3 Aplikasi Video Call Terbaik di Android

Aplikasi Video Call Terbaik di Android – Masih ingatkah anda 10-15 tahun yang lalu mungkin SMS masih menjadi primadona sebagian besar masyarakat untuk melakukan komunikasi. Misalnya dengan kerabat, teman, dan keluarga atau mungkin panggilan telepon pun masih menjadi pilihan kala itu. Karena memang pada saat itu hanya dua cara tersebut yang dinilai efektif dalam melakukan komunikasi jarak jauh.

Di samping itu tarif yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal. Sampai-sampai ada salah satu provider telekomunikasi yang menawarkan tarif SMS sebesar 1 rupiah saja untuk satu karakter SMS. Jaringan internet saat itu masih menggunakan 3G di mana maksimum kecepatan hanya 473,8 kbps. Yang mana kala itu merupakan koneksi internet mobile tercepat, tentu saja di awal-awal kemunculan jaringan 3G harga yang ditawarkan masih cukup mahal. Sehingga belum semua lapisan masyarakat dapat menikmati fasilitas layanan internet tercepat kala itu.

3 Aplikasi Video Call Terbaik di Android

Zaman terus berubah begitu juga dengan kebutuhan manusia yang semakin meningkat terutama di bidang pemanfaatan teknologi. Pada tahun sekitar 2007-2008 Blackberry menjadi salah satu merk ponsel pintar pertama yang laris penjualannya di Indonesia dengan harga berkisar mulai dari 1 jutaan Rupiah. Pembeli sudah dapat merasakan apa yang disebut dengan smartphone atau ponsel pintar.

Pada waktu itu pula popularitas SMS mulai tergerus dengan hadirnya instant messaging buatan Blackberry. Yaitu Blackberry Messenger (BBM) yang menggunakan jaringan internet. Waktu itu jaringan internet 3G sudah semakin merata kehadirannya ditambah harga yang semakin kompetitif bahkan terdapat paket bundling internet bersama dengan ponsel Blackberry tersebut. Saat itu melakukan panggilan video memang sudah bisa dilakukan menggunakan jaringan 3G namun kualitas gambar dan suara belum sepenuhnya maksimal. Dikarenakan kecepatan koneksi 3G belum dapat memadai dengan penuh.

Baca juga: 3 Aplikasi Penguat Sinyal Terbaik Untuk HP Android

Hingga akhirnya kini jaringan internet sudah berada di fase keempat yakni 4G LTE. Dengan kecepatan maksimum dapat mencapai 100 Mbps yang tentu saja sangat bisa mengakomodir berbagai layanan online yang membutuhkan kecepatan cepat seperti layanan video call, streaming video, hingga aktivitas download.

Dengan teknologi yang semakin mendukung saat ini, layanan video call pun semakin laris diminati oleh masyarakat. Karena dapat berinteraksi secara lebih langsung dan interaktif berkat dukungan koneksi yang cepat. Lalu apa saja aplikasi video call terbaik untuk ponsel Android? Mari simak beberapa ulasannya di bawah ini:

3 Aplikasi Video Call Terbaik di Android

1. WhatsApp Messenger

3 Aplikasi Video Call Terbaik di Android

WhatsApp kini telah menjadi aplikasi pesan instan yang sangat diminati baik di dunia maupun di Indonesia. Aplikasi yang kini telah dibeli oleh Facebook memungkinkan setiap penggunanya melakukan pengiriman pesan, mengirim file dan gambar, telepon suara, hingga panggilan videopun dapat mereka lakukan.

Hal tersebut dibuktikan dengan WhatsApp berada di urutan pertama dengan jumlah unduhan mencapai 5 miliar di seluruh dunia. Angka yang tentunya sangat besar serta berhasil mendapatkan rating 4.3 / 5.0 dengan review yang masuk sebanyak 110 juta.

WhatsApp pertama kali dirilis di Google Play Store pada 18 Oktober 2010. Dengan pembaharuan terakhir pada 27 April 2020 dalam versi 2.20.140. WhatsApp juga merupakan platforn pesan instan yang gratis tanpa adanya biaya sedikitpun, juga apabila anda melakukan panggilan internasional tidak akan dikenakan biaya tambahan. Anda hanya membutuhkan koneksi internet baik di posisi 2G/3G/EDGE/4G atau Wi-Fi maka anda sudah dapat menkmati layanan pesan singkat WhatsApp.

WhatsApp juga berhasil meraih predikat Editor’s Choice dari Google Play Store yang menjadikannya sebagai aplikasi yang mudah digunakan. Terbukti dengan tampilan aplikasi memang terlihat sederhana dan mudah dipahami. Selain layanan pesan instan, WhatsApp juga menawarkan berbagai layanan menarik lainnya seperti sharing live location, attachment, video, image hingga video call dan call yang dengan mudah dapat dinikmati oleh semua penggunanya.

Isu keamanan juga menjadi fokus WhatsApp, WhatsApp menjamin kerahasiaan data pesan dengan menggunakan teknologi end-to-end encryption. Yang di mana pihak WhatsApp sendiri tidak akan bisa mengakses pesan yang kita kirim begitu juga dengan pihak ketiga lainnya, hanya si penerima pesan yang bisa membaca pesan tersebut.

2. Skype

Skype aplikasi video call terbaik

Di urutan kedua terdapat Skype yang merupakan aplikasi buatan Microsoft. Skype sendiri telah hadir lebih dulu dibandingkan dengan WhatsApp pada versi desktop. Skype kini telah tersedia di platform Android dengan jumlah unduhan mencapai 1 miliar dengan rating 4.3 / 5.0 dari 11 juta review yang masuk.

Aplikasi buatan Skype ini pertama kali hadir di platform Android pada 4 Oktober 2010. Dengan pembaharuan terakhir pada 14 April 2020 dengan versi 8.59.0.77. Skype juga berhasil mendapatkan predikat Editor’s Choice yang membuat calon pengguna tidak perlu khawatir lagi akan kualitas layanan yang ditawarkan oleh Skype.

Skype sudah teruji dalam melakukan kualitas layanan panggilan video. Skype dinilai berhasil memberikan kualitas panggilan video yang baik tanpa gangguan namun itu semua tetap bergantung pada kualitas koneksi internet anda. Jika koneksi anda tidak bermasalah maka kualitas panggilan video Skype dapat anda andalkan.

Layanan panggilan video Skype juga memungkinkan melakukan screen sharing. Sehingga cocok bagi anda yang ingin mengadakan teleconference atau meeting bersama rekan kantor saat tidak memungkinkan untuk bertemu secara langsung. Selain itu, Skype juga memiliki layanan pesan instan dengan banyaknya emoji yang membuat interaksi anda semakin hidup layaknya berinteraksi secara langsung.

Namun Skype tidak menggunakan sistem enkripsi end-to-end encryption layaknya WhatsApp. Hal ini menunjukkan bahwa pesan atau aktivitas apapun yang anda kirimkan akan tersimpan di server Skype dan dapat dilihat isinya oleh mereka. Jadi Skype bisa dikatakan tidak cukup privat walaupun mereka tetap menggunakan enkripsi jenis biasa.

Baca juga: 3 Aplikasi Nonton Film Terbaik di Android

3. Google Duo

Google Duo aplikasi video call terbaik

Di urutan ketiga terdapat terdapat aplikasi video call besutan Google yaitu Google Duo. Bagi anda pengguna ponsel Android maka anda dapat menemukan aplikasi ini dengan kondisi telah terpasang pada perangkat anda. Google Duo memiliki jumlah unduhan mencapai 1 juta unduhan dengan rating 4.5 / 5.0 dari 5 juta review yang masuk. Google Duo merupakan aplikasi buatan Google LLC yang pertama hadir di Google Play Store pada 18 Agustus 2016 dengan pembaharuan terakhir pada 28 April 2020. Google Duo juga berhasil menyandang predikat Editor’s Choice layaknya dua aplikasi panggilan video sebelumnya.

Aplikasi ini menawarkan simplicity yang baik bagi para penggunanya. Karena di dalam aplikasi Google Duo hanya menyediakan layanan panggilan video tanpa embel-embel pesan instan karena menurut Google saat orang memakai aplikasi panggilan video maka orang tersebut akan fokus dan tidak akan melakukan hal lain. Tentu saja didukung dengan tampilan Google Duo yang sangat sederhana dan simpel membuat pengguna Google Duo akan merasa dimudahkan olehnya.

Google Duo sendiri hadir untuk melawan rivalitas FaceTime kepunyaan Apple. Google Duo bertujuan untuk menghubungkan kedua platform tersebut yaitu Android dan iOS bersama-sama, asalkan keduanya memiliki aplikasi Google Duo. Karena yang kita ketahui FaceTime hanya bisa digunakan sesama pengguna iOS saja.

Untuk kualitas layanan panggilan video juga baik seperti Skype namun hal tersebut kembali lagi kepada kondisi koneksi internet anda. Sistem keamanan Google Duo telah menggunakan enkripsi berjenis end-to-end encryption yang menjamin kerahasiaan aktivitas anda tidak akan terbaca oleh pihak manapun termasuk pihak Google sendiri, hanya si penerima panggilan yang dapat melihat aktivitas tersebut.

Baca juga: 3 Aplikasi Pemutar Video Terbaik di Android

Seperti itulah ulasan singkat mengenai berbagai aplikasi video call Android yang dapat anda jadikan referensi untuk digunakan di kemudian hari. Semoga apa yang sudah di sampaikan diatas bisa bermanfaat dan jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di selembar.com, trimakasij.

Leave a Reply