Cara Mempercepat Kinerja Laptop yang Lemot

Cara Mempercepat Kinerja Laptop yang Lemot – Memiliki komputer lemot akan membuat siapapun pemiliknya pasti frustasi. Tugas kantor, tugas sekolah, maupun keperluan lainnya akan sulit dikerjakan di komputer yang lemot. Maka solusi yang mereka ambil adalah meminjam laptop orang lain atau malah pergi ke warnet untuk mengerjakan tugas. Kondisi seperti ini tentu tidak bisa dibiarkan karena kamu tidak bisa terus-terusan pinjam laptop teman atau pergi ke warnet.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop yang Lemot

Padahal jika diperhatikan sebenarnya spesifikasi laptopmu tidak jelek dan bahkan lebih bagus dibandingkan laptop yang kamu pinjam. Maka dari itu, lebih baik kamu segera mengetahui cara mempercepat kinerja laptop yang lemot. Dengan begitu, kamu bisa kembali menggunakan laptopmu untuk keperluan kerja, sekolah, atau hanya sekedar untuk bermain game.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop yang Lemot

Berikut ini beberapa cara agar laptop yang kamu miliki tidak lemot lagi.

1. Memperbesar Kapasitas RAM dan Harddisk

Memperbesar Kapasitas RAM dan Harddisk

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan meningkatkan kapasitas RAM dan HDD. Laptop yang kerap diminta menjalankan multitasking yang berat akan menyebabkan laptop tersebut lemot. Dengan mengupgrade RAM, maka cara ini bisa menjadi sebuah solusi yang paling baik dan tercepat jika memang masalahnya ada pada kapasitas RAM.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kapasitas dari harddiskmu. Jika ternyata kamu mendapati kapasitas harddisk yang sudah tinggal dikit, misalnya tinggal 10 GB, maka hal ini juga bisa menyebabkan laptopmu lemot. Lalu solusinya bagaimana? Solusi yang harus kamu lakukan adalah dengan menambah kapasitas harddisk. Kami sarankan agar kamu membeli SSD jika memang kamu memiliki dana lebih.

2. Mempercepat Kinerja Laptop dengan Menghapus File Sampah

Mempercepat Kinerja Laptop dengan Menghapus File Sampah

File sampah yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan laptopmu lemot. File sampah dan file yang sudah kamu hapus akan memakan kapasitas harddisk dan jika dibiarkan maka akan ada banyak kapasitas harddisk yang termakan. Maka dari itu, solusi terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek Recycle Bin. Di sini biasanya tempat file-file yang sudah kamu hapus. Tapi file tersebut masih belum terhapus sepenuhnya atau secara permanen sehingga masih memakan kapasitas harddisk.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Jika Cepat Panas

Kamu tinggal mengklik kanan pada Recycle Bin dan pilih Empty Recycle Bin. Alternatif lain yang juga bisa kamu pilih adalah dengan mendownload aplikasi yang memang tugasnya untuk menghapus file sampah. Salah satu aplikasi tersebut adalah CC Cleaner.

3. Menguninstal Aplikasi Yang Tidak Digunakan

uninstal Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Cara mempercepat kinerja laptop yang lemot juga bisa kamu lakukan dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan atau aplikasi yang tidak penting. Terkadang kita tidak sadar menginstal aplikasi yang tidak pernah kita gunakan. Kondisi ini biasanya dialami ketika kita membuka website tertentu dan diminta untuk instal aplikasi.

Nah, kamu harus menghapus aplikasi tersebut karena bisa menyebabkan kinerja laptopmu menurun. Cara lain yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan uninstal aplikasi yang sudah tidak pernah kamu gunakan, terutama yang memakan kapasitas harddisk terlalu banyak.

4. Instal Antivirus

Instal Antivirus

Perlu kamu tahu bahwa masalah laptop lemot juga bisa diakibatkan oleh virus. Virus masuk ke laptop tanpa kamu sadari karena kamu pada waktu itu sedang membuka sebuah situs atau website. Ketika virus tersebut sudah masuk ke sistem, barulah kamu mulai merasa bahwa kinerja laptopmu mulai menurun. Oleh sebab itu, kamu harus meninstal antivirus.

Ada banyak pilihan antivirus yang bisa kamu instal. Namun yang terpenting kamu sering mengupdate antivirus yang kamu gunakan tersebut. Tujuannya agar keamanannya semakin tinggi karena virus pun juga mengalami perkembangan.

Baca juga: Cara Mengetahui Password WiFi pada Laptop atau PC

Nah itulah mengenai cara mempercepat kinerja laptop jika laptopmu sudah mulai lemot. Semoga apa yang di sampaikan diatas bisa bermanfaat.

Leave a Reply