Ukuran Kertas A3 Plus dalam Cm, Mm, Inci dan Pixel serta Kegunaannya

Ukuran Kertas A3+ (Plus) – Bagi sebagian orang kertas berukuran A3+ kurang familier dibandingkan dengan beberapa ukuran kertas seri A yang ada. Apalagi hanya kalangan terbatas menggunakan kertas jenis ini. Namun, kertas seri ini lumrah digunakan di industri percetakan.

Sebenarnya seperti apa kertas A3+? Apa perbedaan kertas A3 dengan kertas A3+? Apa saja ukuran kertas A3+ (plus) dalam berbagai satuan dan kegunaannya? Yuk, simak penjelasannya.

Apa Itu Kertas A3+?

Ternyata kertas berukuran A3+ ini cukup dikenal dan sering dimanfaatkan pada industri percetakan dan desain grafis. Mereka menggunakan kertas ini sebagai media untuk mencetak atau berkarya.

Apalagi seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak bisnis percetakan digital offset (percetakan gambar berbasis digital), baik menggunakan teknologi pasta maupun toner menggunakan kertas ini.

Perbedaan Kertas A3 dengan Kertas A3+ (Plus)

Kertas A3 dan kertas A3+ sering digunakan untuk mencetak atau membuat desain. Namun, kedua kertas ini memiliki beberapa perbedaan, termasuk ukuran dan hasil cetak. Ukuran kertas A3+ lebih besar dari kertas A3. Kertas A3 memiliki ukuran 29.7 X 42cm atau dua kali ukuran kertas A4. Sementara itu, ukuran kertas A3+ adalah 32,9 X 48,3cm.

Selain dari segi ukuran, perbedaan lain terletak pada area cetak. Kertas dengan ukuran A3+ (plus) memiliki area cetak yang lebih luas dan fleksibel. Misalnya, Anda ingin mencetak suatu desain atau gambar berukuran kecil dalam jumlah banyak, Anda tidak perlu banyak halaman untuk mencetak. Cukup dengan memaksimalkan kegunaan kertas A3+, jumlah desain berukuran kecil dapat ditampung.

Baca juga: Ketahui detail ukuran kertas A4 dalam mm, cm dan inci

Misalnya, Anda ingin membuat brosur dimana semua lembaran diberikan desain dan warna. Hasil cetakan yang penuh desain dan warna dapat tertampung di kertas berukuran A3+. Bahkan hasilnya dapat menjangkau pinggiran kertas.

Kualitas cetakan pun tidak akan terganggu. Jadi, ketika tahap penyelesaian Anda masih bisa memotong bagian pinggir kertas dengan alat pemotong ataupun gunting.

Ukuran Kertas A3+ (Plus) dalam Mm, Cm, Inci dan Pixel

Ukuran kertas A3 plus dalam mm, cm dan inci

Seperti kertas seri A lainnya, kertas A3+ (plus) juga memiliki ukuran dalam berbagai satuan. Para pengguna di industri percetakan dan desain grafis perlu mengetahui ukuran kertas dalam beberapa satuan untuk memudahkan mereka untuk bekerja.

Adapun ukuran kertas A3+ (plus) dalam berbagai satuan adalah sebagai berikut:

1. Ukuran kertas A3+ dalam mm

Salah satu ukuran kertas berukuran A3 plus yang digunakan adalah dalam satuan milimeter (mm). Jadi ukuran kertas ini memiliki lebar 329 mm dan panjang 483 mm, atau 329 x 483 mm.

2. Ukuran kertas A3+ dalam cm

Selanjutnya, satuan lain untuk kertas berukuran A3 plus adalah cm (sentimeter). Kertas ini terdiri dari 32.9 cm x 48.3 cm. Ini berarti kertas memiliki panjang 48,3 cm dengan lebar 32,9 cm.

3. Ukuran kertas A3+ dalam inci

Ukuran kertas dalam satuan inci juga berlaku pada kertas berukuran A3 plus. Kertas A3+ dalam inci memiliki panjang 19 inci dengan lebar 13 inci, atau 19 x 13 inci.

4. Ukuran kertas A3+ dalam piksel

A3 plus juga memiliki beberapa ukuran dalam satuan piksel. Biasanya penggunaan satuan ini memudahkan para desainer grafis untuk membuat gambar. Satuan piksel akan menyesuaikan dengan konfigurasi dots per in atau singkatnya DPI.

DPI merupakan jumlah titik warna (piksel) pada setiap inci. Berikut ini adalah penjelasan ukuran kertas A3 plus dalam piksel.

  • Ukuran kertas A3 + dalam 72 DPI memiliki panjang 1368 piksel dengan lebar 936 piksel.
  • Ukuran kertas A3 + dalam 96 DPI terdiri dari 1248 x 1824 piksel. Artinya, panjang kertas berupa 1824 piksel dengan lebar 1248 piksel.
  • Ukuran Kertas A3 +dalam 150 DPI terdiri dari panjang 2850 piksel dan lebar 1950 piksel.
  • Ukuran Kertas A3 + dalam 300 DPI mempunyai panjang kertas 5700 piksel dengan lebar 3900 piksel.

Kegunaan Kertas A3+

Pada dasarnya kertas A3+ memiliki berbagai kegunaan yang sama seperti kertas berukuran A3. Berikut ini adalah beberapa kegunaannya.

1. Kertas desain

Kertas A3+ memiliki fungsi sebagai kertas desain. Ukurannya yang besar memudahkan para pekerja profesional di bidang desain grafis atau percetakan untuk menggambar atau mencetak. Hasil gambar atau cetak menggunakan kertas ini lebih detail dan jelas.

2. Media untuk membuat kartu

Pernah melihat kartu undangan, media gambar, poster, atau pamflet? Nah, kertas A3 plus bisa menjadi bahan dasar untuk membuat kartu-kartu tersebut. Selain itu, pelajar dan pegawai kantor bisa memanfaatkan kertas ini untuk membuat laporan pekerjaan.

3. Media untuk membuat karya unik

Kertas A3 plus memiliki berbagai ketebalan. Kertas ini dapat di gunakan sebagai media untuk membuat karya berupa origami 3D. Dengan pemilihan ketebalan kertas yang tepat, objek origami yang di buat lebih kokoh dan kuat.

Baca juga: Ketahui detail ukuran kertas a6 dalam satuan cm, mm dan inci

Inilah penjelasan seputar ukuran kertas A3+ (plus) dalam berbagai satuan dan beberapa kegunaannya. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda tentang jenis kertas seri A.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru