Cara Membuat Grafik di Word dengan Mudah dan Praktis

Cara membuat grafik di word sangatlah mudah untuk dilakukan, di dalam beberapa dokumen seperti data laporan ilmiah, grafik bisa menjadi hal yang sangat penting. Hal ini karena grafik bisa menyampaikan informasi dengan lebih baik dari tulisan. Tepatnya menyederhanakan informasi yang rumit menjadi lebih mudah dipahami oleh orang awam.

Oleh karena itu, Microsoft Word pun telah menyediakan fitur ini. Bahkan dalam bentuk atau jenis grafik yang beragam. Sehingga selain mempermudah orang membaca data, juga bisa mempercantik dokumen.

Nah, bila kamu belum tahu cara membuat grafik di Word, simak langkah per langkahnya di bawah ini, ya!

Macam-macam bentuk grafik

Ada beberapa bentuk grafik yang bisa kamu gunakan di dalam dokumen. Untuk mengenal jenis atau bentuk grafik, kamu hanya perlu melihat rangkumannya berikut ini.

1. Column , ini adalah grafik yang memiliki bentuk vertikal atau menjulang tinggi ke atas. Berguna untuk membuat grafik perbandingan data.

2. Types of Charts , merupakan grafik yang terdiri dari beberapa grafik. Grafik ini memiliki kemiripan dengan grafik yang ada pada Microsoft Excel.

3. Line . Grafik berbentuk garis yang biasanya digunakan untuk menggambarkan penurunan atau kenaikan data. Misalnya saja naik atau turunnya omset penjualan dari bulan ke bulan.

4. Pie , grafik ini biasanya digunakan untuk membuat diagram perbandingan proporsi.

5. Bar adalah grafik dengan bentuk batang horizontal.

6. Grafik Area memiliki bentuk seperti garis dan memiliki area yang terisi di bawahnya.

7. Surface adalah grafik yang akan menampilkan data dengan gambar tiga dimensi.

Cara membuat grafik di Word secara langsung

Berikut ini cara membuat grafik langsung di Word dengan lebih mudah dan praktis. Sehingga bisa mempercepat pengerjaan laporanmu.

1. Buka dokumen yang akan kamu beri grafik. Lalu arahkan kursor pada area lembar kerja yang ingin diberikan grafik.

2. Pilih menu Insert . Lalu klik Illustrations .

Buka tab Insert dan pilih chart

3. Kemudian pilih Chart . Selanjutnya akan muncul jendela Insert Chart yang menampilkan beragam bentuk grafik. Pilih grafik yang sesuai dengan data laporanmu.

Memilih type grafik yang akan digunakan

4. Setelahnya klik OK , maka grafik akan muncul di lembar kerja dengan diikuti kotak Chart In Microsoft Word yang berguna untuk mengolah data. Masukkan semua data yang kamu punya ke sana.

Cara membuat grafik di Word secara langsung

5. Bila sudah selesai tinggal klik Close (X) . Selesai.

Baca juga: 4 Cara Mengatur Spasi di Word dengan Cepat dan Praktis!

Cara menyalin grafik Excel ke Word

Selain menggunakan cara di atas, kamu juga bisa memindahkan grafik yang ada di Excel ke Word. Cara ini cocok bagi kamu yang sudah memiliki grafik di Excel. Lebih praktis daripada kamu membuat baru lagi secara manual di Word.

Nah, berikut ini cara memindahkan grafik di Excel ke Microsoft Word.

1. Kamu perlu membuka dokumen Excel yang menyimpan data grafikmu.

2. Kemudian klik kanan dan tekan Copy pada grafik yang akan dipindah. Kamu juga bisa menggunakan shortcut Ctrl+C untuk melakukan penyalinan.

3. Kemudian buka dokumen Word yang akan kamu masukkan grafik. Pilih area di lembar kerja yang ingin dimasukkan grafik. Kemudian klik kanan dan pilih Paste . Bisa juga menggunakan kombinasi tombol di keyboard Ctrl+V .

4. Selanjutnya kamu tinggal mengatur grafik yang ada di Word dengan memilih menu Design .

5. Lalu klik Edit yang mempunyai ikon berbentuk tabel. Sehingga data grafik yang ada di Excel ikut pindah ke Word. Selesai.

Cara mengubah bentuk grafik di Word

Kalau cara ini cocok untuk kamu yang salah dalam menggunakan grafik di Word. Cara mengubah bentuk ini akan memudahkanmu dalam mengganti bentuk grafik di lembar kerja tanpa perlu memulai ulang. Sebab kamu hanya perlu mengeditnya. Caranya gampang kok. Simak di bawah ini, ya!

1. Pertama, klik grafik yang mau kamu ubah di lembar kerja.

2. Lalu pilih menu Chart Design yang ada di bagian atas lembar kerja.

3. Lanjut klik Change Chart Type . Pilih dan klik grafik yang kamu inginkan pada kotak dialog di layar komputer.

Buka tab chart design dan pilih change chart type

4. Setelah itu kamu tinggal klik OK . Selanjutnya kamu akan melihat grafik di lembar kerja sudah berubah ke bentuk yang baru.

Cara mengubah bentuk grafik di Word

Baca juga: 4 Cara Menyisipkan Gambar di Word, Mudah dan Lengkap

Begitulah cara membuat dan mengubah grafik di Word. Mudah ‘kan cara-cara di atas setelah kamu aplikasikan. Tak akan serumit yang kamu bayangkan bila diikuti langkah demi langkahnya. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat, selamat mencoba!

SHARE ON

Leave a Reply