Cara Instal Ekstensi di Google Chrome dengan Mudah

Cara Instal Ekstensi di Google Chrome dengan Mudah РGoogle Chrome sekarang menjadi salah satu aplikasi browser terpopuler. Banyak orang yang sudah menggunakan aplikasi ini bahkan sudah mensettingnya sebagai aplikasi default. Meskipun sekarang juga hadir beberapa aplikasi lain yang memiliki fungsi sama, namun Google Chrome sepertinya tidak bisa digoyahkan dan masih tetap menjadi salah satu yang terbaik.

Bahkan berdasarkan survey yang dilakukan oleh StartCounter, Google Chrome menduduki aplikasi browser yang digunakan oleh 60% manusia di seluruh dunia dan mungkin saja kamu merupakan salah satu orang yang sampai sekarang menggunakan aplikasi ini. Kepopuleran yang didapatkan oleh Google Chrome bukan hanya menguntungkan Google saja.

Sebagai pengguna pun kamu juga merasakan keuntungannya. Mengapa? Karena kamu disediakan oleh banyaknya ekstensi yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah pekerjaanmu. Namun untuk bisa menggunakannya, maka kamu harus memasang ekstensi tersebut terlebih dahulu.

Memang menginstal ekstensi tidak wajib karena tanpa di instal pun kamu masih bisa menggunakan Google Chrome dengan normal. Akan tetapi, terkadang kamu memerlukan fungsionalitas yang lainnya yang tidak bisa hanya mengandalkan Google Chrome. Jadi, kamu perlu menginstal ekstensi tersebut agar pekerjaanmun bisa lebih terbantu.

Cara Instal Ekstensi di Google Chrome dengan Mudah

Berikut ini kami akan menerangkan bagaimana cara instal ekstensi di Google Chrome dengan mudah.

1. Cari Ekstensinya Terlebih Dahulu

Langka pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari kira-kira mana ekstensi yang akan kamu pasang di Google Chrome. Untuk mencarinya, kamu bisa langsung masuk ke browser Google Chrome. Carilah tanda titik tiga yang ada di sebelah kanan atas. Kemudian tinggal kamu klik. Setelah itu, pilih settings dan disebelah kiri layarmu ada tulisan Extension yang posisinya di bawah Advanced/Lanjutan.

Cari Ekstensinya Terlebih Dahulu

Kamu bisa juga membuka ekstensi dengan cara klik fitur lainnya pada menu, kemudian pilih ekstensi. Tinggal kamu klik dan sekarang kamu seharusnya sudah masuk ke tampilan beberapa ekstensi.

Buka menu setting di pengaturan chrome

Perlu diingat, bahwa ketika ekstensi yang kamu cari ternyata tidak ada di pilihan tersebut. Maka cobalah mengklik Ekstensi Lainnya.

Baca juga: Cara Mengetahui Lisensi Windows 10 Retail/OEM/Volume

2. Instal Ekstensi

Setelah terbuka, kemudian kamu klik menu tiga garis yang ada di pojok kiri atas, lalu klik tautan Buka Chrome Store.

Buka halaman chrome store

Nanti akan kamu akan diarahkan ke halaman chrome store, disitu ada berbagai macam ekstensi, tema dan lain-lain. untuk tampilannya seperti gambar dibawah ini.

Cara Instal Ekstensi Di Google Chrome Mudah dan Cepat

Jika kamu sudah menemukan ekstensi pilihanmu, maka sekarang kamu harus melakukan instalasi. Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah kamu cari ekstensi yang ingin kamu instal, bisa menggunakan kolom pencarian yang ada diatas. Jika sudah ketemu, selanjutnya kamu hanya perlu klik kemudian Tambahkan ke Chrome. Biasanya kamu akan diminta untuk melakukan konfirmasi apakah memang benar-benar ingin menambahkan ekstensi tersebut. Kamu hanya perlu klik OK atau Tambahkan ekstensi.

Ekstensi google translate

 

3. Pemasangan Ekstensi Telah Selesai

Proses pemasangan ekstensi berlangsung secara otomatis dan cepat. Untuk mengetahui apakah kamu sudah berhasil, maka cobalah cek di bagian kanan atas layar Google Chrome-mu. Biasanya ikon dari ekstensi yang kamu tambahkan akan otomatis terpampang. Ini berarti kamu berhasil melakukan pemasangan ekstensi.

4. Pengaturan Ekstensi

Perlu kamu tahu bahwa terkadang meskipun kamu sudah berhasil melakukan pemasangan ekstensi, ternyata masih belum bisa digunakan. Namun kamu tidak perlu khawatir karena kamu hanya perlu melakukan pengaturan ekstensi.

Caranya adalah klik titik tiga di pojok kanan atas tampilan Google Chrome. Jika sudah, maka kamu bisa memilih Fitur Lainnya atau langsung klik Ekstensi di bagian kiri di bawah Advanced. Jika sudah selesai, maka kamu akan berada di tampilan baru. Tampilan ini tentang ekstensi yang sudah kamu instal. Kamu sekarang hanya perlu mengaktifkannya dengan menggeser ikon abu-abu ke kanan. Jika berhasil, maka ikon tersebut akan berwarna biru yang menunjukkan bahwa kamu telah berhasil mengaktifkan ekstensi.

Baca juga: Cara Mengganti Bahasa Di Google Chrome ke Indonesia

Demikian penjelasan kami mengenai bagaimana cara instal ekstensi di Google Chrome dengan mudah dan cepat. Semoga Apa yang sudah disampaikan diatas bisa membantu dan bisa bermanfaat.

Leave a Reply