Cara Mengatasi Lupa Password Gmail

Cara Mengatasi Lupa Password Gmail dengan mudah

Kamu lupa password gmail mu? Tenang saja hal ini biasa terjadi. Yang terpenting jangan panik dan harus segera kamu atasi. Simak cara mengatasi lupa password gmail berikut ini.

Password Gmail memang menjadi hal yang sangat vital, terutama belakangan ini. Ini terjadi karena akun gmail merupakan yang paling banyak digunakan orang untuk melakukan proses email untuk urusan apapun.

Banyak orang yang lebih memilih membuat akun Gmail karena alasan lebih mudah dan banyak fiturnya. Salah satu fitur yang didapatkan adalah akses hanya dengan satu akun pada berbagai fitur Google.

Ada banyak orang yang memiliki akun gmail, hal ini dilakukan orang untuk lebih bisa mengatur filenya yang tersimpan dalam google drive. Karena banyaknya akun kemudian ada yang lupa apa password atau kata sandi untuk masuk ke Gmail.

Tapi jangan panik, kami akan membantu kamu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Cara Mengatasi Lupa Password Gmail

Ada beberapa alasan orang yang sering lupa terhadap passwordnya, kemungkinan pertama adalah karena password terlalu panjang. Atau juga bisa karena terlalu memiliki akun banyak.

Jika anda masih bisa mengaksesnya maka kemungkinan bisa dikembalikan dalam keadaan semula, jadi jangan panik ketika anda lupa password gmail.

Cara mengembalikan password gmail sangatlah mudah, cara pertama adalah dengan melakukan proses masuk seperti biasanya. Masukkan nama akun gmail kamu, kemudian masukkan password yang kamu ingat.

Masuk ke akun gmail seperti biasa

Sebelumnya, coba ingat-ingat password yang kamu gunakan, jika masih belum berhasil maka klik menu lupa password atau sandi. Setelahnya kamu akan dibawa pada menu pemulihan password gmail.

Mengatasi lupa sandi gmail

Pada menu ini kamu harus memasukkan password yang kamu ingat, setelah itu kamu akan menerima SMS dari google yang merupakan kode verifikasi untuk melanjutkan proses pemulihan.

Mengirim kode verifikasi lewat sms

Setelah menerima kode verifikasi, maka masukkan kode tersebut pada menu yang telah disediakan. Jika sudah kamu masukkan, kemudian klik tombol berikutnya, setelah itu kamu akan dibawa pada menu pemulihan akun gmail.

Memasukkan kode verifikasi

Jika ditakutkan akan lupa lagi, kamu juga bisa menggantinya. Gantilah password dengan kata mudah diingat tapi tetap aman.

Tapi cara tersebut hanya bisa dilakukan jika gmail terhubung dengan nomor kontak hp kamu. Jika tidak, maka gunakan cara yang kedua ini.

Baca juga: Cara Menghapus Akun Google di Android

Pemulihan Password dengan Email

Syarat yang dibutuhkan adalah sama seperti cara pertama tadi, yakni harus memiliki email yang terhubung dengan gmail yang lupa password tadi. Jika memilikinya maka masuklah pada gmail yang lupa password tadi.

Sama seperti tadi masukkan nama akun dan password yang kamu ingat terakhir. Klik berikutnya, kamu akan dibawa pada menu pemulihan akun, tapi jika tidak bisa maka klik coba cara lain.

Setelah itu gmail akan mengirimkan verifikasi pemulihan akun pada email yang terhubung pada gmail yang lupa kata sandi tadi.

Jika sudah, maka cek akun gmail yang menjadi pemulih akun. Cek emailnya apakah ada email dari pihak google. Email yang masuk adalah kode verifikasi untuk pemulihan akun gmail. Masukan kode pada menu yang telah tersedia di tampilan gmail yang rusak tadi.

Lalu klik berikutnya, kemudian di menu pemulihan akun kamu bisa melihat passwordmu atau bisa juga langsung memulihkan password gmail dengan menggantinya yang lebih mudah.

Setelah proses berjalan lancar, maka akun gmail kamu sudah bisa dibuka kembali. Saat proses pemulihan akun kamu bisa menggantinya dengan password yang lebih mudah. Tapi yang harus diingat adalah dengan tetap memperhatikan keamanan dari password tersebut.

Kadang lupa password gmail adalah hal yang biasa terjadi, yang tidak boleh kamu lakukan adalah saat lupa password kemudian kamu membuat akun gmail yang lainnya. Ini akan membuat menjadi sering lupa, karena kebanyakan akun yang telah dibuat.

Baca juga: Cara Memblokir Email di Gmail

Itulah beberapa cara mengatasi lupa password gmail yang bisa kamu ikuti. Semoga apa yang sudah di sampaikan diatas bisa bermanfaat. Dan jangan lupa baca juga artikel-artikel menarik lainnya dari selembar.com, terimakasih.

Leave a Reply