Ukuran Foto 2R dalam Satuan Cm, Mm, Inci & Pixel Lengkap

Berapa ukuran foto 2R dalam berbagai satuan? seperti mm, cm, inci dan pixel. Serta berapakah ukuran maksimal kertas foto untuk menghasilkan hasil cetak dengan ukuran 2R? Berikut penjelasan lengkapnya.

Foto memiliki ukuran cetak yang berbeda dengan ukuran kertas cetak biasa. Dalam hal cetak foto, satuan yang dipakai adalah R, mulai dari 2R, 3R, 4R, 5R sampai 24R. Semakin besar satuan, maka semakin besar pula ukuran foto yang dicetak. Banyaknya satuan cetak ini tentu untuk memenuhi kebutuhan Anda, misalnya untuk pas foto atau untuk foto pigura.

Dari berbagai macam ukuran R tadi, juga bisa dikonversikan ke dalam beberapa satuan dimensi lainnya. Nah untuk membantu lebih memahami, kali ini kami akan membahas ukuran foto 2R dalam berbagai satuan (mm, cm, inci dan pixel).

Penggunaan Ukuran Foto 2R

Sebelum membahas ukuran foto 2R dalam berbagai satuan (mm, cm, inci dan pixel), Anda perlu tahu foto 2R ini biasanya digunakan untuk apa. Ukuran foto 2R merupakan ukuran standar atau umum yang digunakan untuk koleksi foto pada album dan juga frame atau bingkai foto gantung maupun untuk diletakkan di meja.

Foto yang dicetak pada ukuran ini biasanya foto non formal seperti foto liburan, wisuda, kelahiran, maupun pernikahan.

Selain itu, ukuran foto 2R juga merupakan ukuran untuk jenis foto polaroid atau kamera langsung jadi. Untuk menghasilkan foto 2R dengan gambar tidak pecah, maka kamera yang dipakai minimal memiliki ukuran resolusi 1.0, 1.2, 1.3 MP.

Saat ini, smartphones sudah banyak yang dilengkapi kamera dengan resolusi pixel tinggi. Kamera pada ponsel pintar sekarang umumnya memiliki resolusi 3 MP hingga 24 MP.

Ukuran Foto 2R dalam Satuan Mm, Cm, Inci dan Pixel

 

Ukuran foto 2r dalam satuan cm mm dan inci

Berikut ini adalah detail ukuran foto 2R dalam cm, mm, inci dan piksel yang perlu diketahui.

Ukuran Foto 2R dalam Satuan mm

Dalam satuan milimeter, ukuran foto 2R adalah 60 x 90 mm. Saat Anda mencetak foto dengan ukuran ini, maka panjang foto adalah 90 milimeter dan lebar foto 60 milimeter.

Ukuran Foto 2R dalam Satuan cm

Nah ukuran 2R apabila dikonversi ke dalam satuan centimeter adalah 6 x 9 cm. Berarti, foto Anda akan memiliki ukuran panjang 9 centimeter dan lebar 6 centimeter.

Ukuran Foto 2R dalam Satuan inci

Satuan berikutnya adalah dalam inci. Jika dikonversikan ke inci, maka ukuran 2R adalah 2,3 x 3,5 inci. Artinya, ukuran foto memiliki panjang 3,5 inci dan lebar 2,3 inci.

Ukuran Foto 2R dalam Pixel

Ukuran minimum pixel yang disarankan apabila Anda ingin mencetak foto adalah 300 DPI (dots per inch). Dengan ukuran 300 DPI, hasil foto yang Anda cetak akan jernih dan tidak blur. Untuk ukuran foto 2R, ukuran pixelnya adalah 600 x 1050 pixel.

Membuat Ukuran 2R di Photoshop

Setelah mempelajari ukuran foto 2R dalam berbagai satuan (mm, cm, inci dan pixel), berikut ini adalah langkah mudah membuat ukuran 2R di Photoshop. Apabila Anda hendak mencetak sendiri foto di mesin printer menggunakan kertas foto, maka pastikan dulu men-setting ukuran foto tadi menjadi 2R.

Caranya cukup mudah, Pertama-tama buka software Photoshop, kemudian pilih New pada menu File. Setelah itu, setel satuan menjadi Inches pada pilihan Width dan Height. Pada Width, masukkan angka 2.5 dan 3.5 pada Height.

Kemudian, masukkan nilai 300 pada Resolution dan pilih satuan Pixels/Inch. Klik OK dan kanvas akan ter-setting dengan ukuran 2R. Selanjutnya Anda bisa memasukkan foto ke dalam kanvas lalu cetak atau simpan terlebih dahulu.

Baca juga: Ketahui Standar Ukuran Foto 10R Dalam Cm, Mm dan Inci

Ukuran Maksimal Kertas Foto untuk Ukuran Foto 2R

Ukuran Maksimal Kertas Foto untuk Ukuran Foto 2R

Ukuran maksimal kertas foto untuk menghasilkan hasil cetak dengan ukuran 2R adalah sebagai berikut:

1. Anda bisa menggunakan ukuran teoritis 9,7 x 7,3 cm yang cukup mendekati ukuran 2R. Dengan ukuran kertas ini, Anda bisa mengambil gambar dengan kamera ponsel beresolusi 1.2 megapixel (1.280×960).

2. Selain menggunakan ukuran teoritis 9,7 x 7,3 cm, Anda juga bisa memakai ukuran teoritis 10.8 cm x 8.1 cm. Ukuran ini juga cukup mendekati ukuran 2R (6 cm x 9 cm).

Untuk mendapatkan hasil cetak yang bagus dengan ukuran kertas ini, dibutuhkan kamera ponsel berkekuatan minimal 1.3 megapixel (1.280×1.024).

Ukuran Foto High Resolutions

Seperti sudah disebutkan secara singkat di atas, ukuran minimum pixel untuk foto 2R adalah 300 DPI. Namun, dengan 200 DPI pun Anda sudah mendapatkan hasil cetak resolusi tinggi (high resolutions). Lebih tinggi DPI, misalnya 400 DPI, maka kualitas foto yang dihasilkan pun semakin bagus.

Secara singkat, untuk ukuran foto 2R menggunakan resolusi 200 DPI akan menghasilkan gambar dengan ukuran 400 x 700 pixel, resolusi 300 DPI menghasilkan cetakan dengan ukuran 600 x 1050 pixel, dan 400 DPI memiliki ukuran 800 x 1400 pixel.

Baca juga: Inilah Detail Ukuran Foto 5R dalam Berbagai Satuan

Itu tadi info seputar ukuran foto 2R dalam berbagai satuan (mm, cm, inci dan pixel), bagaimana membuat foto 2R pada Photoshop, dan ukuran maksimal kertas foto untuk ukuran 2R. Dengan mencetak foto, Anda juga sedang mengabadikan momen berharga bersama orang-orang spesial.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru