Cara Membersihkan Cache Di Komputer dan Laptop Tanpa Ribet

Cara Membersihkan Cache Di Komputer dan Laptop Tanpa Ribet – Bagaimana cara membersihkan cache di komputer dan laptop? Sebelum itu kamu perlu tau dulu apa itu cache. Cache adalah salah satu komponen hardware dan juga software yang berguna untuk menyimpan program atau data sehingga ketika kamu ingin membuka program atau data tersebut, maka kamu tidak perlu menunggu waktu yang lama. Fungsi lain dari cache adalah untuk membantu mempercepat jalannya aplikasi atau program pada PC atau smartphone. Hal ini dikarenakan data akan disimpan pada cache.

Kebanyakan data yang ada pada cache merupakan data yang sebelumnya telah dilakukan komputasi atau salinan data. Dari sini kita tahu bahwa cache memang bermanfaat untuk komputer, laptop, atau smartphone. Meskipun begitu, jika suatu perangkat memiliki banyak cache juga tidak baik bagi perangkat tersebut.

Cara Membersihkan Cache Di Komputer dan Laptop Tanpa Ribet

Maka dari itu, sebaiknya kamu membersihkan cache secara rutin guna menghindarkan perangkatmu tersebut dari penumpukan cache. Membersihkan cache pada komputer atau laptop tidak sulit. Bahkan prosesnya pun sangat cepat asalkan kamu benar-benar tau langkah-langkah yang harus kamu lakukan. Lalu bagaimana cara membersihkan cache di komputer dan laptop? Berikut ini kami akan menerangkan langkah-langkahnya.

Baca juga: Cara Mengetahui Password WiFi pada Laptop atau PC

1. Membersihkan Cache di Komputer dengan CC Cleaner

Cara membersihkan cache di komputer dan laptop yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi yang bernama CC Cleaner. Aplikasi ini memang termasuk salah satu aplikasi pembersih file sampah yang cukup terkenal. Kamu bisa mengandalkan CC Cleaner untuk membersihkan cache pada perangkatmu.

  • Pertama, kamu download CC Cleaner. Setelah itu, kamu instal pada komputer atau laptopmu.
  • Kedua, kamu bisa langsung menggunakan atau bisa terlebih dahulu merestart komputermu. Selanjutnya, kamu buka aplikasi ini dan masuk ke menu CC Cleaner. Di sini kamu akan menemukan ada dua panel. Yang pertama Windows dan Aplikasi yang letaknya di bagian kiri. Di sebelah kanan kosong dan baru akan muncul ketika proses pembersihan berjalan.

Membersihkan Cache  di Komputer dengan CC Cleaner

  • Ketiga, kamu tentukan kira-kira item mana yang akan kamu bersihkan. Jika sudah kamu pilih, selanjutnya kamu klik Run CC Cleaner untuk memulai penghapusan cache. Klik Continue untuk melanjutkan proses pembersihan cache.
  • Jika sudah selesai, kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa proses penghapusan cache sudah selesai dilakukan.

2. Menghapus Cache dengan Disk Cleanup

Langkah kedua untuk membersihkan cache adalah dengan Disk Cleanup. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan yang ada di sistem operasi Windows. Jadi, kamu tidak perlu mendownloadnya karena sudah ada dan tinggal kamu gunakan.

  • Pertama, kamu masuk ke File Explorer dan klik menu This PC.
  • Setelah itu, klik kanan pada harddisk yang akan kamu bersihkan. Klik Properties.

Menghapus Cache dengan Disk Cleanup

  • Pada Properties, kamu harus mengklik tombol Disk Cleanup. Kamu tinggal mencentang file-file apa saja yang akan kamu hapus. Selanjutnya tinggal klik OK.
  • Langkah selanjutnya yaitu kamu klik Delete Files agar proses pembersihan cache bisa dilanjut.

  • Sekarang kamu tinggal menunggu sampai proses pembersihan cache selesai. Jika sudah, maka kamu cukup klik OK dan aplikasi ini akan keluar secara otomatis.

Baca juga : Cara Mempercepat Kinerja Laptop yang Lemot

Itulah informasi yang bisa kami berikan seputar cara membersihkan cache di komputer dan laptop. Kesimpulannya, cache merupakan sebuah komponen yang memiliki manfaat pada komputer maupun laptop karena tugas dasarnya adalah mempermudah dan mempercepat dalam membuka aplikasi.

Namun, jika pengguna tidak rutin membersihkan cache maka yang ada akan terjadi penumpukan cache. Akibatnya, komputer atau laptop kita malah lemot.

Leave a Reply