2. Lalu pilih menu Insert, lanjut centang atau pilih pilihan Page Break.

Cara menambah halaman di word dengan page break

3. Dalam sekejap saja kamu akan melihat halaman baru telah muncul di lembar kerja. Tepat berada di bawah kursor atau halaman terakhir bab pertama naskah novelmu.

Namun, cara ini bisa menghilangkan aturan format pada halaman sebelumnya. Jadi kamu perlu mengatur formatnya lagi agar sesuai dengan halaman sebelumnya atau malah membuat format baru yang berbeda.

Baca juga: Cara Mengatur Ukuran Kertas di Word, Excel dan Powerpoint

Menggunakan kombinasi tombol di Keyboard

Dari kedua tutorial di atas, ada dua cara yang jauh lebih cepat dan praktis untuk membuat halaman baru di Word. Yap, tentu saja dengan menggunakan Shortcut atau tombol kombinasi di keyboard.

Berikut ini cara menggunakan kombinasi tombol keyboard untuk membuat halaman baru.

1. Pastikan bila kursor telah berada di bagian bawah teks pada halaman yang kamu pilih.

2. Selanjutnya tinggal tekan tombol Ctrl dan Enter secara bersamaan.

3. Sekarang kamu bisa melihat kalau di bawah kursor sudah ada halaman baru

Selain dengan menggunakan Ctrl+Enter, kamu juga bisa menggunakan Alt+I untuk menambah halaman baru. Simak caranya berikut ini!

1. Sudah pasti harus meletakkan kursor di bagian halaman yang kamu pilih.

2. Kemudian tekan tombol keyboard Alt dan huruf ‘I‘ secara bersamaan.

3. Setelah itu tekan tombol ‘B‘. Sehingga bisa memunculkan kotak dialog Break.

4. Di sana kamu lalu centang atau klik pada pilihan “Page Break” yang ada di bagian paling atas. Lanjut tekan OK.

5. Kamu pun bisa melihat halaman baru tepat di bawah kursor.

Begitulah cara-cara menambah halaman baru menurut aturan Microsoft Word. Jauh lebih praktis ‘kan bila dibanding menggunakan Enter atau spasi berulang-ulang.

Baca juga: Cara Memberi Password di Document Ms Word Agar Aman

Bahkan ada yang sekali klik langsung berubah seperti penggunaan kombinasi tombol. Jadi, mulai sekarang yuk gunakan cara-cara yang tepat dalam pengoperasian segala hal. Bukan ingin melarang cara alternatif, hanya saja bila ada cara yang praktis dan sesuai aturan. Mengapa terus menggunakan alternatif yang bisa merepotkanmu suatu hari nanti.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *