Cara Urutkan Data di Excel

Cara Urutkan Data di Excel – Mempelajari Microsoft Office adalah salah satu skill yang paling dibutuhkan dalam dunia kerja. Adapun skill tersebut merupakan skill minimal yang pastinya harus segera dipelajari jika Anda belum menguasainya. Bagi Anda yang akan berkecimpung di dunia administrasi ataupun pengolahan data, maka Anda harus mempelajari Excel akan memudahkan pekerjaan Anda.

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang memudahkan seseorang untuk melakukan pengolahan data berupa angka. Hal ini dikarenakan ada fungsi rumus yang pastinya akan memudahkan dalam menghitung ataupun mengolah angka yang dimiliki. Salah sat hal yang harus Anda pelajari adalah cara mengurutkan data di Excel. Adapun beberapa caranya adalah sebagai berikut. Semoga informasi ini membantu.

Melakukan Pengurutan Data di Excel

Jika Anda memiliki data yang berantakan, maka Anda bisa melakukan pengurutan data agar dapat dibaca dengan baik dan benar. Hal inilah yang membuat Excel sangat praktis. Anda tidak perlu melakukan pengetikan ulang untuk bisa mendapatkan pengurutan data.

Tinggal Anda menggunakan cara mengurutkan data di Excel dan Anda sudah menyelesaikan tugas Anda. Berikut ini adalah caranya.

1. Cara mengurutkan data berupa teks dan angka

Pada aplikasi Excel tidak hanya angka yang bisa diolah namun teks juga bisa diolah pula. Semisal Anda ingin memiliki daftar nama yang urut dai atas ke bawah atau sebaliknya, maka Anda bisa melakukan pengurutan data nama tersebut sehingga memudahkan Anda. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih cell yang ingin Anda urutkan. Pastikan Anda blok terlebih dahulu cell-nya agar data nantinya dapat diurutkan.

Mengurutkan data berupa teks dan angka di excel

  • Lalu pilih tab Data pada Excel. Kemudian Anda pilih menu urutkan dan filter. Nantinya Anda akan ada dua pilihan.

Buka menu toolbar data dan pilih sort

  • Pilihan pertama bernama ascending atau mengurutkan dengan urutan naik menggunakan command A to Z. nantinya data Anda akan diurutkan dari A ke Z atau jika data berupa angka maka akan diurutkan dari angka terkecil ke angka terbesar
  • Pilihan kedua bernama descending atau menurunkan dengan urutan menurun menggunakan command Z to A. Perintah ini merupakan kebalikan dari sebelumnya yang mengurutkan dari Z ke A atau angka terbesar ke angka terkecil.
  • Berikut adalah contoh data yang sudah diurutkan

Tampilan data yang sudah diurutkan dengan ms excel

Cara ini adalah cara paling mudah yang bisa Anda aplikasikan dalam data Anda. Jangan lupa untuk melakukan blok pada data yang ingin Anda urutkan.

Baca juga: Cara Membuat Grafik di Excel

2. Cara mengurutkan data berupa tanggal

Adapun data berupa tanggal bisa Anda urutkan dengan menggunakan Excel. Caranya adalah sama seperti yang dijelaskan sebelumnya. Anda hanya perlu melakukan blok pada tanggal yang Anda miliki kemudian Anda langsung saja menuju data dan pilih menu urutkan dan filter. Lalu Anda hanya pilih ascending atau descending. Nantinya data tanggal Anda otomatis dapat diurutkan dengan mudah.

3. Kegunaan filter?

Filter bisa Anda gunakan untuk menyortir data sesuai dengan keinginan Anda. Semisal Anda ingin data yang memiliki nilai diatas 1000, maka Anda bisa melakukan filter data sehingga akan menampilkan yang lebih dari 1000. Hal ini pastinya akan sangat membantu Anda dalam mengerjakan pekerjaan kantor dengan baik.

Baca juga: Cara Mengurutkan Angka di Excel

Demikian adalah beberapa cara mengurutkan data di Excel yang bisa Anda lakukan. Pastikan Anda mempelajari cara lainnya yang nantinya akan membantu pekerjaan Anda. Cara ini juga bisa Anda manfaatkan dengan menggunakan rumus namun nantinya akan menggunakan kombinasi dengan rumus lain agar dapat berjalan dengan baik dan benar.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru