3 Cara Membuat Tanda Tangan di Word, Simpel Banget!

Cara membuat tanda tangan di word sangatlah mudah dilakukan. Tanda tangan dalam dokumen memiliki peranan penting seperti untuk mengesahkan sebuah kontrak kerja. Apalagi dalam keadaan tertentu yang membuat tidak bisa langsung bertemu untuk melakukan tanda tangan.

Namun, kamu tak perlu pusing dengan hal ini. Sebab, melalui Word kamu bisa membuat dan menambahkan tanda tangan ke dalam dokumen.

Nah, bila kamu belum tahu cara untuk membuat tanda tangan di dokumen Word. Yuk, simak penjelasan lebih lanjut mengenai tanda tangan di Word beserta langkah-langkahnya di bawah ini!

Mengenal tanda tangan elektronik dan digital

Sebelum melangkah ke cara-cara membuat tanda tangan. Sebaiknya kamu mengetahui apa yang membuat tanda tangan elektronik dan digital berbeda.

Tanda tangan digital bisa dibuat langsung dari Word menggunakan perangkat lunak khusus. Hanya saja untuk membuatnya kamu perlu mendaftar agar mendapatkan sertifikat dari penerbitnya. Hal ini tentu saja demi menghindari tanda tanganmu disalahgunakan oleh orang lain.

Sementara untuk tanda tangan elektronik bisa dikatakan bila ini hanya sebuah simbol. Kamu bisa memasukkan foto tanda tangan kemudian diedit sedemikian rupa lalu memasukkannya ke dalam dokumen.

3 Cara Membuat Tanda Tangan di Word dengan Mudah

3 Cara Membuat Tanda Tangan di Word dengan Mudah

1. Cara membuat tanda tangan di Word menggunakan foto

Bisa dikatakan bila tanda tangan melalui foto ini terbilang murah dan mudah. Sebab kamu tak perlu membayar lisensi apa pun.

Kamu hanya butuh bolpoin dan selembar kertas putih yang tanpa garis serta kamera ponsel. Nah, agar semakin jelas, kamu bisa melihat cara-caranya di bawah ini!

1. Pertama kamu perlu membuat tanda tangan pada selembar kertas putih kosong.

2. Kemudian foto dengan jelas tanda tangan tersebut. Kamu juga bisa melakukan scan untuk membuat tanda tangan itu menjadi file digital. Lalu atur fotonya ke dalam format PNG, BMP, atau JPG.

3. Setelah itu buka dokumen yang ingin kamu beri tanda tangan.

4. Selanjutnya klik menu Insert, kemudian pilih Pictures.

5. Setelah jendela terbuka, cari foto tanda tangan yang sudah kamu siapkan tadi. Lalu edit dengan menggunakan menu Format.

6. Atur warna foto tanda tangan dan hilangkan background-nya dengan klik Set Transparent Color lalu pilih Background.

7. Apabila warna tanda tangan kurang terlihat kamu pilih Recolor, kemudian klik pilihan Black and White. Lalu pilih Save as Picture dengan cara klik kanan pada gambar.

8. Sekarang tinggal menyisipkannya ke dalam dokumen. Caranya dengan menaruh kursor di tempat yang kamu inginkan untuk menyematkan tanda tangan pada lembar kerja.

9. Kemudian klik Insert, dan pilih Pictures. Cari tanda tangan elektronik yang sudah kamu simpan tadi, lalu klik Insert. Lalu kamu bisa mengatur besar dan tata letaknya di lembar kerja.

10. Jangan lupa untuk mengatur foto pada bagian bawah teks dengan melakukan klik kanan pada gambar. Kemudian pada pilihan Wrap Text pilih Behind Text. Bila sudah atur lagi posisi tanda tangan sesuai yang kamu inginkan.

Baca juga: 4 Cara Membuat Nomor Halaman di Word, Lengkap dan Mudah

2. Cara membuat tanda tangan digital

Begini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk membuat tanda tangan digital.

1. Pertama, arahkan kursor ke area lembar kerja yang ingin kamu beri tanda tangan.

2. Pilih menu Insert.

3. Pada bagian Teks, lalu pilih Signature Line. Sehingga jendela Signature Setup muncul di layar komputermu.

4. Selanjutnya kamu perlu memasukkan nama orang yang akan tanda tangan, jabatan, email dan instruksi lainnya. Kemudian centang beberapa pilihan yang menurutmu perlu. Lanjut klik OK.

5. Setelah itu klik kanan pada gambar di bagian tanda tangan lalu unggah gambar tanda tangan digitalnya.

3. Menyisipkan tanda garis untuk tanda tangan

Selain memasukkan tanda tangan, kamu juga bisa menyisipkan garis untuk tanda tangan pada dokumen. Bila kamu belum tahu cara menyisipkan garis tanda tangan, kamu bisa mengikuti cara di bawah ini.

1. Pertama tentunya kamu perlu memilih tempat untuk menaruh garis tanda tangan ini di lembar kerja. Caranya cukup dengan meletakkan kursor di area yang sudah kamu pilih.

2. Lalu klik menu Insert.

3. Pilih Signature Line.

4. Kemudian pada jendela Signature Setup masukkan nama dan yang lainnya dan memilih beberapa pilihan, kamu tinggal klik OK. Selesai!

Baca juga: 6 Cara Menambah Background di Word, Mudah dan Praktis!

Itulah cara membuat tanda tangan di Word yang bisa kamu ikuti. Mudah bukan? Semoga apa yang sudah dijelaskan diatas bisa bermanfaat. Selamat mencoba!

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.