Cara Menampilkan Garis Tepi di Word Dengan Mudah

Selembar.com – Kamu ingin menampilkan garis tepi di ms word? Fungsi garis tepi di Ms Word sangat penting bagi sebagian orang. Terutama bagi kamu yang memakainya untuk membuat tampilan proposal yang baik dan menarik.

Cara memunculkan garis tepi di Ms word sangatlah penting bagi kamu yang sering menggunakan software ini untuk membuat proposal. Selain itu garis tepi ini bisa juga digunakan untuk membuat tulisan yang lebih rapi dan terlihat lebih indah.

Fitur garis tepi ataupun border pada Ms word ini juga bisa digunakan untuk membuat kartu ucapan ataupun undangan pernikahan. Kamu bisa melakukan hal tersebut jika memiliki jiwa seni yang tinggi dan mampu mengaplikasikannya dengan baik.

Cara Menampilkan Garis Tepi di Word Dengan Mudah

Beberapa Cara Menampilkan Garis Tepi di Ms Word Dengan Mudah

Cara menampilkan garis tepi di microsoft word sangatlah mudah. Namun, terdapat beberapa perbedaan dari langkah-langkahnya. Perbedaan ini disebabkan pada software Ms word baru dan yang lama memiliki tampilan serta fitur yang berbeda.

Selain itu pada Ms word baru terdapat berbagai border style yang lebih lengkap dan terlihat lebih indah. Karenanya, kamu harus segera ganti microsoft office yang lama dengan yang baru agar dapat menikmati fitur tersebut dengan baik.

Microsoft Word Lama

Sebenarnya sebagian versi Ms word yang masuk pada kategori ini tidaklah terlalu lawas. Namun, hal ini dilakukan agar kamu bisa melihat perbedaan antara yang baru dengan yang lama.

Ms word yang termasuk lama adalah yang rilis pada tahun 2007, 2010 dan 2013. Mengapa? Karena tampilan 3 versi Ms word ini masih sama sehingga pengaturannya untuk memunculkan edge line tersebut tidak jauh berbeda.

Adapun cara menampilkan garis tepi di Ms word 2007, 2010 dan 2013 tersebut adalah:

  • Pertama bukalah software Ms word baik itu di pc ataupun laptop kamu masing-masing.
  • Setelah terbuka, maka selanjutnya bukalah menu “page layout”
  • Kemudian klik opsi “page order” yang letaknya berada persis di sebelah “page color”
  • Lalu, akan muncul tampilan baru berupa border and shading
  • Pada tampilan ini, kamu bisa memilih garis dengan berbagai gaya serta ketebalannya
  • Selain itu, terdapat juga pilihan gambar yang bisa menjadi edge line pada artikel yang kamu tulis
  • Setelah memilih dan mengatur ketebalan garis sesuai yang kamu inginkan. Maka, selanjutnya klik tombol “Ok” dan garis tersebut akan muncul di setiap halaman word.

Baca juga: Cara Membuat Titik-Titik Daftar Isi Otomatis di Ms Word

Microsoft Word Baru

Setelah mengetahui cara menampilkan garis tepi di microsoft word 2013 ke bawah, selanjutnya kamu harus mengetahui cara membuat garis tepi tersebut pada Ms word baru yaitu 2016 ke atas. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Bukalah software Ms word 2016 ke atas yang kamu miliki.
  • Setelah itu buka menu “design” lalu akan muncul jendela baru.
  • Kemudian, pilihlah page border dari jendela baru tersebut.

Menampilkan Garis tepi di Ms Word 2019

  • Pada bagian ini, kamu bisa memilih setting, line style, ketebalannya, efeknya, serta memilih pada sisi mana saja garis tersebut akan muncul.

Mengatur tampilan pada page border

  • Setelah memilih semua pengaturan yang diperlukan, maka langkah terakhir adalah klik “Ok” dan garis tersebut akan muncul.

Tampilan setelah mengaktifkan margin

  • Selanjutnya adalah mengatur border agar tidak melewati margin batas pada halaman word. Karena hal ini bisa membuat teks yang kamu ketik menjadi terpotong.
  • Untuk melakukannya cukup dengan klik “option” pada tampilan “page border”.
  • Lalu akan muncul jendela baru. Pada bagian ini kamu bisa mengatur margin yang ada agar sesuai dan tidak memotong teks yang telah diketik. Setelah tekan tombol “OK”.

Mengatur margin garis tepi ms word

Baca juga: Cara Menghilangkan Garis Merah di Word Cepat & Mudah

Nah, itulah 2 cara menampilkan garis tepi di word untuk setiap software word yang kamu miliki. Cara ini sangat mudah untuk kamu ikuti. Jadi, sekarang kamu bisa membuat membuat tampilan artikel, proposal dan lainnya dengan lebih baik dan menarik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply