4 Macam Aplikasi Dan Cara Membuat E Wallet Terbaik Di Indonesia

4 Macam Aplikasi Dan Cara Membuat E Wallet Terbaik Di Indonesia – Berbagai jenis aplikasi pembayaran disertai dengan mudahnya cara membuat e wallet, telah mempengaruhi gaya hidup jaman sekarang. Dahulu untuk membayar belanjaan di kasir, orang-orang perlu membawa berlembar-lembar uang di dompet. Namun dengan adanya dompet elektronik, segalanya jauh lebih praktis. Anda bisa membeli bahkan membayar apapun dan di manapun hanya melalui smartphone di genggaman tangan.

4 Macam Aplikasi Dan Cara Membuat E Wallet Terbaik Di Indonesia

Tak heran di dalam 1 buah smartphone, orang-orang biasanya memasang setidaknya 2 macam aplikasi e wallet. Alasannya karena ada beberapa fitur yang bisa saling melengkapi antara satu dengan aplikasi e wallet lainnya. Sedang ada atau tidaknya promo atau diskon barang juga ikut mempengaruhi. Untuk membeli satu produk saja, orang-orang bisa membuka lebih dari satu aplikasi berbeda hanya untuk membandingkan harga dan promo yang tersedia. Di bawah ini akan diulas 4 macam dompet digital yang sedang tren di kalangan masyarakat Indonesia.

4 Macam Aplikasi Dan Cara Membuat E Wallet Di Indonesia

1. Go-Pay

1. Go-Pay

Aplikasi Go-Pay merupakan dompet digital bawaan Go-Jek. Awalnya, Go-Pay digunakan untuk memudahkan penggunanya dalam membayar ongkos Go-Ride dan Go-Food. Namun kini layanannya telah berkembang dan tak hanya itu saja. Anda bisa melakukan pembelian pulsa maupun paket data internet, membeli kebutuhan barang di supermarket, membeli tiket nonton, membayar berbagai tagihan dan lain-lain. Fitur unik lainnya adalah memesan jasa pijat tubuh, jasa salon dan jasa bersih-bersih untuk datang ke rumah.

Baca juga: 5 Aplikasi Download Tercepat Untuk HP Anda !

Di aplikasi ini, terdapat sistem point yang bisa Anda kumpulkan setelah bertransaksi. Nantinya, point-point tersebut bisa ditukar dengan berbagai voucher menarik. Cara membuat e wallet Go-Pay terbilang mudah. Anda cukup mendaftarkan nomor handphone, lalu akan dikirim OTP (One Time Password) melalui SMS. Maka, pastikan nomor yang Anda daftarkan masih aktif. Penting untuk diingat bahwa OTP terdiri dari beberapa digit angka yang sifatnya rahasia. Jangan memberikan kode OTP kepada siapapun, termasuk kepada pegawai Go-Jek dengan alasan apapun.

2. OVO (Dulu GrabPay)

2. OVO (Dulu GrabPay)

Sama halnya dengan Go-Pay, OVO bisa digunakan untuk membeli dan membayar berbagai barang atau jasa. Mulai dari memesan makanan, bayar ojek online, beli pulsa, paket data, kebutuhan sehari-hari di minimarket, mengirim paket, dan sebagainya. Bahkan, OVO telah bekerja sama dengan e-commerce seperti Tokopedia dalam hal cara pembayaran secara online. Cara pendaftarannya juga sama dengan Go-Pay yang membutuhkan input data pribadi.

3. LinkAja (Dulu T-Cash)

Linkaja dompet digital

Salah satu provider telekomunikasi Indonesia juga membuat dompet digital. LinkAja merupakan re-branding dari T-Cash. Fungsinya sama yaitu sebagai media pembayaran online untuk berbagai produk barang dan jasa. LinkAja juga telah terintegrasi oleh KAI Access. Jadi, jika Anda ingin membeli tiket kereta api jarak jauh maupun lokal menggunakan aplikasi KAI Access, maka pembayarannya langsung tersambung ke akun LinkAja. Selain itu, Anda juga membeli paket data maupun pulsa Telkomsel, membayar tagihan bulanan, tersambung dengan pembayaran berbagai ojek online, membayar pajak maupun berdonasi.

Baca juga: Cara Menggunakan Sakuku BCA

4. Dana

DANA dompet digital Indonesia

Dana sempat menjadi salah satu aplikasi dompet digital terpopuler di Indonesia. Hal ini karena Dana seringkali memberikan promo besar-besaran. Kebanyakan promonya berupa pembelian makanan dan minuman. Aplikasi ini terintegrasi dengan pembayaran online tiket bioskop pada aplikasi Tix.ID. Selain itu, Anda bisa membayar tagihan, split bill, tarik tunai uang, bekerja sama dengan lembaga amal dan e-commerce. Cara membuat e wallet Dana juga mudah karena cukup menggunakan nomor handphone dan pin 6 angka.

Leave a Reply