3 Aplikasi Pemutar Video Terbaik di Android

Aplikasi Pemutar Video Terbaik di Android – Dahulu orang-orang yang berprofesi sebagai karyawan atau pekerja dituntut untuk terus hadir di kantor setiap hari guna menyelesaikan beragam pekerjaannya, namun rasanya budaya bekerja seperti tersebut lambat laun mulai ditinggalkan karena hadirnya teknologi yang semakin memudahkan hidup manusia termasuk di bidang pekerjaan.

Saat ini terdapat istilah remote working yaitu bekerja dari jarak jauh tanpa harus bertemu secara fisik atau datang ke kantor. Remote working diyakini dapat meningkatkan performa kinerja karyawan apabila terdampak akan suatu hal sehingga tidak dapat hadir atau bertemu secara langsung.

3 aplikasi pemutar video terbaik di android

Salah satu cabang pekerjaan yang kini tengah naik daun adalah di bidang digital serta industri kreatif di mana peran teknologi berperan sangat vital di dalamnya seperti pembuatan konten berbasis video. Misalnya saja para agensi jasa penyedia periklanan dan materi promosi yang kerap menggunakan video sebagai produk yang mereka andalkan.

Bagi para penganut remote working, memeriksa hasil kerjaan berupa video tidak harus bertemu langsung melainkan bisa dikerjakan hanya dengan menggunakan smartphone serta aplikasi pemutar video, sehingga dapat langsung memeriksa hasil video yang telah selesai dibuat. Lalu bagaimana bila ingin berdiskusi terkait hasil video tersebut?

Saat ini sudah terdapat banyak sekali platform untuk melakukan teleconference yang memungkinkan sebuah working group untuk berdiskusi secara virtual. Misalnya saja seperti Zoom yang merupakan aplikasi layanan teleconference asal Tiongkok yang mampu menjadi solusi atau mungkin Skype keluaran Microsoft juga bisa untuk melakukan teleconference.

Baca juga: 7 Aplikasi Edit Video Di Android Terbaik (Gratis)

Intinya adalah kini segala sesuatu yang dianggap mustahil beberapa tahun belakangan sudah bukan lagi isapan jempol belaka. Melainkan telah menjadi sebuah kenyataan yang diyakini semakin mempermudah kehidupan manusia.

Aplikasi Pemutar Video Terbaik di Android

Berbicara mengenai aplikasi pemutar video, kali ini akan membahas beberapa rekomendasi aplikasi pemutar video terbaik yang mungkin bisa menjadi referensi anda untuk memutar video dan sebagai pendukung untuk bekerja secara remote, berikut merupakan aplikasinya:

1. MX Player

MX player Aplikasi Pemutar Video Terbaik di Android

Google Play Store menempatkan MX Player di posisi keempat namun tetap ditempatkan pada posisi pertama pada artikel ini. Karena menurut jumlah unduhan maka MX Player menempati urutan pertama dengan total jumlah unduhan yang mencapai 500 juta unduhan dan rating sebanyak 4.4/5.0 dengan jumlah review yang masuk sebanyak 8 juta.

Aplikasi yang berhasil menyabet predikat Editor’s Choice ini dikembangkan oleh MX Media & Entertainment dan dirilis pertama kali pada 18 Juli 2011 dengan pembaharuan terakhir pada 17 April 2020 dengan versi 1.22.8, MX Player sendiri memiliki ukuran aplikasi sebesar 23.09 MB.

Jika salah satu dari anda belum mengetahui apa itu Editor’s Choice, yaitu merupakan aplikasi pilihan yang dipilih langsung oleh Google Play Store editors berdasarkan kualitas aplikasi dan kemudahannya bagi para pengguna.

Salah satu fitur unggulan MX Playe adalah multi-core decoding yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi kinerja aplikasi terhadap prosesor ponsel. Maka dari itu bagi ponsel yang memiliki multi-core akan sangat berdampak dengan adanya fitur tersebut dan menurut klaim MX Player. Kehadiran multi-core decoding dapat meningkatkan performa ponsel hingga 70% lebih baik dibandingkan dengan ponsel yang hanya memiliki single-core.

Fitur lainnya juga cukup bermanfaat apabila anda akan menggunakan MX Player untuk anak atau adik anda dengan menggunakan fitur kids lock yaitu fungsi yang membuat ponsel tidak dapat membuka aplikasi lain saat sedang memutar sebuah video.

Tentunya dengan kebiasaan anak kecil yang kerap menekan layar dan sebagainya dapat menutup aplikasi pemutar video. Namun dengan adanya fitur ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut, serta pemberian age restriction 3+ yang artinya aman jika digunakan untuk anak minimal berusia 3 tahun ke atas.

MX Player juga mendukung berbagai format subtitle yang sangat membantu anda dalam memahami bahasa asing. Format subtitle yang didiukung antara lain DVD, SubStation Alpha, SAMI, SubRip, MicroDVD, VobSub, SubViewer2, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 4 Aplikasi Compress Video Terbaik Untuk Android

2. VLC for Android

VLC for Android - Aplikasi Pemutar Video Terbaik di Android

Kemudian di urutan selanjutnya terdapat VLC for Android yang sudah familiar di telinga kita. VLC juga merupakan salah satu pemutar video terbaik yang bisa anda dapatkan untuk perangkat komputer atau laptop anda. VLC for Android memiliki total unduhan sebanyak 100 juta unduhan dengan rating sebanyak 4.4/5.0. Dengan jumlah review yang masuk sebanyak 1 juta review.

Aplikasi buatan Videolabs ini pertama kali dirilis pada 4 Februari 2015 dan mendapat pembaharuan terakhir pada 7 April 2020 dengan versi terakhir 3.2.11. VLC for Android juga memiliki ukuran aplikasi sebesar 20.09 MB. Tidak mau kalah dengan MX Player, VLC for Android juga berhasil menyandang predikat Editor’s Choice dari Google Play Store. Yang membuatnya semakin dipercaya karena kualitas aplikasinya dan kemudahan dalam penggunaannya.

Salah satu keunggulan VLC for Android adalah kemudahan penggunaannya. Karena memiliki tampilan yang sederhana tanpa hiasan tombol yang banyak semakin memudahkan pengguna dalam pengoperasiannya. Jika anda telah mencoba atau bahkan memiliki VLC versi komputer maka kemungkinan besar anda tidak akan merasa asing lagi saat menggunakan VLC for Android di ponsel kesayangan anda.

Fitur lainnya yang tidak kalah penting adalah compatibility nya dalam memainkan beragam format video. VLC memiliki dukungan format video yang dapat dikatakan terluas dengan format video yang didukung antara lain MKV, MP4, AVI, MOV, Ogg, FLAC, TS, M2TS, Wv, dan AAC. Dengan tersedianya format video yang dapat diputar, anda tidak perlu khawatir lagi untuk menonton video di VLC for Android.

Selain itu, berkat tampilan VLC for Android yang sederhana maka kemungkinan akan terjadinya lag akan semakin kecil. Kemudian, VLC for Android juga memungkinkan pengguna untuk mengakses video dalam bentuk online streams dengan menyertakan URL video yang diinginkan. Maka video akan segera muncul di tampilan VLC for Android anda.

Baca juga: 4 Aplikasi Download Lagu MP3 Terbaik Untuk Android

3. KM Player – All Video & Music Player

KM Player - All Video & Music Player

Di urutan ketiga sekaligus terakhir terdapat KM Player dengan total jumlah unduhan mencapai 10 juta unduhan. Dengan rating sebanyak 4.4/5.0 dengan jumlah review yang masuk sebanyak 326 ribu. Aplikasi yang dikeluarkan oleh PANDORA.TV ini pertama kali dirilis pada 19 Maret 2014 dan mendapatkan pembaharuan terakhir pada 21 April 2020 dengan versi 20.04.211.

KM Player memiliki ukuran aplikasi sebesar 33.90 MB yang mana membuatnya terbesar apabila dibandingkan dengan dua aplikasi pemutar video sebelumnya.

Fitur yang membuatnya cukup menarik adalah dapat memutar video melalui cloud misalnya melalui Google Drive. Hal tersebut berkat dukungan private server connection yang ditawarkan oleh KM Player. Sehingga dapat terhubung melalui sambungan FTP, UPNP, dan SMB.

Selain itu, fitur untuk melakukan video stream juga bisa dilakukan layaknya pada VLC for Android pada pembahasan sebelumnya. Serta KM Player juga dapat mendukung keberadaan konten VR (Virtual Reality) tanpa harus memiliki perangkat VR sekalipun. Tentunya fitur tersebut sangat bermanfaat bagi anda yang termasuk sebagai tech enthusiast.

KM Player juga menjadi aplikasi pemutar video di ponsel android yang mendukung pemutaran video dengan kualitas HD, 4K, 8K, UHD, dan Full HD. Sehingga kualitas visual yang ditawarkan akan menjadi maksimal.

Baca juga: 3 Aplikasi Nonton Film Terbaik di Android

Seperti itulah beberapa rekomendasi aplikasi pemutar video terbaik di android. Yang dapat menjadi sumber referensi anda untuk menonton atau kegiatan lainnya yang berhubungan. Untuk hasil aplikasi yang lebih maksimal, anda dapat menyesuaikan beragam fitur dari aplikasi tersebut dengan kebutuhan anda. Sehingga performa aplikasi dan kualitas menonton anda juga akan menjadi lebih maksimal. Semoga ulasan mengenai aplikasi pemutar video terbaik di Android bisa bermanfaat bagi Anda. Dan jangan lupa baca juga artikel-artikel menarik lainnya di selembar.com, Trimakasih.

Leave a Reply