Ukuran Kertas A0 dalam Mm, Cm, Inci dan Pixel Serta Fungsinya

Ukuran Kertas A0 dan Fungsinya – Kertas merupakan bagian tak terpisahkan dalam bisnis percetakan. Apalagi kertas ini sering menjadi bahan utama untuk membuat berbagai produk kertas.

Salah satu bahan kertas yang sering digunakan adalah kertas ukuran A0. Sebenarnya seperti apa kertas A0? Apa saja ukuran kertas A0 dalam berbagai satuan serta fungsinya? Temukan jawabannya di artikel ini.

Apa Itu Kertas A0?

International Organization for Standarization (ISO) atau yang dikenal dengan Organisasi Internasional untuk Standardisasi telah menetapkan standar kertas seri A. Kertas ini terdiri dari banyak seri, yaitu A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, dan A10.

Di kertas berseri A terdapat nomor. Nomor tersebut menjelaskan tentang setengah ukuran dari angka sebelumnya. Contohnya, kertas berukuran A1. Ukuran A1 merupakan setengah bagian dari ukuran A0.

Sebagai kertas yang paling besar ukurannya di antara kertas seri A, Kertas A0 memiliki ukuran dalam berbagai satuan. Ukuran kertas bisa dalam satuan milimeter (mm) atau bisa juga dikonversi menjadi satuan sentimeter (cm). Selain ukuran satuan mm dan cm, kertas A0 juga dapat dikonversi ke dalam satuan inci dan piksel.

Datail Ukuran Kertas A0 dalam Mm, Cm, Inci dan Pixel

Ukuran Kertas A0 dalam Mm, Cm, Inci dan Pixel

Pada dasarnya ukuran kertas A0 dalam berbagai satuan memiliki besar yang sama. Yang membuat beda adalah ukuran satuan yang digunakan untuk kertas. Ukuran satuan kertas bisa berbeda di setiap negara. Berikut ini merupakan penjelasan tentang ukuran kertas A0 dalam satuan mm, cm, inci, dan piksel.

1. Ukuran kertas A0 dalam satuan milimeter

Ukuran kertas A0 yang pertama adalah dalam satuan milimeter (mm). Kertas ini terdiri 841 x 1189 mm. Jadi, bisa dijelaskan bahwa kertas berseri A0 memiliki panjang 1189 mm dan lebar 841 mm.

2. Ukuran kertas A0 dalam satuan sentimeter

Ukuran kertas A0 yang digunakan selanjutnya adalah dalam satuan sentimeter (cm). Kertas A0 memiliki ukuran 84,1 x 118,9 cm. Artinya, kertas A0 memiliki panjang 118,9 cm dan lebar 84,1 cm.

3. Ukuran kertas A0 dalam satuan inci

Satuan lain yang digunakan dalam ukuran kertas berseri A0 adalah satuan inci. Ukuran kertas A0 terdiri dari 33,11 x 46,81 inci. Ini berarti panjang kertas adalah 46,81 inci, sedangkan lebar kertas 33,11 inci.

4. Ukuran kertas A0 dalam satuan piksel

Kertas A0 juga menggunakan satuan piksel untuk menjelaskan ukurannya. Ukuran kertas ini berdasarkan PPI (pixels per inch) atau sering disebut DPI (dot per inch). Satuan ini menjelaskan tingkat kerapatan titik atau piksel dalam 1 inci. Berikut ini merupakan berbagai ukuran kertas A0 dalam piksel.

  1. A0 dalam 72 DPI terdiri dari 2384 x 3370 piksel, yang berarti kertas memiliki panjang 3370 piksel dan lebar 2384 piksel.
  2. A0 dalam 96 DPI terdiri dari 3179 x 4494 piksel. Ini berarti kertas mempunyai panjang 4494 piksel dan lebar 3179 piksel.
  3. A0 dalam 150 DPI terdiri dari 4967 x 7022 piksel, yang berarti kertas mempunyai panjang 7022 piksel dan lebar 4967 piksel.
  4. A0 dalam 300 DPI terdiri dari 9933 x 14043 piksel. Ini berarti kertas memiliki panjang 14043 piksel dan lebar 9933 piksel.

Baca juga: Ketahui kertas ukuran F4 dan fungsinya

Fungsi dan Kegunaan Kertas A0

Fungsi dan Kegunaan Kertas A0

Sebagai kertas seri A dengan ukuran terbesar, A0 memiliki berbagai keunikan dan fungsi. Kertas A0 tidak bisa langsung digunakan karena tidak ada mesin fotokopi atau printer yang dapat mengopi atau mencetak kertas seukuran tersebut.

Untuk bisa menggunakan kertas ini, industri percetakan akan memotong kertas sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini merupakan penjelasan berbagai fungsi kertas A0.

1. Sebagai media promosi

Melihat ukurannya yang luas, kertas A0 ternyata memiliki banyak kegunaan. Salah satunya adalah sebagai media promosi. Ukurannya yang lebar dan besar memudahkan penggunanya untuk membuat poster promosi. Penggunanya bisa memanfaatkan kertas ini untuk mengiklankan berbagai produk atau menginformasikan tentang suatu kegiatan. Khalayak umum akan mudah mengetahui kegiatan atau acara yang akan di selenggarakan.

2. Sebagai media pembuatan peta datar

Kertas A0 banyak di temukan di pasaran dengan detail kertas dan ketebalan yang berbeda. Karena tingkat ketebalan yang bervariasi, maka para penggunanya sering menjadikan kertas ukuran ini sebagai media untuk membuat peta datar. Ketika penggunanya menggambar peta, dia dapat menggambar secara rinci isi peta tersebut.

3. Sebagai bahan dasar pembuatan kertas seri A yang lebih kecil

Dalam industri percetakan kertas berseri A0 lumrah di gunakan sebagai bahan dasar pembuatan kertas seri A yang lebih kecil. Ukuran kertas yang hampir mencapai 1 meter akan di potong kecil-kecil hingga menjadi ukuran kertas A3 dan A4. Ukuran inilah yang sering di temukan di pasaran dalam bentuk buku gambar, tulis menulis, hingga percetakan.

Inilah penjelasan tentang kertas ukuran A0 dalam berbagai satuan, dan fungsinya. Kertas jenis ini memang jarang di gunakan oleh khalayak umum. Namun, industri percetakan cukup familier dengan kertas jenis ini.

Baca juga: Ini dia ukuran kertas A6 dalam cm, mm, inci dan pixel

Dengan pengolahan yang tepat, kertas ini bisa bermanfaat untuk banyak orang. dan semoga penjelasan tentang ukuran kertas A0 beserta fungsinya dapat bermanfaat untuk Anda.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru