5 Cara Mengatasi HP Lemot Cepat dan Mudah

5 Cara Mengatasi HP  Lemot Cepat dan Mudah – Bagaimana cara mengatasi hp yang lemot? Hp atau smartphone sudah menjadi kebutuhan utama dan semua orang sudah memilikinya. Banyak manfaat yang bisa kita peroleh ketika memiliki hp. Salah satunya yaitu kita bisa berkomunikasi via teks, suara, atau bahkan video dengan orang yang berada sangat jauh. Selain itu, kita juga bisa menjadikan hp kita untuk hiburan dengan menonton film, mendengarkan musik, atau bermain game.

Akan tetapi perlu kamu ingat bahwa kamu harus tetap menjaga performa hpmu agar tidak mengalami kendala. Salah satu kendala yang kerap dihadapi adalah smartphone lemot. Jika sudah begini, maka kenyamanan menggunakan handphone akan berkurang sehingga kamu harus segera memperbaikinya.

Cara Mengatasi Hp Lemot

Cara Mengatasi HP Lemot Cepat dan Mudah

1. Restart Hp

Cara mengatasi hp yang lemot bisa kamu lakukan dengan merestart hpmu. Permasalahan hp lemot biasanya disebabkan karena kamu belum merestartnya. Proses restart ini akan membuat kondisi hpmu akan dimuat ulang sehingga semua aplikasi yang sebelumnya berjalan dan membuat hpmu lemot akan ditutup. Maka dari itu, kamu coba restart hpmu terlebih dahulu. Jika tidak bisa, maka kamu lanjutkan dengan langkah-langkah selanjutnya yang juga akan kami berikan.

2. Membersihkan Memori Internal

Cara mengatasi hp lemot yang kedua adalah dengan membersihkan memori internal. Bagi kamu yang memiliki hp dengan memori internal berkapasitas pas-pasan, sudah tentu akan mengalami masalah yang namanya ‘memori penuh’. Bahkan kamu yang memiliki hp dengan kapasitas memori internal yang besar pun akan mengalami hal yang sama jika kamu tidak membersihkannya secara rutin.

Salah satu cara membersihkan kapasitas memori internal adalah dengan menghapus atau memindahkan file-file yang tidak kamu perlukan. Pindahkan ke memori eksternal atau ke komputer.

Baca juga: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mengetahui IMEI Handphone

3. Membersihkan File Sampah

File sampah juga bisa menjadi penyebab hpmu lemot. File sampah atau cache memang harus dibersihkan secara rutin karena jika dibiarkan terlalu lama bisa memakan kapasitas memori yang cukup besar. Lalu bagaimana cara membersihkan file sampah tersebut? Kamu bisa mengunduh aplikasi pembersih cache atau file sampah yang ada di Play Store atau App Store. Tinggal kamu instal dan gunakan aplikasi tersebut untuk membuat hpmu tidak lemot.

4. Menginstal Antivirus

Selain diakibatkan oleh bebarapa permasalahan di atas, hp lemot juga bisa disebabkan oleh serangan virus. Virus memang bukan hanya bisa merusak data-datamu melainkan juga dapat membuat kinerja smartphonemu menurun. Maka dari itu, kamu harus menginstal antivirus dan lakukan scan terhadap virus-virus tersebut. Jika sudah, maka jangan lupa untuk merestartnya.

5. Selalu Update Software

Cara mengatasi hp yang lemot adalah kamu harus mengupdate software secara berkala. Baik software bawaan atau yang kamu download tetap harus kamu update agar hpmu tidak lemot. Biasanya tujuan melakukan update ini adalah untuk membersihkan bug yang menumpuk yang menjadi penyebab kinerja hpmu menurun.

Baca juga: Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi HP lemot. Dengan menerapkan cara diatas semoga performa hp mu tidak lemot lagi, semoga artikel diatas bisa bermanfaat!

Leave a Reply