Ukuran Foto 10R Dalam Mm, Cm, Inci & Pixel Serta Kegunaannya

Ukuran foto 10R memang sudah banyak dikenal publik. Tetapi, tak banyak yang tahu betul ukuran 10R dalam berbagai satuan seperti dalam cm, mm, inci dan piksel. Penasaran? Berikut ulasan lengkapnya.

Banyak dari kita yang sudah mengenal bahwa jenis ukuran 10R biasanya merujuk pada hasil cetak foto yang lumayan besar. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum mengetahui detail panjang dan lebar dari ukuran foto ini. Sebenarnya, berapa ukuran foto 10R dalam berbagai satuan?

Tak perlu bingung, Anda bisa mendapatkan jawaban pertanyaan tersebut di artikel ini. Anda bisa belajar tentang ukuran foto 10R dalam berbagai satuan, mulai dari milimeter, sentimeter, bahkan hingga ukuran pixelnya. Yuk, simak penjelasannya!

Kegunaan Foto 10R

Meski terlihat sepele, ukuran foto perlu dipelajari agar ukuran foto yang Anda cetak bisa sesuai dengan ekspektasi. Tak hanya itu, ukuran foto juga perlu diketahui secara detail apalagi jika Anda perlu menggunakan foto untuk keperluan mengurus dokumen.

Lantas, apa sih kegunaan foto 10R? Ukuran foto ini umum digunakan terutama jika Anda butuh mencetak foto dengan ukuran yang cukup besar. Biasanya, ukuran foto ini digunakan untuk mencetak foto pernikahan, foto event, atau foto keluarga. Hasil foto 10R bisa dipajang menggunakan pigura meski perlu jarak dekat untuk mengamatinya secara detail.

Dengan ukuran yang cukup besar, Anda dapat menggunakan ukuran foto ini pada saat mencetak foto kegiatan-kegiatan yang istimewa. Maka dari itu, mengetahui ukuran foto 10R dalam berbagai ukuran menjadi penting apalagi jika Anda berencana untuk mencetak foto menggunakan peralatan pribadi.

Detail Ukuran Foto 10R dalam Berbagai Satuan

Ukuran Foto 10R Dalam Berbagai Satuan (Cm, Mm, Inci & Piksel)

Beberapa satuan yang digunakan untuk menggambarkan ukuran foto adalah sentimeter, milimeter, inchi, dan pixel. Lantas, seberapa besar ukuran foto 10R itu?

Perlu Anda ketahui bahwa ukuran foto 10R terdiri atas dua jenis, yaitu 10R dan 10R super (S10R). Pada umumnya, jika Anda mengatakan ‘ukuran foto 10R’, maka secara otomatis yang dimaksud adalah ukuran 10R biasa (tanpa tambahan ‘super’).

Kedua ukuran ini memiliki perbedaan yang lumayan besar, lho. Maka dari itu, Anda perlu tahu perbedaan ukuran-ukuran tersebut.

Ukuran Foto 10R dalam Sentimeter

Di Indonesia, Sentimeter adalah satuan yang umum digunakan untuk menggambarkan ukuran foto selain milimeter dan inchi. Lalu berapa cm ukuran foto 10R? Nah, ukuran foto 10R dalam satuan cm ini adalah 25,4 x 30,5 cm untuk lebar dan panjangnya.

Ukuran Foto 10R dalam Milimeter

Dalam satuan milimeter, ukuran foto 10R dalam milimeter adalah 254 x 305 mm untuk lebar dan panjangnya. Anda hanya perlu mengalikan ukuran lebar dan panjang dalam satuan Sentimeter dengan 10 untuk mendapatkan ukuran foto 10R dalam milimeter.

Ukuran Foto 10R dalam Inchi

Satuan inchi tidak begitu populer untuk menjelaskan ukuran foto 10R dalam berbagai ukuran. Untuk mengubah ukuran dalam satuan sentimeter ke dalam inchi, Anda hanya perlu membaginya dengan 2,54.

Maka dari itu, ukuran foto 10R dalam inchi adalah 10 x 12 inchi. Dasar penamaan ukuran foto 10R berakar dari ukuran dalam satuan inchi ini.

Ukuran Foto 10R dalam Pixel

Untuk mengetahui berapa ukuran pixel foto 10R, Anda perlu mengetahui jumlah PPI (Pixel Per Inch) yang diinginkan.

Nilai PPI ini merupakan ukuran resolusi dari sebuah gambar digital. Gampangnya, makin besar PPI, maka makin besar pula ukuran pixel sebuah foto. Tak lupa, makin besar PPI, biasanya makin tinggi kualitas detail dari sebuah foto.

Misalnya saja, pada foto yang memiliki 300 PPI, maka ukuran foto 10R-nya adalah 3.000 x 3.600 pixel. Sedangkan jika foto tersebut memiliki 150 PPI, maka ukuran foto 10R-nya adalah 1.500 x 1.800 pixel.

Ukuran 10R vs Ukuran S10R, Apa Bedanya?

Perbedaan ukuran foto 10r dan s10r

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, standar ukuran 10R dan S10R memiliki perbedaan yang cukup signifikan di ukuran panjangnya. Agar Anda dapat memahami dua ukuran foto 10R dalam berbagai satuan lebih mudah, Anda bisa melihat tabel berikut.

Tabel Ukuran Foto 10R Vs S10R

Satuan10R Standar (L x P)S10R (L x P)
Centimeter (cm)25,4 x 30,525,4 x 38,1
Milimeter (mm)254 x 305254 x 381
Inchi (inch)10 x 1210 x 15
Pixel (px) (300 ppi)3.000 x 3.6003.000 x 4.500

Perbedaan Ukuran Foto 10R dengan Ukuran Kertas Cetak Foto Biasa

Terkadang, Anda lebih memilih untuk menggunakan kertas foto dan printer di rumah untuk mencetak foto Anda. Memang, total uang yang perlu Anda keluarkan bisa jadi lebih sedikit. Namun ternyata, ukuran kertas foto yang beredar di pasaran tidak cukup untuk mencetak ukuran foto 10R.

Mengapa demikian? Sebab, ukuran kertas foto yang bisa Anda beli di toko alat tulis dibuat berdasarkan ukuran kertas A4. Kertas ini memiliki dimensi lebar x panjang 21 x 29,7 cm.

Nah, coba Anda bandingkan ukuran kertas A4 dengan ukuran standar foto 10R. Lebih besar ukuran standar 10R, bukan? Maka dari itu, kertas foto biasa tidak bisa digunakan untuk mencetak foto berukuran 10R.

Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan jasa cetak foto profesional yang jelas-jelas memiliki ukuran kertas foto yang pas. Hal ini menjadi penting terutama jika Anda ingin mencetak foto berukuran 10R.

Baca juga: Ketahui Ukuran Foto 5R dalam Berbagai Satuan

Nah, itulah informasi mengenai ukuran foto 10R dalam cm, mm, inci dan piksel serta perbedaannya dengan ukuran S10R. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda, ya!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru