Ukuran Foto 4R dalam Mm, Cm, Inci & Pixel

Ukuran Foto 4R – Di era digital saat ini, orang cenderung menyimpan foto-foto mereka di komputer, handphone, atau memory card. Mencetak foto lebih banyak dilakukan untuk keperluan formal seperti mengurus ijazah, foto ID, atau melamar pekerjaan.

Namun, mencetak foto ternyata sangat penting. Kenapa? Karena foto digital bisa rusak atau hilang karena adanya kemungkinan masalah pada software, kesalahan penyimpanan, atau hilangnya gadget.

Foto juga bisa mempercantik ruangan Anda. Anda bisa memajang berbagai pigura foto di dinding atau di atas meja dan berbagi momen indah dengan teman atau kerabat yang berkunjung ke rumah.

Apa ukuran foto yang cocok untuk dipajang? Anda bisa mulai dengan ukuran 4R. Untuk membantu Anda memahami ukurannya dalam berbagai satuan, simak penjelasannya di bawah.

Ketahui Foto Ukuran 4R dalam Berbagai Satuan

Ukuran foto 4r dalam cm, mm dan inci

Berikut ini merupakan detail ukuran foto ini dalam berbagai satuan yaitu milimeter, sentimeter, inci dan pixel.

Ukuran Foto 4R dalam Satuan mm

Satuan pertama yang akan kita gunakan adalah milimeter. Dengan satuan millimeter, ukuran foto 4R memiliki panjang 152 mm dan lebar 102 mm.

Ukuran Foto 4R dalam Satuan cm

Satuan berikutnya adalah centimeter. Apabila dikonversikan ke centimeter, hasil cetak 4R memiliki ukuran 10,2 x 15,2 cm. Artinya, panjang foto adalah 15,2 cm dan lebar 10,2 cm.

Ukuran Foto 4R dalam Satuan inci

Ukuran foto 4R dalam berbagai satuan selanjutnya adalah inci. Satuan ini lebih umum digunakan pada aplikasi cetak foto. Dalam inci, foto 4R memiliki panjang 6 inci dan lebar 4 inci atau 6 x 4 inci.

Ukuran Foto 4R dalam pixel

Saat hendak mencetak foto, Anda harus melakukan resize satuan pixel pada aplikasi. Dalam satuan pixel, ukurannya setara dengan 576 pixel (panjang) x 384 pixel (lebar).

Penggunaan Foto Ukuran 4R

Seperti sudah disebutkan di atas secara singkat, ukuran foto ini biasanya lebih banyak digunakan untuk album foto atau pajangan. Selain ideal untuk album kenangan, foto 4R ini juga biasanya dipakai sebagai dokumen pendukung saat melamar kerja.

Beberapa perusahaan akan meminta foto full body calon pelamar dan ukuran ini adalah ukuran standar yang digunakan. Foto 4R juga banyak dipilih untuk scrapbook atau hiasan foto dengan berbagai ornamen cantik dan lucu. Untuk meja kerja, ukuran 4R juga cukup besar dan ideal.

Ukuran Maksimal Kertas Foto untuk Ukuran 4R

Saat mencetak foto, tentunya Anda mengharapkan hasil cetakan yang jernih, tajam, dan bagus bukan? Karena itu, sangatlah penting mengetahui ukuran maksimal kertas foto pada cetakan hasil kamera.

Jika Anda mencetak di kertas foto, maka ukuran 1205 pixel x 1795 pixel adalah ukuran paling tepat untuk kamera dengan resolusi minimal 2,1 MP. Tentunya banyak smartphones saat ini memiliki kamera dengan resolusi di atas 2,1 MP.

Baca juga: Ini dia foto ukuran 2r dalam inci, cm, dan mm

Cara Cetak Foto Ukuran 4R

Setelah tahu ukuran foto 4R dalam berbagai satuan, berikut ini adalah langkah sederhana mencetak foto dengan ukuran ini menggunakan komputer dan printer.

1. Photoshop

Software yang paling banyak dipakai untuk mencetak foto adalah Photoshop. Namun Anda tidak perlu khawatir apabila belum pernah menggunakan aplikasi ini karena langkah-langkahnya sangatlah mudah. Pertama, buka Photoshop lalu pilih New.

Pada kolom Width dan Height, masukkan ukuran 4R dan nilai 300 atau boleh lebih pada kolom resolusi. Selanjutnya, klik color mode dan pilih RGB lalu klik OK. Masukkan foto yang akan di cetak, kemudian sesuaikan ukuran foto dengan lembar yang ada di layar. Jika sudah sesuai, klik menu File lalu pilih Print.

2. Corel Draw

Selain Photoshop, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Coreldraw. Caranya juga cukup sederhana. Pertama, buka Coreldraw dan buat lembar baru. Selanjutnya, klik F6 pada keyboard untuk mengaktifkan menu Rectangle Tool.

Pada area kosong, klik dan buat kotak baru dengan ukuran bebas. Selanjutnya, setting ukuran kotak dengan menu edit dan pilih ukuran 4R. Tekan tombol Ctrl + I dan masukkan foto yang akan dicetak. Sesuaikan foto yang muncul dengan kotak yang telah Anda buat tadi. Jika sudah sesuai semua, pilih opsi Print.

3. Microsoft Word

Selain menggunakan software pengolah gambar seperti Photoshop dan Coreldraw, Anda juga bisa memanfaatkan perangkat lunak pengolah kata satu ini. Caranya adalah, pertama, buka Microsoft Word dan pilih New pada File. Kedua, pilih tab Page Layout dan klik opsi Margins.

Setelah itu, pilih Cutom Margins dan isi semua kolom dengan angka 0. Klik tab Paper dan masukkan ukuran kertas 4R lalu klik OK. Selanjutnya, pilih menu Insert lalu pilih Picture. Pilih foto yang akan dicetak. Setelah foto yang dipilih muncul, sesuaikan dengan ukuran kertas. Setelah selesai, klik File lalu Print untuk mencetak.

Baca juga: Ketahui foto ukuran 3r dalam berbagai satuan

Semoga pembahasan mengenai ukuran foto 4R dalam berbagai satuan ini bermanfaat. Jangan lupa hiasi rumah Anda dan koleksi album foto untuk mengabadikan momen berharga Anda.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru