7 Aplikasi Pengingat Waktu Sholat Terbaik, Ibadah Jadi Lancar

Sholat merupakan ibadah yang dilakukan sebagai bentuk kewajiban dan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Sang Pencipta. Setidaknya ada lima sholat wajib yang harus dilaksanakan dalam lima waktu yaitu Shalat Dhuhur, Ashar, Magrib, Isya, dan Subuh. Di samping itu ada juga sholat sunnah yang menyertainya.

Namun banyak manusia yang karena kesibukannya lalai dalam menjalankan ibadah. Ada juga yang tetap menjalankannya namun di akhir waktu. Tentu saja seharusnya kamu harus memprioritaskan ibadah di atas segala urusan duniawi.

Untuk itu sekarang ada aplikasi yang akan membantumu untuk mengingatkan waktu sholat. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi tersebut agar bisa menjalankan sholat tepat waktu.

Daftar Aplikasi Pengingat Waktu Sholat

Beberapa rekomendasi aplikasi pengingat waktu sholat antara lain:

1. Muslim Pro

Muslim Pro Aplikasi Pengingat Waktu Shalat

Aplikasi pertama untuk mengingatkan masuk waktu sholat adalah Muslim Pro. Di dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur menarik yang tersedia untuk menunjang ibadahmu. Saat ini Muslim Pro menjadi salah satu yang paling banyak digunakan.

Para pengguna Muslim Pro bukan hanya dari Indonesia melainkan dari negara lain juga. Beberapa fitur yang dapat kamu manfaatkan seperti Arah Kiblat, Azan, Jadwal Sholat, Al-Quran, dan lain-lain. Semua yang kamu butuhkan tersedia dalam satu aplikasi yang lengkap yaitu Muslim Pro.

2. Umma

Umma aplikasi pengingat waktu shalat

Aplikasi pengingat waktu sholat berikutnya juga tidak kalah populer yaitu Umma. Salah satu aplikasi yang juga memiliki banyak fitur yang bisa kamu andalkan. Umma menghadirkan fitur lengkap seputar jadwal sholat sesuai daerah atau lokasi yang bisa kamu atur sendiri, Arah Kiblat, Al-Quran lengkap dengan terjemahannya, dan lain-lain.

Satu hal yang menarik dari Umma yaitu terdapat grup chat khusus. Grup tersebut bertujuan mempermudah para pengguna yang ingin berkomunikasi dengan ustaz maupun komunitas Islam. Memanfaatkan Umma sebagai aplikasi pilihan akan membantu membuat ibadahmu tepat waktu dan kamu juga mampu menjalankan beberapa ibadah sunnah seperti mengaji atau membaca Asmaul Husna.

3. Prayer Time atau Salatuk

Prayer Time atau Salatuk

Berikutnya adalah Salatuk atau Prayer Time. Kamu bisa mengunduhnya melalui Play Store secara gratis. Aplikasi yang dikembangkan Masarat App ini menawarkan banyak fitur yang tidak kalah lengkap dari dua aplikasi sebelumnya.

Dalam Prayer Time, kamu bisa mendapatkan beragam informasi seputar lokasi masjid terdekat. Fitur yang sangat berguna bagi kamu yang sedang bepergian dan ingin menemukan lokasi sholat. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan fitur Arah Kiblat sehingga kamu bisa sholat menghadap ke arah yang sesuai.

Orang-orang yang hobi travelling sangat disarankan menginstal Salatuk. Kamu bisa berlibur ke mana pun kamu pergi tanpa harus ketinggalan waktu sholat.

4. iPray

ipray aplikasi waktu shalat

iPray juga menjadi aplikasi untuk mengingatkan waktu sholat. Hadir dengan tampilan menarik, banyak yang mulai tertarik menggunakan iPray. Fitur-fiturnya juga cukup lengkap di mana kamu bisa menemukan arah kiblat serta waktu sholat yang sesuai.

Kamu bisa mengunduh iPray melalui smartphone kesayanganmu. Dengan ukuran yang kecil, iPray juga menjadi salah satu aplikasi yang ringan.

Baca juga: 8 Aplikasi Belajar Bahasa Korea di Android Untuk Pemula

5. Aplikasi Pengingat Waktu Sholat yang Akurat, Usholli

Usholli Aplikasi waktu sholat

Usholli menjadi aplikasi yang akan membantumu mengingatkan jadwal waktu sholat di sela-sela kesibukanmu. Terdapat jadwal sholat sesuai lokasimu saat ini sehingga waktunya pun akurat. Selain itu, Usholli juga menyediakan informasi seputar jadwal shalat yang langsung dari website resmi Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pada aplikasi tersebut, kamu juga bisa mengatur alarm berupa suara azan. Kamu juga dapat memanfaatkan kompas untuk mengetahui lokasi arah kiblat yang sesuai. Memanfaatkan Usholli akan membantumu menjalankan sholat secara tepat waktu.

6. Prayer Time Muslim All In One

Prayertime waktu sholat

Berikutnya ada Prayer Time Muslim All In One. Aplikasi dari The Wali Studio ini menyediakan paket lengkap berupa jadwal sholat, arah kiblat, suara azan, dan lain-lain. Ketika waktu sholat tiba, kamu bukan hanya mendapatkan alarm seperti menyalakan alarm pada smartphone.

Namun kamu akan mendengarkan suara azan dan memberikan kesan tersendiri. Selain itu, di dalam Prayer Time Muslim All In One juga terdapat doa-doa harian, Al-Quran 30 Juz, lokasi masjid terdekat, dan masih banyak fitur lainnya. Apa pun yang kamu butuhkan sudah tersedia di dalam aplikasi tersebut.

7. Athanotify

Athanotify pengingat sholat

Aplikasi pengingat waktu sholat yang terakhir yaitu Athanotify. Kamu akan memperoleh informasi seputar jadwal sholat yang sudah tersistem secara mingguan. Jadi kamu bisa langsung tahu jadwal sholat untuk keesokan hari.

Kamu juga diberikan kebebasan untuk mengatur nada serta suara azan. Ketika bulan Ramadhan, sudah ada fitur imsak dan sahur. Berbagai widget juga tersedia yang bisa kamu letakkan di Homescreen.

Baca juga: 10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris di Android Bagi Pemula

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi pengingat waktu sholat terbaik. Semoga apa yang sudah disampaikan di atas bisa bermanfaat.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.