Ukuran Foto 5R dalam Mm, Cm, Inci & Pixel serta Cara Mencetaknya

Ukuran Foto 5R dalam Berbagai Satuan – Dalam ukuran foto, Anda pasti mengenal satuan R. Ukuran kertas foto cukup beragam, mulai dari 2R, 3R, 4R, 5R, hingga 30R. Semakin besar angka, maka semakin besar pula ukuran foto yang dicetak. Untuk 30R sendiri, ukurannya adalah 75 x 100 cm atau panjang 100 sentimeter dan lebar 75 sentimeter.

Ukuran 30R umumnya dipakai untuk pajangan foto di dinding atau biasanya di letakkan di depan aula pernikahan karena cukup besar. Nah jika Anda hendak memajang foto untuk kepentingan pribadi misalnya untuk pigura di atas meja atau ditempel di dinding, kami sarankan Anda mencetak foto dengan ukuran 5R.

Untuk lebih jelas, berikut ini pembahasan lengkap ukuran foto 5R dalam berbagai satuan, seperti dalam mm, cm, inci dan piksel.

Penggunaan Foto 5R

Sebelum membahasnya dalam berbagai satuan, berikut ini adalah beberapa penggunaan yang cukup umum untuk foto 5R. Walaupun bisa dipakai untuk kebutuhan formal, ukuran foto ini lebih sering digunakan untuk kebutuhan non formal.

Kebutuhan non formal tersebut di antaranya pajangan dinding, album foto, atau pigura di atas meja. Hal ini karena foto 5R cukup besar tapi juga tidak terlalu besar. Untuk ukuran 5R dalam berbagai satuan adalah sebagai berikut:

Ketahui Ukuran Foto 5R dalam Berbagai Satuan

Ukuran foto 5r dalam cm mm inci

Ukuran 5R dalam Satuan mm

Apabila Anda bingung seberapa besar sih ukuran foto 5R itu, mari kita konversikan ke satuan berdasarkan standar internasional, yaitu milimeter. Dalam millimeter, foto 5R memiliki ukuran 127 x 178 mm. Artinya, hasil cetak memiliki panjang 178 mm dan lebar 127 mm.

Ukuran 5R dalam Satuan cm

Untuk lebih memudahkan Anda, berikut kami berikan juga ukuran foto 5R dalam satuan sentimeter. Berapa cm ukuran 4R? Dalam satuan sentimeter, foto 5R adalah 12,7 x 17,8 cm. Itu berarti foto akan memiliki panjang 17,8 cm dan lebar 12,7 cm.

Ukuran 5R dalam Satuan inci

Selain dikonversi ke millimeter dan centimeter, Anda juga bisa menggunakan satuan inci. Mengetahui satuan inci untuk mencetak foto 5R sangatlah berguna karena kebanyakan software gambar menggunakan satuan inci. Dalam inci, 5R adalah 5 x 7 inci, yaitu panjang 7 inci dan lebar 5 inci.

Ukuran 5R dalam Pixel

Ukuran foto 5R dalam berbagai satuan berikutnya adalah dalam pixel. Umumnya, ini diperlukan ketika menyetel pengaturan saat akan mencetak foto. Dalam satuan pixel, 5R setara dengan 480 x 672 piksel.

Ukuran Maksimal Kertas Foto untuk Foto 5R

Ukuran paling besar kertas foto yang dicetak untuk ukuran 5R adalah 1500 pixel x 2102 pixel. Untuk menghasilkan kualitas pixel ini, dibutuhkan kamera dengan resolusi minimal 3,1MP.

Nah karena sekarang cukup banyak ponsel pintar dengan resolusi kamera di atas 3MP, Anda tidak perlu khawatir hasil jepretan ponsel akan blur atau tidak bagus apabila dicetak dengan ukuran 5R.

Namun, apabila resolusi kamera yang digunakan kurang dari 3MP, sebaiknya Anda tidak mencetaknya di ukuran 5R karena hasil cetakan akan blur atau pecah.

Baca juga: Standar Ukuran Foto Polaroid dalam berbagai satuan

Tips Memilih Bingkai yang Paling Tepat untuk Foto Berukuran 5R

Tips memilih bingkai foto ukuran 5R

Agar foto 5R mampu mempercantik ruangan, sebaiknya sesuaikan juga ukuran frame atau bingkai foto. Tips memilih bingkai paling cocok yang pertama adalah pastikan foto memiliki ukuran yang sudah sesuai dengan bingkai yang akan dibeli.

Hal yang perlu diperhatikan kedua adalah material dari bingkai itu sendiri. Umumnya, frame foto terbuat dari kayu dan plastik. Agar tampak tidak terlalu formal dan tahan lama, Anda bisa memilih frame plastik dengan desain cantik sesuai tema foto. Bingkai kayu biasanya lebih cocok dipakai untuk foto formal seperti acara wisuda, pernikahan, atau acara besar lainnya.

Mencetak Foto 5R di Windows

Cetak Foto 5R di Windows

Mencetak foto di studio foto tentu menghabiskan biaya lumayan besar. Semakin besar ukuran foto yang akan diprint, semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan. Untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa mencetak foto sendiri dengan bermodal komputer, printer, dan kertas foto.

Langkahnya cukup sederhana. Pertama, buka File Explorer di Windows dan cari file foto yang akan dicetak. Setelah itu, pilih foto tadi. Klik kanan foto dan klik Print. Pada kolom Printer, pilih printer yang akan dipakai. Untuk kolom Paper Size, isi dengan ukuran A4.

Selanjutnya, pada kolom Quality, pilih Best. Setelah itu, pilih Other Photo Paper pada Paper type. Untuk mencetak di ukuran 5R, pilih 5 x 7 in pada bagian kanan jendela. Centang pilihan Fit picture to frame. Jika sudah, klik Print dan foto Anda akan langsung tercetak.

Baca juga: Ukuran Foto 10R Dalam Berbagai Satuan (Cm, Mm, Inci & Piksel)

Nah, sudah tahu kan ukuran foto 5R dalam berbagai satuan mulai dari milimeter, centimeter, inci, dan juga pixel. Anda juga bisa mempraktikkan cara mencetak foto 5R dengan Windows. Selamat mencoba dan segera abadikan momen berharga Anda.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru