Cara Memperbesar Resolusi Foto Online dan Offline

Cara Memperbesar Resolusi Foto Online dan Offline – Perkembangan dunia digital yang semakin maju seiring bertambah canggihnya teknologi informasi membuat penggunaan media digital semakin masif, Sebut saja penggunaan video saat ini sangat mudah dijumpai, belum lagi dengan adanya platform penyedia layanan video streaming seperti Youtube yang membuat video semakin mudah dicari dan mudah diakses oleh orang-orang.

Ada pula penggunaan video call yang sangat membantu para pekerja saat ini bila ada pertemuan mendadak sehingga tidak perlu datang ke kantor, cukup bermodalkan smartphone atau laptop maka sudah dapat mengadakan pertemuan secara virtual.

Namun di tengah berkembang pesatnya perkembangan media digital saat ini. Indonesia masih mengalami beberapa kendala terutama di sektor pendukung khusus sektor infrastruktur jaringan yang dimiliki Indonesia. Dengan luas wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia dalam mewujudkan ketersediaan jaringan internet di seluruh penjuru negeri. Saat ini Indonesia menempati urutan 72 dari 77 dalam koneksi 4G menurut penelitian OpenSignal dengan kecepatan unduhan sebesar 18,5 Mbps dan unggahan 8,6 Mbps.

Cara memperbesar resolusi foto

Berbicara mengenai kecepatan internet khususnya di kawasan regional Asia Tenggara, Indonesia berada di peringkat 8 dari 10, masih tertinggal dari Brunei, Laos, dan Filipina. Indonesia sendiri mencatatkan angka unduhan sebesar 17,02 Mbps dan unggahan sebesar 10,44 Mbps. Dengan demikian menjadi sebuah pekerjaan rumah besar bagi Indonesia untuk terus meningkatkan infrastruktur jaringan supaya dapat menyediakan layanan internet dengan lebih baik lagi.

Baca juga: Cara Mengunci File PDF Agar Tidak Bisa Dicopy

Mengapa demikian? Jika kita perhatikan bahwa semakin hari akan semakin besar pula kebutuhan akan koneksi internet yang semakin besar, hal ini dikarenakan oleh ukuran gambar dan video yang juga semakin besar akibat resolusi yang dimiliki semakin baik. Di satu sisi hal ini patut kita sambut baik karena kualitas gambar dan video tentu akan jauh semakin nyaman untuk dinikmati. Namun di sisi lain terutama bagi negara berkembang seperti Indonesia akan menjadi tantangan tersendiri untuk menyiapkan koneksi internet yang lebih memadai dalam rangka memenuhi tuntutan global.

Cara Memperbesar Resolusi Foto

Langsung saja mari kita mulai bagaimana cara memperbesar resolusi foto baik menggunakan cara online ataupun offline via Paint. Berikut merupakan langkah-langkahnya:

1. Memperbesar Resolusi Foto Menggunakan Paint (Offline)

    • Pilihlah gambar yang anda inginkan untuk diperbesar resolusinya. Klik kanan pada gambar, arahkan mouse pada bagian “Open With” lalu pilih Paint sebelum dapat memulai proses perubahan resolusi gambar.

Memperbesar Resolusi Foto Menggunakan Paint

  • Selanjutnya adalah klik “Resize” pada Paint yang terdapat di pojok kiri atas.

Selanjutnya klik rezize

  • Pastikan bahwa opsi “Percentage” telah dipilih sebagai ukuran.

Ubah ukuran foto

  • Apabila anda ingin mengetahui seberapa besar pixel yang dimiliki oleh gambar anda. Maka cukup klik opsi “Pixel” tepat berada di samping “Percentage”. Maka ukuran asli gambar akan muncul.

kKik opsi "Pixel" tepat berada di samping "Percentage"

  • Jika anda ingin memperbesar ukuran gambar, maka masukkan angka pada bagian yang anda inginkan yaitu sisi horizontal atau vertikal. Masukan angka sesuai dengan perhitungan anda supaya hasil akhir gambar tetap baik.
  • Periksa terlebih dahulu apakah resolusinya sudah sesuai dengan kenginan anda, jika sudah tinggal anda Save.

2. Menggunakan Aplikasi Online

Selain menggunakan aplikasi image editor seperti Paint, anda juga dapat menggunakan aplikasi online yang kini mudah dijumpai di internet. Cukup masukkan keyword yang relevan seperti “Image Online Editor”. Maka hasil akan muncul dan anda silakan memilih website yang sekiranya anda cocok.

  • Kunjungi website yang anda kira cocok untuk dapat mengubah resolusi gambar.
  • Pilih dan Upload foto yang ingin anda ubah resolusinya.

Menggunakan Aplikasi Online

  • Kemudian pilihlah menu “Resize” dan masukkan resolusi yang anda inginkan atau gunakan slider untuk mengubahnya.

Cara Memperbesar Resolusi Foto Online dan Offline

  • Lalu anda klik Apply, selanjutnya tinggal Anda simpan dan download file tersebut.

Download file fotonya

Baca juga: Cara Mengubah Gambar ke PDF Offline dan Online

Seperti itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk merubah resolusi gambar atau foto anda baik secara offline menggunakan paint atau menggunakan situs online, cukup mudah bukan. Cara diatas tidak hanya bisa untuk memperbesar resolusi foto saja, Anda juga bisa mengecilkan resolusi foto dengan cara tersebut. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Leave a Reply