Cara Aman Belanja Online Agar Terhindar Dari Penipuan

Bagaimana Cara Aman Belanja Online? – Saat ini teknologi berkembang pesat semua merasakan dampak kemudahan teknologi salah satunya fasilitas berbelanja online merupakan dampak dari kemudahan teknologi. Tentunya apabila kita berbelanja secara online untuk proses pembayaran berbeda dengan transaksi konvensional dimana pembeli harus bertatap muka secara langsung dengan penjual. Berbelanja online tentu saja membutuhkan cara pembayaran secara online.

Meskipun saat ini terdapat berbagai kemudahan yang ada tentu tidak mampu menghindarkan kita dari kasus penipuan. Apalagi saat ini kasus penipuan berkedok belanja online memang sedang marak terjadi. Bagaimana cara pembayaran online yang aman untuk mengatasi kemungkinan penipuan?

Cara Aman Belanja Online Agar Terhindar dari Penipuan

Ketahui Dahulu Reputasi Toko yang Anda Pilih

Cara Aman Belanja Online

Memang ada banyak pilihan yang tersebar, namun tidak ada salahnya anda tetap melakukan riset sederhana guna menghindari kemungkinan terjadinya penipuan. Walaupun pasti anda sebagai pembeli akan mencari toko yang menyediakan harga paling murah. Namun, harga murah bukan jaminan, Cari tahu reputasi toko yang anda pilih berdasarkan testimoni para pelanggan sebelumnya.

Bagaimana suatu toko online dikatakan bagus? Saat ini ada beberapa e-commerce yang menerapkan bintang, dimana skala bintang yang didapatkan tergantung pada kepuasan pelanggan. Tentu hal ini bisa anda jadikan patokan untuk melihat bahwa toko online tersebut terpercaya atau tidak. Jika anda memang masih belum yakin dengan testimoni dan ingin mencari tahu kualitas toko, anda bisa juga mendapatkan testimoni dari orang – orang di sekeliling anda yang pernah berbelanja di toko tersebut.

Gunakan Rekening Penampung Sementara

Gunakan Rekening Penampung Sementara

Jika anda berbelanja melalui e-commerce maka akan ada layanan pembayaran melalui pihak ketiga, dimana anda diharuskan untuk membayar melalui pihak perantara (e-commerce) yang akan diteruskan ke toko tempat anda membeli barang. Menariknya, uang anda tidak akan diteruskan ke pemilik toko jika anda belum menerima barang yang anda beli. Sehingga anda bisa memastikan bahwa barang tersebut memang berada dalam kualitas terbaik serta anda dapat menghindari penipuan dengan cara pembayaran online yang aman. Menarik bukan?

Tetap Jadilah Pembeli Yang Cerdas

Tetap Jadilah Pembeli Yang Cerdas

Meskipun anda berprinsip bahwa anda harus memilih toko yang paling murah. Namun jangan lupa untuk tetap menjadi cerdas. Tetap menjadi waspada terhadap hal – hal ganjil misalnya kolom komentar suatu toko tersebut di non-aktifkan sehingga anda tetap harus curiga. Selain itu, misalkan toko tersebut slow respond dalam menjawab pesan dari para pelanggan maka anda tetap harus waspada. Ada baiknya mencari toko lain yang menjanjikan cara pembayaran online yang aman dibandingkan uang anda hilang karena penipuan toko online.

Baca juga: 7 Dompet Digital (E-Wallet) Terbaik di Indonesia

Toko online memang menjanjikan harga yang lebih rendah karena mereka tidak membayar biaya sewa toko dalam bentuk fisik, namun jika anda memang masih ragu untuk membeli online tidak ada salahnya ke toko offline.

Leave a Reply