3 Aplikasi Cek Ongkir dan Resi Terpopuler di Android

Jika kamu sedang mencari aplikasi cek ongkir dan cek resi di Android, berikut ini beberapa aplikasi yang bisa kamu coba. Penasaran apa saja? simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Istilah bahwa teknologi dapat merubah manusia sepertinya bukan sekadar isapan jempol belaka melainkan sudah mulai nampak realisasinya di kehidupan kita saat ini. Apakah kamu belum pernah menggunakan layanan e-commerce yang ada di Indonesia?.

Mungkin sebagian besar akan menjawab tidak alias sudah pernah menggunakan layanan tersebut. Tidak dapat dipungkiri bahwa berbelanja menggunakan e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dan sebagainya sudah menjadi pilihan sebagian masyarakat Indonesia saat ini.

Para penyedia layanan e-commerce selain menawarkan kemudahan dalam berbelanja juga turut serta memberikan berbagai penawaran terbaik seperti flash sale dan cashback.

Dikutip dari Media Indonesia, pada Juni 2019 pengguna layanan e-commerce diproyeksikan mencapai angka 168,3 juta pengguna dan akan terus bertambah hingga 212,2 juta pengguna pada tahun 2023.

Hal tersebut menunjukkan bahwa eksistensi layanan e-commerce akan semakin diminati oleh masyarakat. Mengingat pertumbuhan pengguna internet di Indonesia juga menunjukkan tren yang positif.

Jika kamu berbelanja menggunakan layanan e-commerce maka tentu saja kamu berhubungan dengan pihak kurir atau ekspedisi pengiriman sebagai media antara kamu dan penjual untuk mengantara barang belanjaanmu. Perasaan khawatir akan barang yang baru kamu beli mungkin saja terlintas di pikiranmu apakah barangmu baik-baik saja atau tidak.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan tracking terhadap barang belanjaanmu menggunakan nomor resi yang diberikan oleh penjual sebelumnya.

Dengan melakukan tracking maka kamu akan mendapatkan informasi yang berkaitan dengan pengiriman. Seperti status pengiriman dan timeline perjalanan barangmu dari penjual hingga sampai ke tanganmu. Dengan demikian rasa khawatir kamu bisa sedikit teratasi karena telah mengetahui status pengirimanmu.

Baca juga: 7 Dompet Digital (E-Wallet) Terbaik di Indonesia

Saat ini cara melakukan tracking cukup mudah, bermodalkan smartphone maka kamu sudah dapat melakukan tracking. Jika kamu sedang mencari aplikasi untuk cek ongkir dan resi. Simak beberapa ulasan aplikasi cek ongkir dan resi untuk Android yang bisa menjadi referensimu.

Aplikasi Cek Ongkir dan Resi Terpopuler di Android

1. Raja Ongkir: Ongkos Kirim dan Cek Resi Lengkap

Raja Ongkir Aplikasi Cek Ongkir dan Resi Terpopuler di Android

Di urutan pertama hasil pencarian menggunakan Google Play Store ditempati oleh aplikasi bernama Raja Ongkir. Raja Ongkir sukses meraih jumlah unduhan sebanyak 1 juta unduhan. Dengan rating 4.4 / 5.0 dari 14 ribu review yang masuk. Raja Ongkir sendiri pertama kali hadir di platform Android pada 28 Februari 2014. Dengan pembaruan terakhir pada 2 Mei 2020 dalam versi 2.43.0.

Aplikasi ini dikembangkan oleh RajaOngkir dengan ukuran aplikasi sebesar 2.40 MB. Yang mana tidak terlalu besar jika digunakan oleh smartphone keluaran terbaru atau beberapa tahun belakangan ini. Walaupun aplikasi Raja Ongkir bersifat gratis namun di dalamnya terdapat iklan yang dapat muncul sewaktu-waktu kamu sedang menggunakannya.

Aplikasi Raja Ongkir menawarkan fitur pengecekan ongkos kirim dan tracking paket yang mendukung cukup banyak ekspedisi seperti JNE, POS Indonesia, TIKI, Wahana, J&T, SiCepat, JET Express dan berbagai ekspedisi ternama di Indonesia.

Namun untuk pengecekan internasional masih terbatas kepada beberapa ekspedisi saja antara lain TIKI, POS Indonesia, JNE, Solusi Ekspres, Expedito, dan Lion Parcel.

Raja Ongkir memiliki beberapa fitur unggulan yaitu penggunaan yang simpel, fleksibel dan cepat yang direalisasikan dengan tampilan yang cukup ringan sehingga mudah dipahami oleh para penggunanya. Kemudian besaran aplikasi yang ringan hanya sebesar 2.40 MB.

Dan yang terakhir adalah fitur pencarian yang detail hingga ke tingkat kecamatan/kelurahan sehingga semakin memudahkan proses tracking barang.

Baca juga: 10 Situs Download Subtitle Indonesia Terbaik

2. Cek Resi dan Ongkir Kiriman

Aplikasi Cek Ongkir dan Resi Kiriman

Kemudian di urutan kedua terdapat aplikasi Cek Resi dan Ongkir kiriman. Dengan jumlah unduhan mencapai 1 juta unduhan dengan rating 4.2 / 5.0 dari 31 ribu review yang masuk. Aplikasi buatan Ayiip ini pertama kali hadir di Google Play Store pada 16 Mei 2016 dengan pembaharuan terakhir pada 1 Desember 2019 dalam versi 15.1.

Aplikasi ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan Raja Ongkir yaitu sebesar 6.21 MB. Sama seperti aplikasi sebelumnya di mana Cek Resi dan Ongkir Kiriman ini juga dapat dinikmati secara cuma-cuma namun terdapat iklan di dalamnya.

Salah satu fitur yang membedakan aplikasi ini dengan sebelumnya adalah fitur untuk menyimpan dan menghapus nomor resi. Dengan demikian kamu tidak perlu memasukkan nomor resi berulang-ulang dan tidak pula perlu khawatir lupa serta apabila kamu sudah tidak memerlukan nomor resi tersebut maka kamu dapat menghapusnya supaya tidak menambah beban aplikasi.

Untuk melakukan cek nomor resi, aplikasi ini dapat melakukan pengecekan ke banyak ekspedisi ternama di Indonesia seperti JNE, TIKI, POS Indonesia, Wahana, Pandu, PCP, J&T Express dan masih banyak lagi. Serta untuk melakukan cek ongkos kirim juga menjangkau berbagai ekspedisi mainstream yang kamu sering gunakan sehari-hari.

Kemudian terdapat fitur pembeda lainnya dari aplikasi yang lain di mana pada aplikasi Cek Resi dan Ongkos Kirimanmu dapat menggunakan fitur barcode scanner, text scanner hingga backup account. Yang membuatmu semakin nyaman dalam menggunakan aplikasi ini.

Tidak heran ukuran aplikasi ini lebih besar dibandingkan sebelumnya. Kamu juga dimungkinkan mengecek ongkos kirim dengan akurat. Karena aplikasi ini mendukung pengecekan hingga ke tingkat kecamatan atau desa yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: 8 Aplikasi Pembuat Logo Di Android Terbaik

3. My JNE – Aplikasi cek ongkir dan resi JNE

My JNE - Aplikasi cek ongkir terbaik

Jika sebelumnya membahas aplikasi cek ongkir dan resi dari pihak ketiga. Kali ini akan membahas aplikasi resmi dari salah satu ekspedisi populer di Indonesia yaitu JNE.

Menggunakan nama aplikasi My JNE kini telah jumlah unduhan di Google Play Store mencapai 1 juta unduhan. Dengan rating yang terbilang tidak cukup baik hanya 2.5 / 5.0. Dengan review yang masuk sebanyak 90 ribu review.

Aplikasi buatan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir ini pertama kali dirilis untuk Android pada 27 Januari 2016. Dengan pembaruan terakhir pada 19 September 2019 dalam versi 2.3.12. Selain itu, My JNE memiliki ukuran aplikasi cukup besar yaitu 18.24 MB.

Namun aplikasi ini bebas dari iklan yang mungkin disebabkan karena My JNE merupakan aplikasi resmi dari salah satu perusahaan ekspedisi Indonesia.

Penggunaan My JNE sedikit berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya. Di mana setiap pengguna diminta untuk mendaftarkan nomor ponselnya untuk dapat menggunakan fitur-fitur yang tersedia.

Nantinya kamu dapat melakukan cek ongkir secara detail karena dilakukan juga pengukuran besaran barang. Sehingga kamu mendapatkan estimasi tarif yang lebih optimal.

Selain itu kamu juga dapat menggunakan fitur tracking barang menggunakan AWB (Airway Bill) dan melacak status kiriman paketmu melalui fitur My Shipment.

Itulah beberapa ulasan mengenai aplikasi cek ongkir dan resi yang populer menurut pencarian Google Play Store. Mulai dari aplikasi pihak ketiga sampai pada aplikasi resmi dari salah satu perusahaan ekspedisi Indonesia. Yang semakin memudahkanmu dalam melakukan pengecekan ongkir dan pelacakan resi paket.

Baca juga: 3 Aplikasi Penguat Sinyal Terbaik Untuk HP Android

Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat dan dapat menjadi referensimu sebagai acuan dalam memilih aplikasi cek ongkir dan resi sesuai kebutuhanmu. Dan jangan lupa untuk membaca artikel-artikel bermanfaat lainnya yang ada di blog ini, Terimakasih.

SHARE ON

Leave a Reply