3 Cara Memperbesar Ukuran Foto Secara Online & Offline

Cara memperbesar ukuran foto sangatlah mudah, bisa dengan aplikasi Android, menggunakan photoshop di komputer dan bisa juga menggunakan situs online. Berikut ulasan lengkapnya.

Saat ini untuk memenuhi kebutuhan foto atau pas foto Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Hanya berbekal hp Android dan beberapa aplikasi, Anda sudah bisa membuat pas foto sesuai kebutuhan Anda.

Nah, adakalanya karena sesuatu hal Anda akan butuh cara memperbesar ukuran foto agar supaya sesuai dengan yang Anda inginkan. Beberapa alasan menyebabkan foto yang Anda miliki harus diubah baik untuk diperkecil atau diperbesar.

Diantaranya adalah untuk mengubah ukuran resolusi foto lama yang kurang jelas. Anda bisa membuatnya lebih jelas lagi dengan menggunakan layanan memperbesar resolusi foto sehingga lebih baik kualitasnya.

Atau untuk meng-upload foto yang dibuat kurang berkualitas. Misalnya jenis foto dengan kamera hp biasa, padahal harus diupload ke situs pendaftaran CPNS yang menetapkan batas minimal 200 kb maka Anda bisa mengubahnya sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh situs tersebut.

3 Cara Memperbesar Ukuran Foto Secara Online dan Offline

Dalam artikel berikut ini akan diulas mengenai beberapa cara untuk mengubah ukuran foto baik menggunakan aplikasi, software atau situs online.

1. Cara Memperbesar Ukuran Foto dengan Aplikasi HP

Jika Anda ingin mengubah ukuran foto dengan menggunakan hp maka sebaiknya gunakan aplikasi yang direkomendasikan. Salah satu aplikasi terbaik untuk memperbesar foto adalah aplikasi PicsArt Photo Studio. Adapun cara memperbesar ukuran foto menggunakan aplikasi adalah sebagai berikut.

  • Unduh dan install aplikasi PicsArt Photo Studio di ponsel cerdas Anda
  • Setelah aplikasi sukses terpasang, lakukan pengaturan beberapa izin untuk akses aplikasi pada beberapa alat dalam ponsel seperti akses pada media penyimpanan dan kamera
  • Kemudian jika Anda sudah berada di layar utama aplikasi, Anda bisa memilih tombol dengan lambang plus di bagian tengah bagian bawah layar
  • Lalu pilih menu Edit untuk membuka menu untuk editing gambar pada aplikasi yang Anda gunakan
  • Sebelumnya Anda akan diminta untuk memilih terlebih dahulu foto yang ingin Anda perbesar ukurannya
  • Jika Anda sudah menentukan mana jenis foto yang ingin diperbesar, kemudian pilih menu Tools dan pilih Resize
  • Kemudian atur width dan height yang dilakukan untuk mengatur tinggi dan lebar dari foto sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Tap pada menu Resize jika Anda sudah melakukan pengaturan untuk merubah ukuran foto yang diinginkan
  • Setelah itu Anda bisa mengklik gambar anak panah yang ada di pojok bagian kanan atas lalu pilih opsi Save pada menu share
  • Dan yang terakhir Anda bisa memilih opsi Save untuk menyimpan hasil edit foto untuk disimpan di memori penyimpanan android

Beberapa aplikasi untuk edit foto memerlukan akses internet untuk bisa melakukan instruksi dengan baik dan benar. Sehingga jika Anda ingin mengubah ukuran dengan menggunakan aplikasi namun secara offline, sebaiknya pilih beberapa aplikasi yang mendukung proses editing tanpa dengan koneksi internet.

Baca juga: 8 Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android

2. Cara Memperbesar Ukuran Foto dengan Software Komputer

Kemudian Cara memperbesar ukuran foto yang berikutnya adalah dengan menggunakan software komputer. Salah satu software yang disarankan untuk mengubah ukuran foto baik memperbesar atau memperkecil dengan kualitas terbaik adalah software Adobe Photoshop.

Berikut langkah yang harus Anda lakukan.

  • Pastikan Anda memiliki software Adobe Photoshop yang sudah terinstal di perangkat laptop atau komputer PC Anda
  • Lalu Anda bisa memilih menu Open, kemudian pilih salah satu foto yang ingin Anda perbesar ukurannya
  • Pilih menu Image yang ada di bagian atas layar software lalu klik menu tersebut untuk memilih menu Image Size
  • Langkah berikutnya adalah dengan memilih isi kolom pixel dimension, Anda bisa menaikkan untuk memperbesar atau menurunkannya untuk memperkecil ukuran foto sesuai kebutuhan
  • Pada kolom scale style, constrain proportion dan resample image Anda bisa mencentang semua daftar yang ada.
  • Lalu pilih menu bicubic sharper untuk menghasilkan proses edit yang terbaik dan berkualitas
  • Klik OK, kemudian cek hasil memperbesar ukuran foto dengan menggunakan software yang secara otomatis sudah tersimpan di komputer atau laptop Anda

Adobe Photoshop hingga sekarang masih menjadi salah satu software yang paling bagus untuk mengubah dan mengedit sebuah foto. Selain memperbesar atau memperkecil, software ini juga bisa mengedit tingkat kecerahan dan kualitas yang dimiliki oleh foto.

Baca juga: Cara Backup Foto ke Google Drive dengan Mudah

3. Cara Memperbesar Ukuran Foto dengan Situs Online

Setelah menyimak ulasan tentang memperbesar ukuran foto secara online dengan menggunakan aplikasi di hp atau menggunakan software di komputer, berikutnya adalah untuk mengubah ukuran foto dengan cara online.

  • Cara untuk memperbesar ukuran foto secara online adalah dengan cara mengunjungi salah satu situs website yang ada di internet. Berikut beberapa tahapan untuk mengubah ukuran foto dengan cara online di situs Let’s Enhance.
  • Tahapan yang pertama adalah dengan cara mengunjungi situs Let’s Enhance
  • Segera setelah website terbuka, Anda bisa melakukan klik pada kolom Click Here untuk upload foto yang ingin diubah ukurannya kemudian upload gambar yang ingin Anda perbesar ukurannya
  • Selanjutnya Anda bisa memilih menu upscalling, lalu pilih kolom photos dan art jika Anda ingin memperbesar ukuran sebuah foto
  • Lalu pilih menu Advance Setting kemudian naikkan ukuran foto sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Jika Anda memutuskan untuk menggunakan layanan situs website ini, maka Anda akan mendapatkan layanan untuk memperbesar ukuran foto sebanyak 4 kali pembesaran. Jika Anda ingin melakukan lebih besar lagi maka harus menggunakan versi premium yang menggunakan sistem berbayar.
  • Sebelum menggunakan layanan ini Anda juga harus membuat akun terlebih dahulu. Setelah itu, untuk mendapatkan hasil pembesaran foto Anda bisa melakukannya dengan mengunduh hasil edit foto dari website ini.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk memperbesar ukuran foto yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memilih salah satu cara yang tersebut di atas sesuai dengan kebutuhan Anda.
Adapun untuk menggunakan software atau aplikasi, masih bisa memungkinkan untuk melakukan pembesaran ukuran foto tanpa harus terkoneksi dengan internet terlebih dahulu.

Sedangkan untuk cara pembesaran ukuran foto dengan menggunakan situs website maka Anda harus memiliki koneksi internet terlebih dahulu. Sebaiknya gunakan akses internet yang jaringannya bagus dan stabil sehingga proses editing foto bisa berlangsung dengan lancar, cepat dan hasil maksimal.

Baca juga: Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Hp Samsung

Anda bisa memilih untuk menggunakan akses jaringan WiFi untuk mendukung proses pembesaran ukuran foto yang Anda butuhkan. Pilih jenis situs website yang memiliki tampilan situs yang mudah untuk diakses, layanan edit foto yang lengkap serta mudah untuk loading laman situs website. Sekian ulasan tentang Cara memperbesar ukuran foto baik melalui aplikasi, software atau situs website. Semoga berhasil.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru