10 Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Mencetak File

Saat ini Google Chrome merupakan browser yang paling banyak digunakan, entah itu di komputer atau ponsel. Hal ini karena Google Chrome memiliki banyak ekstensi yang bisa digunakan, setelan fitur yang bagus dan selalu update secara berkala.

Meskipun cukup handal, bukan berarti Chrome akan berjalan tanpa masalah. Salah satu yang dikeluhkan oleh pengguna Chrome yaitu tidak bisa mencetak file. Jika kamu sedang mengalami hal serupa, pada kesempatan kali ini kami akan membantumu memperbaiki masalah jika Google Chrome yang tidak bisa mencetak file. Berikut ulasannya.

Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Mencetak File

10 Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Mencetak File

1. Restart Google Chrome

Cara paling dasar untuk memperbaiki Chrome jika tidak bisa mencetak file yaitu dengan merestartnya. Untuk caranya sangatlah mudah, pada jendela Google Chrome, ketikkan chrome://restart di kotak pencarian, kemudian tekan Enter. Cara ini akan menutup semua tab dan ekstensi yang berjalan dan merestart Google Chrome.

2. Menggunakan Shortcut Ctrl+Shift+P

Cara kedua yang bisa kamu gunakan saat Google Chrome tidak bisa mencetak file yaitu menggunakan Shortcut dengan menekan Ctrl+Shift+P pada Keyboard untuk membuka jendela Print.

Namun cara ini hanya digunakan jika kamu ingin mencetak file saja. Sedangkan masalah Google Chrome tidak bisa mencetak file masih tetap ada.

Baca juga: Cara Install Ekstensi Di Google Chrome Dengan Mudah

3. Menghapus Printer Yang Tidak Digunakan

Jika kamu menginstal beberapa driver printer di komputermu, mungkin akan muncul masalah saat kamu akan mencetak file. Untuk memperbaikinya, kamu bisa menghapus beberapa driver printer yang tidak digunakan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama tekan tombol Windows+I untuk membuka jendela Settings. Lalu klik menu Devices.
  • Selanjutnya buka tab Printers & Scanners. Di sini kamu akan melihat daftar printer yang terhubung ke komputermu.
  • Untuk menghapusnya klik salah satu yang ingin dihapus, kemudian klik tombol Remove Device.

Ulangi proses ini jika kamu ingin menghapus beberapa driver printer yang tidak diperlukan.

4. Periksa Antivirus

Terkadang, program antivirus di komputer juga bisa mencegah Google Chrome mencetak file, terutama jika kamu menggunakan printer nirkabel. Untuk mengatasinya, kamu bisa menonaktifkan program antivirus untuk sementara dan lihat cara ini bekerja atau tidak.

5. Edit Temp Folder Permissions

Jika masalah file yang tidak bisa dicetak hanya terjadi di Google Chrome saja, maka bisa mencoba mengedit Temp Folder Permissions. Untuk melakukannya kamu bisa mengikuti cara di bawah ini.

  • Mula-mula tekan tombol Windows+E pada keyboard untuk membuka file Explorer. Kemudian masuk ke folder C:\Users\UserName\AppData\Local, jangan lupa ganti “username” dengan milikmu.
  • Kemudian, klik kanan pada folder Temp untuk membuka Properties.
  • Pada jendela Properties, alihkan ke tab Security dan klik tombol Edit.
  • Di Bawah Permission for System, centang kotak disebelah Full Control dan klik OK.

Sekarang tinggal reboot komputermu dan coba kamu mencetak file di Google Chrome sudah bisa atau belum.

6. Menghapus Browsing Data

Sama seperti browser lainnya, Google Chrome juga mengumpulkan cache dan cookie untuk meningkatkan pengalaman browsingmu. Tetapi ketika data itu sudah lama dan rusak, itu akan mengganggu dari pada membantumu.

Kamu bisa mencoba membersihkan data browsing yang lama dari Chrome untuk melihat cara ini bekerja atau tidak.

Baca juga: 2 Cara Melihat Password Di Google Chrome Dengan Mudah

7. Jalankan Pemindaian SFC & DISM

File sistem yang rusak atau hilang juga bisa menjadi penyebab tidak bisa mencetak file di Google Chrome. Untuk mengatasinya kamu bisa mencoba menjalankan pemindaian SFC atau System File Checker yang dapat mendiagnosis dan memperbaiki file sistem tersebut sendiri. Berikut caranya:

  • Pertama klik kanan menu Start dan pilih opsi Windows Terminal (Admin)
  • Kemudian ketikkan SFC/scannow, lalu tekan Enter.

Setelah pemindaian selesai, restart Komputermu. Jika masalah masih ada, kamu juga bisa mencoba melakukan pemindaian DISM atau Deployment Image Servicing and Management. Ini mirip dengan pemindaian SFC, Namun DISM dapat memperbaiki gambar dan file sistem di Windows-mu. Berikut cara menjalankannya.

Buka terminal Windows dengan akses administrator dan masukkan perintah di bawah ini satu-persatu.

DISM /Online /Cleanup-Image /CheckHealth
DISM /Online /Cleanup-Image /ScanHealth
DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

Sekarang restart komputermu dan coba apakah Google Chrome sudah bisa mencetak file atau belum.

8. Menyetel Ulang Google Chrome

Jika cara diatas masih gagal, kamu bisamenyeting ulang Google Chrome. Tetapi perlu diingat, menyetel ulang Google Chrome akan menghapus semua ekstensi, cache dan riwayatmu di Google Chrome. Nah, untuk caranya kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi Google Chrome, ketikkan chrome://settings/reset di kotak alamat dan tekan Enter.
  • Sekarang kembalikan pengaturan ke opsi Default.
  • Pada pop-up konfirmasi, klik Reset Settings untuk mengkonfirmasi.

Jika ingin menggunakan semuanya, kamu bisa mencopot pemasangan Google Chrome dan menginstallnya lagi. Tetapi, ini akan menghapus semua data yang terkait dengan Google Chrome di komputermu dan memulainya dari awal.

9. Jalankan Troubleshooter

Apabila Google Chrome masih tidak bisa mencetak file, mungkin masalahnya di tingkat sistem. untuk memperbaikinya, kamu bisa mencoba menjalankan troubleshoot pada printer dan membiarkannya memperbaiki masalah.

10. Install Ulang Driver

Terakhir, jika cara di atas masih belum berhasil, mungkin driver printer pada komputermu sudah lama tidak update atau tidak kompatibel. Apabila iya, kamu bisa memperbaruinya.

Dan jika masalah masih ada, mungkin drivernya yang rusak, jadi kamu harus menghapusnya. Setelah dihapus restart komputermu dan install driver yang baru.

Baca juga: Cara Export Password Google Chrome, Mudah Tanpa Ribet

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika tidak bisa mencetak file di Google Chrome. Kamu bisa mencoba satu-persatu cara di atas sampai Google Chrome benar-benar bisa mencetak file kembali.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.