Cara Freeze Excel Untuk Kolom & Baris Tanpa Pusing

Cara freeze excel untuk kolom dan baris perlu anda ketahui untuk mempermudah pekerjaan anda saat menggeser dari kanan ke kiri maupun dari atas ke bawah. Berikut ulasan lengkapnya

Bekerja mengolah banyak data di tabel Excel tentu akan memusingkan. Apalagi jika Anda harus scroll atas-bawah maupun geser data kiri ke kanan dan sebaliknya, tentu akan sangat merepotkan. Untuk mempermudah pekerjaan tersebut, tidak jarang seseorang membekukan sel pada kolom dan baris data tersebut.

Anda dapat melakukan cara freeze Excel untuk kolom dan baris sehingga mempermudah pengerjaan tabel dan data. Dengan begitu, navigasi pada lembar kerja tersebut akan lebih mudah dikunci sehingga jika akan mengedit kolom atau baris yang jauh bisa lebih cepat dilakukan.

Jenis Freeze Excel yang Digunakan

Ada tiga jenis tab freeze yang banyak digunakan. Semuanya memiliki fungsi masing-masing yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

1. Freeze Panes

Dengan metode freeze yang satu ini, Anda dapat menggunakannya untuk membekukan baris dan kolom secara bersamaan sesuai dengan sel yang sudah dipilih sebelumnya.

2. Freeze Top Row

Pilihan freeze ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang ingin membekukan baris pertama paling atas dari sebuah tabel data. Jadi, Anda dapat mengisi data yang ada di baris bawah dari tabel data tersebut.

3. Freeze First Column

Berbeda halnya dengan freeze yang ketiga ini di mana Anda dapat membekukan kolom pertama dari tabel data yang Anda buat. Dengan begitu, Anda bisa mengisi data yang berada jauh di samping kolom pertama.

Baca juga: Cara Membuat Tabel di Excel dengan Mudah & Cepat

Lantas Bagaimana Mengunci Kolom dan Baris?

Untuk dapat mengunci atau mem-freeze baris dan kolom sekaligus, tentunya Anda perlu membuat sebuah data terlebih dahulu. Selanjutnya, silakan ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

1. Klik sel yang ingin Anda bekukan

Langkah awal yang harus dilakukan tentu saja berkaitan dengan seleksi sel. Sebagai contoh, Anda sudah membuat data dari A1 sampai dengan Z100. Jika ingin membuat seluruh kolom A dan baris pertama terkunci, maka Anda perlu klik sel B2.

2. Lanjutkan eksekusi

Selanjutnya, klik menu toolbar View kemudian pilih tab Freeze Panes. Di dalamnya terdapat tiga pilihan untuk mengunci sel, pilihlah Freeze Panes untuk mengunci baris dan kolom sekaligus.

3. Jangan lupa re-check

Apabila sudah menyelesaikan langkah-langkah di atas, gulir pointer ke bawah untuk memastikan apakah baris pertama tetap ada di atas. Gulir juga ke samping untuk memastikan kolom pertama terkunci.

Hal yang tidak jauh berbeda jika Anda ingin membekukan baris maupun kolom pertama pada tabel data tersebut. Apabila ingin membekukan kolom pertama, seleksi kolom yang tersebut kemudian klik Freeze First Column. Namun apabila ingin mengunci baris paling atas, seleksi baris yang dimaksud kemudian klik Freeze Top Row.

Hal-Hal Lainnya

Selain cara freeze Excel untuk kolom dan baris di atas, tentunya ada beberapa hal lain yang sudah seharusnya menjadi perhatian Anda. Apa saja itu, berikut beberapa di antaranya.

1. Gunakan perintah Unfreeze Panes jika Anda tidak menyukai atau sekadar ingin mematikan pengaturan penguncian. Opsi ini akan muncul pada saat Anda selesai melakukan pengaturan freeze data tersebut.

2. Pengaturan ini tidak berlaku untuk baris atau kolom di tengah tabel data. Misalnya jika Anda ingin membekukan baris ke 50-60, tentu tidak memungkinkan.

3. Anda juga tidak dapat menggunakan fungsi ini pada lembar kerja yang diproteksi. Oleh karenanya, pastikan lagi apakah lembar kerja tersebut bisa dibuka secara langsung atau membutuhkan kata kunci tertentu.

Baca juga: Cara Menambah Kolom dan Baris di Excel dengan Cepat

Itulah cara freeze Excel untuk kolom dan baris yang bisa anda ikuti langkah-langkahnya. Semoga bisa bermanfaat!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru