Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Windows 10

Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Windows 10 – Saat ini kebutuhan kita akan perangkat kerja mobile sangatlah dibutuhkan. Mengingat saat ini hampir seluruh aktivitas dapat dilakukan secara daring (online). Sehingga perangkat mobile seperti laptop, Smartphone, dan tablet begitu penting peranannya. Menggunakan laptop untuk pemakaian sehari-hari tentunya harus merasa nyaman supaya tidak mengganggu produktivitas kita, nyaman di sini berarti perangkat yang kita gunakan pas untuk kita.

Beberapa hal yang mungkin saja mempengaruhi tingkat kenyamanan antara lain seperti kondisi layar, kecepatan prosesor, kapasitas memori internal hingga kapasitas RAM. Hal-hal tersebut tentunya kembali lagi kepada kita sebagai user, spesifikasi seperti apa yang memang cocok untuk digunakan sehari-hari.

cara mengatur kecerahan layar laptop windows 10

Jika anda adalah seorang video editor, maka jelas komponen laptop seperti layar yang baik sangat mempengaruhi kualitas pekerjaan. Belum lagi pada saat ingin melakukan rendering dibutuhkan prosesor yang cepat sehingga hasil video dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan menghemat waktu. Bila anda seorang game reviewer, maka kecepatan prosesor, kapasitas memori internal, RAM dan kartu grafis menjadi penting supaya game yang akan di ulas dapat berjalan dengan baik. Dari contoh di atas sudah jelas bahwa kebutuhan seseorang pasti akan berbeda karena tidak semuanya memiliki pekerjaan atau aktivitas yang sama.

Selain itu, saat menggunakan laptop untuk beraktivitas hal yang juga patut diperhatikan adalah kecerahan layar laptop itu sendiri. Jangan sampai layar terlalu cerah ataupun terlalu gelap gelap. Pemilihan tingkat kecerahan begitu penting lantaran layar yang tidak nyaman dapat membuat penggunanya merasa lebih cepat lelah dikarenakan cahaya yang dihasilkan terlalu cerah. Sebaliknya, apabila cahaya terlalu gelap juga dapat membuat penglihatan kita lelah karena harus memaksa melihat layar dengan asupan cahaya yang bukan semestinya.

Baca juga: Cara Mengganti Resolusi Layar Di Windows 10

Pada praktiknya, mata kita disarankan untuk melihat ke layar laptop selama 20 menit lalu dianjurkan untuk melakukan break sementara. Seperti melihat objek selain layar laptop, istilah ini biasa disebut sebagai 20-20-20 rule. Yaitu aturan yang menganjurkan kita untuk melihat ke layar selama 20 menit, beristirahat selama 20 detik, dan jarak sebesar 20 kaki.

Maka pengaturan kecerahan layar perlu dilakukan dengan baik supaya menghasilkan tingkat kecerahan yang sesuai dengan kebutuhan kita. Berikut langkah-langkah untuk mengatur tingkat kecerahan layar laptop pada Windows 10:

3 Cara Mengatur Kecerahan Layar di Laptop Windows 10

1. Melalui Desktop

  • Bukalah pengaturan dengan cara klik kanan pada desktop lalu pilih menu Display Settings.

Mengatur Kecerahan Layar Laptop melalui desktop

  • Setelah memilih menu display pada kiri layar, maka akan muncul pengaturan kecerahan layar yang bisa anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Mengatur display

2. Melalui Keyboard

Untuk cara ini sebenarnya tidak terbatas pada windows 10 saja. Namun dapat berlaku ke sebagian atau bahkan semua jenis laptop apabila memiliki tombol berlogo cahaya pada keyboard nya. Jika ada, maka akan terdapat dua tombol yaitu tombol berlogo cahaya dan bertanda plus serta tombol berlogo cahaya bertanda minus, plus dan minus di sana berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan tingkat kecerahan cahaya.

3. Mengatur Kecerahan Layar Melalui Action Center

Mengatur Kecerahan Layar action center

Cara selanjutnya adalah melalui panel action center yang terdapat di pojok kanan bawah layar. Pilih logo cahaya dan anda sudah dapat mengatur tingkat kecerahan yang anda inginkan.

Baca juga: Cara Memperbesar Resolusi Foto Online dan Offline

Seperti itu lah beberapa cara yang dapat digunakan anda sebagai pengguna laptop bersistem operasi Windows 10. Untuk menaikkan dan menurunkan tingkat kecerahan cahaya pada laptop. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara mengatur kecerahan layar computer windows 10.

Leave a Reply