Ukuran Kertas Legal dalam Mm, Cm, Inci dan Pixel (Lengkap)

Ukuran Kertas Legal – Kertas legal mungkin tidak lagi menjadi hal yang asing, terutama bagi Anda yang sudah menyelam lama di dunia percetakan. Kertas legal ini termasuk ke dalam salah satu jenis kertas yang banyak digunakan dibandingkan dengan jenis kertas yang lainnya. Bahkan, kertas ini pun memiliki standar yang diakui oleh dunia.

Meskipun begitu, karena pengaturan komputer semakin beragam, masih ada beberapa orang yang merasa bingung terhadap ukuran kertas legal dalam berbagai satuan. Hal ini karena sistem komputer memiliki banyak satuan yang dapat dipilih. Lalu, bagaimana cara mengetahui ukuran satuan tersebut?

Tak perlu khawatir, sebab Anda bisa mendapatkan informasi lengkapnya dalam artikel ini. Anda dapat mengetahui ukuran kertas legal tersebut mulai dari satuan milimeter, centimeter, dan juga ukuran pikselnya. Simak pembahasannya sebagai berikut!

Kegunaan Kertas Legal

Di Indonesia, kertas legal ini lebih banyak dikenal dengan nama kertas F4. Jenis kertas ini memiliki banyak kegunaan yang berkaitan erat dengan proses pencetakan. Anda dapat menggunakan jenis kertas ini untuk kebutuhan yang beragam, salah satunya adalah untuk mencetak dokumen yang sangat bersifat penting. Maka, tidak heran jika banyak kantor yang menggunakan kertas jenis ini.

Ukuran Kertas Legal dalam Berbagai Satuan (Mm, Cm, Inci & Pixel)

Ukuran Kertas Legal dalam Mm, Cm, Inci dan Pixel

Adanya berbagai satuan yang digunakan untuk ukuran kertas legal adalah untuk memudahkan dalam pengaturan sistem operasi komputer yang dijalankan. Dengan begitu, proses pencetakan pun akan semakin mudah. Selain itu, dengan mengetahui ukurannya, Anda pun tidak akan salah dalam memilih jenis kertas ketika melakukan pembelian atau yang lainnya. Berikut adalah macam-macam satuan yang digunakan untuk ukuran kertas ini.

Ukuran kertas legal dalam milimeter (mm)

Dalam satuan milimeter, kertas legal memiliki ukuran 215,9 mm x 355,6 mm. Hal ini menunjukkan bahwa lebar kertas tersebut adalah 215,9 mm. Sedangkan untuk tinggi kertasnya adalah 355,6 mm.

Ukuran kertas legal dalam centimeter (cm)

Selanjutnya, dalam satuan centimeter (cm), kertas legal ini memiliki ukuran dengan lebar 21,59 cm dan tingginya dengan 35,56 cm. Jika disatukan, maka ukurannya adalah 21,59 cm x 35,56 cm. Hal ini penting sekali untuk diperhatikan karena memiliki ukuran kertas legal dalam berbagai satuan ini memiliki perbedaan masing-masing.

Kertas legal dalam Inci (in)

Kemudian dalam satuan inci jenis kertas ini memiliki ukuran 8,5 in x 14 in. yaitu dengan lebar 8,5 inci dan panjangnya 14 inci.

Ukuran kertas legal dalam satuan pixel (px)

Dunia grafis juga menggunakan kertas legal untuk kepentingan percetakan. Akan tetapi, satuan yang digunakan untuk mengukur kertas ini adalah satuan pixel.

Hal ini karena satuan pixel dipengaruhi oleh ketajaman titik warna atau yang biasa disebut DPI (dots per in) yang terdapat dalam halaman tersebut.

Meskipun begitu, DPI ini memiliki standar yang berbeda-beda, sehingga Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Di antara standar yang dapat dipilih tersebut adalah 72 DPI, 96 DPI, 150 DPI, dan 300 DPI.

Standar yang berbeda tersebut juga berpengaruh pada ketajaman titik warna yang dimiliki, sehingga hasilnya pun tentu berbeda. Data lengkapnya dapat dilihat dalam rincian berikut.

  • 300 DPI adalah 2550 x 4200 px, yaitu dengan lebar 2550 pixel dan panjang 4200 pixel.
  • 150 DPI ialah 1275 x 2100 px, lebarnya 1275 pixel dan panjang 2100 pixel
  • 96 DPI  adalah 816 x 1344 px, untuk lebarnya 816 pixel sedangkan panjangnya 1344 pixel.
  • 72 DPI adalah 612 x 1008 px, dengan lebar 612 pixel dan panjangnya 1008 pixel.

Di atas merupakan ukuran kertas legal yang diakui secara internasional dengan satuan Pixel dan DPI. Maka dari itu, dalam dunia grafis, Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan yang dimiliki.

Baca juga: Ketahui detail ukuran A4 dalam satuan mm, cm dan inci

Mengenal Kertas Junior Legal dan Ukurannya

Kertas legal juga memiliki variasi junior legal yang umum digunakan di wilayah Amerika Serikat, yang artinya jenis kertas ini tidak populer di Indonesia. Ukuran yang dimiliki oleh junior legal tentu lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran legal standar.

Ukuran kertas junior legal dalam berbagai satuan di antaranya adalah 127 mm x 203 mm untuk satuan milimeter. Kemudian, untuk satuan centimeter, kertas ini berukuran 12,7 cm x 20,3 cm. Sedangkan untuk satuan inch, ukuran kertas ini menjadi 5 inch x 8 inch.

Sama halnya dengan kertas legal standar, junior legal juga memiliki satuan pixel yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan dunia grafis. Detail ukurannya adalah sebagai berikut:

  • 300 PDI 1500 x 2400 px, lebar 1500 pixel dan panjang 2400 pixel
  • 150 DPI  750 x 1200 px, untuk lebar 750 pixel dan panjang 1200 pixel
  • 96 DPI 480 x 768 px, lebarnya 480 px dan panjang 768 px
  • 72 DPI 360 x 576 px, dengan lebar 360 px dan panjangnya 576 px.

Dari rincian data di atas dapat disimpulkan bahwa semakin besar tingkat ketajaman DPI pada gambar, maka akan semakin besar juga resolusinya. Hal ini karena resolusi dihitung dari satuan pixel yang dimiliki.

Banyaknya penggunaan kertas legal ini tidak jauh dari keunggulan yang dimilikinya. Salah satu keunggulannya adalah memiliki ukuran paling besar di antara kertas HVS yang lainnya. Hal ini memungkinkan Anda untuk bisa menghemat dalam menggunakan kertas untuk kebutuhan kantor dan juga kebutuhan pribadi.

Baca juga: Ini dia detail ukuran kertas kuarto dalam mm, cm dan inci

Nah, itulah kegunaan dan juga ukuran kertas legal dalam berbagai satuan mulai dari mm, cm, inci dan juga pixel yang bisa Anda kenali dengan mudah. Anda juga dapat memanfaatkan kertas legal ini karena bidangnya yang lebih luas dan tidak mudah robek.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru