Ukuran Foto 8R dalam Mm, Cm, Inci dan Pixel Serta Cara Mencetaknya

Ukuran Foto 8R dalam Berbagai Satuan – Dalam foto, Anda pasti sudah mengenal ukuran 2R, 3R, 4R, hingga 30R. Satuan R ini adalah satuan yang umum digunakan saat hendak menentukan ukuran cetak foto.

Namun, tidak semua orang tahu seberapa besarkah ukuran-ukuran ini apabila dikonversikan ke satuan lain seperti milimeter atau centimeter.

Semakin besar ukuran R, maka semakin besar pula panjang dan lebar dari hasil cetak gambar. Untuk kebutuhan cetak foto non formal, ukuran yang umum digunakan untuk foto pajangan adalah 2R hingga 4R.

Bagaimana dengan foto ukuran 8R? Ukuran 8R juga memiliki ukuran 8R plus. Untuk tahu lebih lanjut, berikut ini ukuran foto 8R dalam berbagai satuan.

Ukuran Foto 8R dalam Mm, Cm, Inci dan Pixel

Ukuran foto 8r dalam cm mm dan inci

1. Ukuran foto 8R dalam satuan mm

Apabila dikonversikan ke satuan standar internasional milimeter, ukuran foto 8R adalah 203 x 254 mm. Artinya, lebar foto adalah 203 mm dan panjang foto adalah 254 mm.

2. Ukuran foto 8R dalam satuan cm

Ukuran foto 8R dalam berbagai satuan berikutnya adalah dalam centimeter. Dalam centimeter, 8R adalah 20,3 x 25,4 cm, yang berarti hasil cetak gambar memiliki panjang 25,4 cm dan lebar 20,3 cm.

3. Ukuran foto 8R dalam satuan inci

Berdasarkan satuan panjang lainnya, yakni inci, ukuran foto 8R adalah 8 x 10 inci. Itu berarti, foto memiliki panjang 10 inci dan lebar 8 inci.

4. Ukuran foto 8R dalam satuan pixel

Mengetahui ukuran pixel foto 8R diperlukan saat Anda hendak mengedit foto menggunakan aplikasi. Dalam pixel, foto 8R setara dengan 768 x 960 Pixels.

Ukuran Foto 8R Plus Dalam Cm, Mm, Inci dan Pixel

Berikut ini merupakan detail ukuran 8R plus dalam berbagai satuan:

1. Ukuran foto 8R plus dalam satuan mm

Apabila ukuran 8R dalam mm adalah 203 x 254 mm, maka ukuran 8R plus adalah 203 x 305 mm. Itu berarti, gambar memiliki panjang 305 mm dan lebar 203 mm.

2. Ukuran foto 8R plus dalam satuan cm

Berapa cm ukuran foto 8R? Dalam centimeter, 8R memiliki ukuran 20,3 x 25,4 cm. Nah untuk 8R plus, ukuran dalam satuan centimeter adalah 20,3 x 30,5 cm, yaitu panjang 305, cm dan lebar 20,3 cm.

3. Ukuran foto 8R plus dalam satuan inci

Dalam inci, ukuran foto 8R plus dan 8R juga berbeda. Ukuran foto 8R plus adalah 8 x 12 inci yang berarti gambar memiliki panjang 12 inci dan 8 inci.

4. Ukuran foto 8R plus dalam satuan pixel

Jika foto 8R setara dengan 768 x 960 Pixels, maka foto 8R plus setara dengan 768 x 1152 pixel.

Baca juga: Ini dia konversi ukuran foto 3r dalam cm,mm dan inci

Cara Mencetak Foto Ukuran 8R

1. Photoshop

Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan adalah perangkat lunak editor gambar Photoshop. Langkahnya sangat sederhana. Pertama, buka aplikasi Adobe Photoshop dan tekan Ctrl + N pada keyboard untuk menampilkan lembar baru. Gunakan centimeter untuk nilai ukur.

Setelah itu, isi kolom Height dan Width dengan ukuran 20.3 x 25.4 cm dan masukkan angka 300 atau lebih pada kolom resolusi, lalu klik OK. Pilih foto yang akan dicetak dan masukkan ke dalam lembar yang Anda buat. Atur foto agar sesuai dengan lembar kerja. Jika sudah sesuai, klik File kemudian Print.

2. Corel Draw

Selain Photoshop, Anda juga bisa menggunakan Corel Draw. Pertama, buka aplikasi Corel Draw dan klik New untuk membuat lembar kerja baru. Tekan F6 pada keyboard untuk mengaktifkan Rectangle Tool. Klik kursor pada area kosong dan buatlah kotak dengan ukuran bebas. Setelah kotak jadi, edit ukuran sesuai dengan ukuran 8R.

Selanjutnya, masukkan foto yang akan dicetak dan atur ukuran foto sesuai kotak tadi. Terakhir, klik Print pada Menu untuk mencetak foto.

3. Photoscape

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mencetak foto 8R adalah Photoscape. Langkahnya jauh lebih sederhana. Pertama, buka aplikasi Photoscape. Setelah terbuka, klik menu Print. Buka file foto yang akan Anda cetak.

Setelah ketemu, klik Set the Photo Size lalu setting foto agar sesuai dengan ukuran 8R. Terakhir, klik Print untuk mencetak foto.

Baca juga: Ketahui detail ukuran foto 2R dalam berbagai satuan

Jenis Kertas Foto

Setelah mempelajari ukuran foto 8R dalam berbagai satuan dan cara mencetak foto dengan ukuran 8R, berikut ini adalah jenis kertas foto yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan hasil cetak yang bagus.

1. Glossy

Jenis kertas foto glossy adalah yang paling sering digunakan untuk mencetak foto. Permukaan kertas glossy mengkilap, halus, dan reflektif. Foto yang dicetak di kertas ini akan terlihat lebih tajam dan hidup.

2. Matte

Berbeda dengan glossy. Kertas matte tidak mengkilap tapi halus. Buat Anda yang ingin menampilkan kesan klasik lewat foto hitam putih, kertas ini sangat cocok.

3. Metallic

Dibandingkan glossy, kertas foto metallic ini lebih mengkilap dan tahan lama. Jenis kertas ini lebih mencolok.

Baca juga: Ini dia ukuran foto 4r dalam berbagai satuan

Jadi, sudah tahu kan ukuran foto 8R dalam berbagai satuan? Karena foto 8R ini memiliki ukuran cukup besar, foto ini kurang cocok jika dijadikan hiasan foto di meja. Namun, Anda tetap bisa menyimpan foto ukuran ini untuk mempercantik dinding.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru