4 Aplikasi Kompres Video Terbaik Untuk Android

Aplikasi Kompres Video Terbaik Untuk Android – Media penyimpanan merupakan bagian yang tidak dapat dilepaskan pada perangkat komputasi baik itu pada smartphone, komputer, atau laptop sekalipun. Dengan adanya media penyimpanan, mesin dapat menjalankan seluruh komponennya sehingga dapat kita gunakan dengan nyaman saat ini. Lalu mengapa media penyimpanan memainkan peran penting?

Misalnya saja RAM (Random Access Memory) yang terdapat di setiap perangkat komputasi berperan penting. Fungsi RAM antara lain sebagai media penyimpanan sementara dan tempat untuk menerima berbagai instruksi dari komputer. Sehingga semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin cepat pula proses yang terjadi pada perangkat komputasi anda.

Kemudian ada juga yang disebut sebagai harddisk yang berfungsi sebagai media penyimpanan yang bersifat permanen, biasanya kita menyebut sebagai internal storage. Dengan harddisk kita dapat menyimpan berbagai bentuk file seperti gambar, video, suara, dan bentuk-bentuk file lainnya.

Namun media penyimpanan tetaplah media yang memiliki batasan menyimpan. Hal ini tentu mengharuskan penggunanya bijak saat menggunakan komputer karena jika tidak bukan tidak mungkin perangkat anda akan melemah performanya.

4 Aplikasi Kompres Video Terbaik Untuk Android

Saat ini mungkin anda dapat menyiasati dengan membagi porsi penyimpanan, ada yang disimpan pada internal storage, external storage, atau pada cloud storage. Namun tetap saja anda disarankan untuk bijak karena lambat laun akan merasakan kekurangan memori di ketiga jenis penyimpanan tersebut.

Baca juga: 10 Aplikasi Perekam Suara Terbaik dan Jernih Di Android

Salah satu jenis file yang kerap memakan banyak memori adalah video, ditambah dengan semakin besarnya resolusi yang ditawarkan para pabrikan ponsel atau kamera semakin membuat ukuran video membesar dan membutuhkan media penyimpanan yang membesar pula.

Hal tersebut mungkin akan membuat sebagian orang merasa terganggu akibat keterbatasan penyimpanan yang mereka miliki. Solusi pertama mungkin anda dapat menambah penyimpanan eksternal dengan menggunakan memori SD card tambahan.

Atau saat anda dapat memilih ruang penyimpanan yang lebih besar saat anda ingin membeli ponsel, kemudian anda dapat mengatasinya adalah dengan mengompres video yang anda miliki. Aktivitas ini berarti akan mengurangi besaran video anda sekaligus mengurangi kualitas video anda.

Beberapa aplikasi kompres video dapat anda dapatkan di Google Play Store untuk membantu mengatasi permasalahan anda. Berikut ini merupakan ulasan dari beberapa aplikasi kompres video di Android:

4 Aplikasi Kompres Video Terbaik Untuk Android

1. Video to MP3 Converter & Compressor – VidCompact

Video to MP3 Converter & Compressor - VidCompact

Di urutan pertama hasil pencarian Google Play Store menunjukkan bahwa aplikasi kompres video dengan unduhan terbanyak adalah VidCompact.

Dengan jumlah unduhan mencapai 10 juta dengan rating 4.6 / 5.0 dari 188 ribu review yang masuk. Aplikasi besutan VideoShow EnjoyMobi Video Editor & Video Maker Inc ini pertama kali dirilis di Google Play Store pada 12 Oktober 2016 dengan pembaharuan aplikasi terakhir pada 24 April 2020 dalam versi 3.3.8.

Aplikasi kompres video ini memiliki ukuran sebesar 14.88 MB yang tidak terlalu besar. Mengingat VidCompact memiliki beragam fitur yang siap mempermudah aktivitas anda terutama yang berkaitan dengan video. Namun yang perlu diperhatikan adalah aplikasi ini mengandung iklan di dalamnya.

Terdapat beberapa alasan mengapa VidCompact berhasil menempati urutan pertama. Alasan pertama adalah aplikasi ini dapat kompatibel dengan beragam format video antara lain AVI, MKV, FLV, RMVB, 3GP, MPEG, WMV, dan MOV.

Yang tentu saja akan semakin mempermudah penggunanya dalam melakukan kompresi video. Kedua adalah aplikasi ini gratis alias anda tidak perlu membayar sepeserpun. Ditambah dengan tidak adanya limit ukuran dari video yang ingin anda kecilkan ukurannya.

Baca juga: 7 Aplikasi Edit Video Di Android Terbaik (Gratis)

Aplikasi ini juga mengklaim dapat melakukan kompresi video dengan durasi yang cepat serta mengurangi ukuran video tanpa menurunkan kualitas dari video tersebut. Tampilan aplikasi juga didesain sedemikian rupa sehingga mudah untuk digunakan.

2. Video Compress (Kompres Video)

Video Compress

Selanjutnya terdapat aplikasi bernama Video Compress yang juga tidak kalah populer, karena berhasil mendapat jumlah unduhan sebanyak 5 juta dengan rating 4.2 / 5.0 dari 37 ribu review yang masuk.

Aplikasi buatan Mel Studio Apps ini pertama kali dirilis pada 12 Maret 2015 dengan pembaharuan terakhir pada 13 November 2016 dalam versi 3.7.04. Aplikasi ini memiliki ukuran aplikasi sebesar 11.88 MB.

Namun aplikasi ini masih terdapat iklan di dalamnya akibat dari aplikasi yang berstatus gratis. Kembali lagi selama iklan tidak terlalu mengganggu sebenarnya masih dapat ditoleransi karena di satu sisi iklan membantu para developer untuk mendapatkan keuntungan.

Video Compress menawarkan tampilan yang menarik bagi penggunanya. Dengan tampilan yang sangat sederhana dan simpel sehingga pengguna tidak perlu repot untuk mempelajari tampilan yang rumit. Video Compress juga mengklaim bahwa proses kompresi tidak akan mempengaruhi kualitas video sesaat setelah proses kompresi selesai.

Serta masih terdapat fitur lainnya selain kompresi video, yaitu dapat melakukan konversi video ke audio dan salah satu hal kecil namun berguna adalah bahwa aplikasi ini dapat dijalankan pada saat koneksi internet sedang lemah.

Baca juga: 10 Situs Download Subtitle Indonesia Terbaik

3. Video Compressor Panda: Resize & Compress Video

Video Compressor Panda: Resize & Compress Video

Di urutan ketiga terdapat Video Compressor Panda yang juga dapat diandalkan dengan jumlah unduhan mencapai 1 juta dengan rating 4.7 / 5.0 dari 107 ribu review.

Aplikasi buatan Farluner Apps & Games ini pertama kali dirilis pada 26 Juni 2018 dengan pembaharuan terakhir pada 28 April 2020 dalam versi 1.1.8. Video Compressor Panda juga memiliki ukuran sebesar 22.10 MB, yang mana lebih besar dari aplikasi sebelumnya serta masih terdapat iklan di dalamnnya.

Video Compressor Panda memiliki fitur yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan VidCompact. Aplikasi Video Compressor Panda juga kompatibel dengan berbagai format video seperti MP4, AVI, MKV, FLV, RMVB, 3GP, MPEG,WMV, dan MOV.

Aplikasi ini juga menawarkan proses kompresi video dengan sangat cepat tanpa merubah hasil kualitas. Keuntungan melakukan kompresi video adalah anda dapat mengirimkan video melalui email atau bahkan mengunggah video ke sosial media walaupun koneksi internet sedang lambat.

4. Video Compressor – Fast Compress Video & Photo

Video Compressor - Fast Compress Video & Photo

Di urutan terakhir terdapat aplikasi bernama Video Compressor dengan jumlah unduhan mencapai 1 juta. Dengan rating 4.5 / 5.0 dari 29 ribu review yang masuk. Aplikasi buatan MobileIdea Studio ini memiliki ukuran aplikasi sebesar 5.49 MB. Ukuran yang relatif kecil mengingat fitur yang ditawarkan tidak hanya kompresi video.

Video Compressor pertama kali hadir di platform Android pada 20 Agustus 2018 dengan pembaharuan terakhir pada 30 Maret 2020 dalam versi 1.2.02. Aplikasi ini juga masih terdapat iklan di dalamnya karena penggunaannya yang gratis bagi setiap penggunanya..

Video Compressor memberikan beberapa opsi saat melakukan kompresi video dari kualitas rendah, normal, hingga tinggi. Aplikasi ini juga menawarkan proses kompresi yang cepat karena menggunakan hardware codec yang mana akan mempercepat proses tersebut.

Kita patut bersyukur dengan perkembangan teknologi saat ini memungkinkan untuk mengurangi ukuran dari sebuah video dengan mudah. Dapat dibayangkan apabila aplikasi kompres video belum ada maka kebutuhan kita akan memori akan semakin besar dan menguras uang.

Baca juga: 8 Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android

Semoga ulasan-ulasan mengenai aplikasi kompres video terbaik tersebut dapat menjadi referensi anda dalam memilih aplikasi kompres video di Android. Dan jangan lupa baca juga artikel-artikel menarik lainnya yang ada di selembar.com, Trimakasih.

Leave a Reply