10 Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Pamflet Keren

Jika kamu ingin membuat pamflet, beberapa aplikasi untuk membuat pamflet berikut ini patut dicoba. Penasaran apa saja? simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pamflet adalah surat selebaran yang berisi tulisan (baik dengan gambar maupun tanpa gambar), tidak disampul juga tidak dijilid, menggunakan satu sisi kertas ataupun kedua sisinya, dan kertas tersebut dilipat dalam tiga lipatan (setengah, sepertiga, maupun seperempat dari ukuran kertas). Umumnya, orang-orang menyamakan pamflet dengan brosur.

Meskipun ada yang mengatakan keduanya berbeda, hal tersebut tidak terlalu penting untuk dibahas sekarang. Pasalnya, jika melihat template brosur yang disediakan di beberapa aplikasi, kamu akan menemukan kalau template brosur memiliki ciri yang sama dengan pamphlet. Jadi, mari kita anggap keduanya memiliki kesamaan. Sekarang, kita akan bahas rekomendasi software untuk membuat pamflet keren. Berikut daftarnya.

10 Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Pamflet

10 Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Pamflet Keren

1. Canva

Canva sangat cocok untuk membuat pamflet meskipun kamu tidak pandai mendesain. Kamu cukup menggunakan template yang tersedia. Lalu, mengkustomisasi template tersebut dengan mengubah teks, logo, gambar, maupun warnanya sesuai kebutuhan. Canva menyediakan banyak sekali koleksi template, baik gratis maupun berbayar.

Untuk menggunakan Canva, kamu bisa men-download aplikasi atau mengunjungi situs web-nya. Canva bisa kamu akses lewat ponsel. Jadi, ini bisa menjadi solusi jika kamu tidak punya komputer atau laptop untuk membuat pamphlet.

2. Microsoft Word

Microsoft Word bukanlah software untuk mendesain, melainkan aplikasi pengolah kata. Namun, jika sekadar membuat pamphlet, menggunakan Microsoft Word pun bisa kok. Microsoft Word menyediakan template dari berbagai jenis dokumen termasuk brosur. Kekurangannya, template brosur yang ada di Microsoft Word cukup terbatas. Selain itu, desainnya juga terlalu minimalis.

3. Microsoft Publisher

Berbeda dengan Microsoft Word, Microsoft Publisher memang dikhususkan untuk membuat media publikasi dan penerbitan termasuk brosur. Brosur yang dibuat menggunakan software ini pun terlihat lebih menawan dibandingkan menggunakan Microsoft Word.

Untuk membuat brosur menggunakan Publisher, kamu bisa mengeklik tab Brochure/Brosur di bawah kolom pencarian. Kemudian, kamu bisa memilih template brosur mana yang akan kamu gunakan. Lalu, klik “Buat”. Selanjutnya, kamu pun bisa menyesuaikan template tersebut dengan mengubah warna tema, font, dan background sesuai kebutuhan.

Baca juga: 9 Software Pembuat Logo di Komputer/Laptop Terbaik

4. Adobe Creative Cloud Express: Design

Adobe Creative Cloud Express sebelumnya bernama Adobe Spark Post. Untuk membuat brochure/pamphlet, buka aplikasi/situs Creative Cloud Express. Setelah login, klik tab brochure yang ada di bawah Create New Project. Lalu, pilihlah template brosur yang kamu inginkan. Selanjutnya, kamu pun bisa menyesuaikan template tersebut.

Cara menggunakan aplikasi Creative Cloud Express kurang lebih seperti Canva. Aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis, tetapi fiturnya terbatas. Jika ingin fitur yang lebih lengkap, kamu perlu melakukan upgrade dengan berlangganan ke layanan berbayar mereka.

5. Brochure Maker – Infographics

Brochure Maker – Infographics adalah aplikasi untuk membuat brosur, pamflet, katalog, leaflet, infografik, untuk produk bisnis. Aplikasi ini cepat, mudah digunakan, serta tidak memerlukan keahlian desain. Sama seperti aplikasi lain, kamu cukup memilih template brosur, lalu menyesuaikannya sesuai keperluan. Template yang tersedia dalam aplikasi ini ada yang gratis dan ada juga yang premium.

6. Brochure Maker, Poster Maker, Pamphlet Designer

Brochure Maker, Poster Maker, Pamphlet Designer adalah aplikasi yang bisa kamu download di Playstore untuk membuat brosur/pamphlet. Untuk membuat brosur, bukalah aplikasi ini tanpa perlu login. Setelah itu, klik Readymade Brochure. Lalu, pilihlah template brosur sesuai keinginan. Selanjutnya, kamu pun bisa menyesuaikan template tersebut.

Jika tidak ingin menggunakan templat, kamu bisa memilih Create New Brochure setelah membuka aplikasi. Dengan cara ini, kamu bisa mendesain brosur/pamphlet sesuai keinginan. Kekurangan aplikasi ini adalah seringnya muncul iklan yang mengganggu.

7. Corel Draw

Jika kamu ingin lebih leluasa membuat pamflet, Corel Draw bisa menjadi pilihan tepat karena fiturnya lengkap. Namun, untuk menggunakan software ini kamu membutuhkan keahlian desain. Akan tetapi, jika kamu ingin belajar, kamu bisa mengikuti tutorial dari buku, internet, ataupun Youtube.

Baca juga: Kenali Macam-Macam Ukuran Banner Offline & Online

8. Adobe InDesign

Adobe InDesign adalah software untuk membuat media cetak maupun media digital seperti poster, brosur, dan majalah. Berbeda dengan Adobe Creative Cloud Express, Adobe InDesign hanya bisa digunakan di desktop dan tidak menyediakan versi gratis kecuali untuk sekadar uji coba.

9. Inkscape

Corel Draw dan InDesign bukanlah software yang bisa digunakan secara gratis. Jika kamu menginginkan perangkat lunak gratis untuk membuat pamphlet, Inkscape bisa menjadi pilihan yang layak dicoba. Perangkat lunak ini gratis dan open source. Namun, untuk membuat pamphlet menggunakan aplikasi ini, kamu harus mempunyai keahlian desain grafis.

10. Desygner

Desygner merupakan aplikasi desain grafis yang digunakan untuk mendesain dan menyesuaikan grafis untuk keperluan marketing seperti poster, pamflet, brosur dan yang lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan pilihan template dan tata letak khusus untuk menambahkan teks, efek, dan elemen lainnya.

Jadi kamu dapat membuat desain untuk keperluan bisnis dengan menggunakan template yang tersedia atau membuatnya dari awal dengan grafik, bentuk, warna, dan font yang tersedia. Kamu juga bisa menggunduh desain buatanmu dengan berbagai format gambar.

Baca juga: 7 Situs Tempat Download Font Gratis Untuk Desain Grafis

Itulah beberapa rekomendasi software atau aplikasi untuk membuat pamflet juga brosur keren yang bisa kamu coba. Dari beberapa aplikasi yang sudah disebutkan diatas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Silahkan kamu pilih mana aplikasi yang sesuai untukmu.

SHARE ON

Leave a Reply