Ukuran Kertas A3 dalam Cm, Mm, Inci dan Pixel (Lengkap)

Ukuran kertas A3 dapat dikonversi dalam beberapa satuan internasional dan memiliki kegunaan yang beragam. Lebih jelasnya simak ulasan lengkap mengenai kertas ukuran A3 dalam cm, mm, inci dan pixel berikut ini.

Pada dasarnya, kertas memang memiliki ukuran yang beragam, mulai dari A, B, C, D, F, dan R. Namun, yang paling umum digunakan adalah seri A dan F. Salah satu dari seri A yang sering dipakai di dunia industri terutama percetakan adalah A3. Ukuran kertas ini dua kali lipat dari ukuran A4 atau setengahnya dari A2.

Kertas A3 biasanya untuk mencetak desain seperti brosur, banner, sampul, leaflet di percetakan offset untuk kemudian dipotong-potong sesuai keinginan. Ukuran A3 pun sudah memiliki standar internasional yang ditetapkan dalam ISO 216. Namun, sebelum membahas mengenai ukuran-ukurannya, yuk ketahui dulu jenisnya yang beredar di pasaran ada apa aja.

Kertas untuk ukuran A3, memiliki dua jenis yang berbeda yaitu A3 dan A3+. Perbedaannya terletak pada ukurannya, yang mana A3+ lebih panjang dan besar sedikit daripada A3. Untuk mengenali mana yang A3 dan A3+, Kamu dapat menyandingkan dua buah kertas berukuran A4. Jika hasilnya memiliki ukuran yang sama, maka itu adalah A3.

Ukuran kerta A3 dalam centimeter adalah 29,7 x 42 cm. Sedangkan A3+ memiliki ukuran 32 x 48 cm. A3+ biasanya untuk keperluan printing khusus yang memang memerlukan kertas yang lebih besar dari A3 tetapi kurang dari A2.

Baca juga: Ukuran Kertas A5 dalam Cm, Mm, Inci dan Pixel

Ukuran Kertas A3 Dalam Berbagai Satuan

Ukuran Kertas A3 Dalam Cm, Mm, Inci dan Pixel

Dalam pembahasan kali ini, ulasan hanya akan berpusat pada konversi ukuran A3 dalam berbagai satuan mm, cm, inci dan pixel, yaitu:

1. Ukuran Kertas A3 dalam Mm (milimeter)

Dimensi ukuran kertas A3 dalam milimeter (mm) adalah 420 x 279 mm. Jadi dalam satuan milimeter, ukuran A3 memiliki panjang 420 mm dan lebarnya 297 mm.

2. Ukuran Kertas A3 dalam Cm (centimeter)

Dari ukuran A3 dalam satuan milimeter, Kamu dapat mengkonversinya ke dalam centimeter dengan membaginya 10. Dimensi ukuran A3 dalam centimeter (cm) adalah 42,0 x 29,7 cm. Jadi dalam cm A3 memiliki panjang 42,0 cm dan lebarnya 29,7 cm.

3. Ukuran Kertas A3 dalam In (Inchi)

Ukuran A3 dalam satuan Inci (in) adalah 16,54 x 11,54 Inci. Jadi dalam satuan inci, kertas A3 memiliki panjang 16,54 inch dan lebar 11,69 inch. Biasanya satuan ini digunakan untuk skala internasional.

Tabel Ukuran Kertas A3 dalam Cm, Mm dan Inci

Lebih mudahnya, Kamu dapat melihat tabel berikut untuk mengetahui konversi ukuran A3 dalam berbagai satuan:

Ukuran KertasMillimeter (mmCentimeter (cm)Inchi (In)
Ukuran A3420 x 29742,0 x 29,7 cm16,54 x 11,69 in

4. Ukuran kertas A3 dalam Pixel (px)

Ukuran A3 memang paling banyak digunakan dalam bidang desain grafis, maka tidak heran jika standar ukurannya dalam bentuk pixel karena dalam software editing, ukuran itulah yang dipakai.

Agar lebih mudah, Kamu dapat melihat konversinya dalam tabel berikut:

Tabel Ukuran Kertas A3 dalam Pixel

Ukuran KertasPanjang (Pixel)Lebar (Pixel)
A3 - 72 PPI1191 px842 px
A3 - 200 PPI3308 px2339 px
A3 - 300 PPI4962 px3508 px
A3 - 400 PPI6616 px4677 px
A3 - 600 PPI9924 px7016 px
A3 - 1200 PPI19848 px14031 px

Baca juga: Ukuran Kertas A2 dalam Mm, Cm, Inci dan Pixel

Kegunaan Kertas A3

Kegunaan kertas A3

Ukuran A3 biasanya untuk arsitek, desainer grafis, pelukis maupun notaris. Selain itu, ada pula kertas gambar yang sengaja dicetak dengan ukuran A3. Jenis kertas yang di gunakan pun bermacam-macam seperti ivory, chromo, art paper, linen, HVS, stiker, hingga Fancy. Nah, dari semua itu, kertas-kertas berukuran A3 dapat digunakan untuk:

1. Media desain atau gambar

Seperti yang sudah kita ketahui jika ukuran A3 banyak arsitek maupun desain grafis yang menggunakannya. Maka, kegunaan yang pertama adalah sebagai media untuk menciptakan gambar atau desain yang menarik hingga ke bagian-bagian detailnya.

2. Menciptakan kerajinan tangan berbahan dasar kertas

Sudah pernah mendengar origami? Seni melipat kertas khas Jepang ini memang menggunakan kertas-kertas khusus yang sudah di potong-potong kecil seukuran A6.

Akan tetapi, Kamu pun tetap bisa menggunakan ukuran kertas ini untuk menciptakan kerajinan tangan yang membutuhkan kertas sebagai bahan dasar. Contohnya kerajinan 3D yang membutuhkan kertas tebal nan lebar agar mudah di bentuk.

3. Media untuk membuat kartu undangan

Dalam membuat kartu undangan, Kamu pun dapat memanfaatkan kertas berukuran A3 agar lebih murah biaya percetakan yang di keluarkan. Pasalnya, dalam satu lembar A3, bisa menampung minimal 4 desain jika undangan tersebut dibuat seukuran A5. Dengan harga terjangkau, Kamu bisa mencetak banyak undangan.

4. Media untuk membuat selebaran

Sama seperti halnya undangan, selebaran semisal leaflet, brosur, maupun katalog pun dapat di cetak menggunakan kertas berukuran A3. Dalam satu lembar A3, dapat di bagi menjadi beberapa halaman, di sesuaikan dengan kebutuhan desain dan ukuran yang Kamu inginkan. Sehingga, budget akan lebih hemat dan hasilnya pun memuaskan.

5. Media untuk mencetak foto

Kertas berukuran A3 pun dapat dijadikan sebagai media untuk mencetak foto-foto kenangan bersama orang terkasih. Biasanya, hanya foto tertentu yang di cetak dalam ukuran sebesar A3 ini seperti foto keluarga besar ataupun foto pernikahan.

Anda Akan terasa sangat puas ketika memandang foto berbingkai besar ini yang menghias rumah. Foto pun akan terlebih wah dan kokoh nantinya.

Baca juga: Ukuran Kertas F4 dalam cm, mm, inci lengkap

Itulah ulasan mengenai ukuran kertas A3 dalam cm, mm, inci dan pixel serta kegunaannya. Semoga ulasan ini dapat membantu Kamu dalam memilih ukuran yang tepat ketika ingin mencetak sesuatu semisal brosur ataupun berbagai jenis kartu.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *